Melalui postingan sebelumnya diketahui bahwa smartphone mungil Zenfone 9 dari ASUS launching secara resmi di Indonesia pada 17 November 2022 yang lalu. Btw, tanggal 17 mengingatkan saya akan momen istimewa di tanggal yang sama bulan September 2022, yakni momen kelahiran putri pertama kami. Momen di mana saya resmi menyandang gelar sebagai seorang ibu.
asus zenfone 9
asus

Menjadi seorang ibu membuat saya paham bahwa ada banyak momen istimewa lain yang menantinya di depan mata. Momen-momen yang akan menghadirkan kebahagiaan yang tak bisa dilukiskan bagi seorang ibu. Yakni momen-momen tumbuh kembang anak, seperti momen ketika anak pertama kali bisa menggenggam, momen ketika anak mulai mengeluarkan bunyi huruf vocal, momen ketika anak pertama kali membalikkan tubuh dan momen-momen tumbuh kembang anak lainnya.

Setiap ibu tentunya tidak ingin momen-momen tumbuh kembang anak ini terlewat begitu saja. Di era digital seperti sekarang merekam setiap momen tumbuh kembang anak menjadi hal yang wajib. Agar kebagian dan rasa syukur akan tumbuh kembang anak terabadikan dalam foto dan video kenangan yang bisa diputar kembali suatu saat nanti.

Seperti beberapa hari ini Qiyya putri kecil kami mulai merespon saat diajak ngobrol pada jarak dekat. Kami tentunya tidak ingin melewatkan momen ini. Momen tersebut kami rekam menggunakan kamera ponsel seadanya. Saya berharap rekaman setiap momen tumbuh kembang Qiyya bisa menjadi kenangan manis yang bisa kami putar kembali kapan saja.

Manfaat Merekam Momen Tumbuh Kembang Anak


Tidak sekedar menyimpan kenangan manis, merekam momen tumbuh kembang anak bagi kami sangat perlu dan bermanfaat. Salah satunya adalah untuk memantau tumbuh kembang anak dari waktu ke waktu.

Melalui dokumentasi yang rutin kami mengetahui kapan anak mulai bisa membalikkan badan, kapan anak mulai bisa mengoceh, kapan anak mulai merespon, kapan anak mulai bisa duduk dan seterusnya.

Dengan demikian kami bisa mereview sejauh mana tumbuh kembang anak? Apakah sudah sesuai dengan usianya? Apakah mengalami keterlambatan? Jika ada keterlambatan pertumbuhan atau perkembangan anak bisa segera terdeteksi dan ditangani dengan tepat.

Bersyukur, memasuki usia tiga bulan pertumbuhan dan perkembangan Qiyya terpantau normal. Semua item pemantauan perkembangan untuk bayi usia 0-3 bulan sudah terceklis. Bahagia tak terkira setiap kali menyaksikan dan memutar kembali rekaman momen tumbuh kembang anak.

Rekaman momen tumbuh kembang anak ini juga menjadi sarana bagi saya untuk belajar dan memperbaiki pola asuh dari waktu ke waktu. Belajar dari pengalaman yang tersimpan tidak hanya di memori otak yang terbatas. Bagi saya ini merupakan bagian dari ikhtiar untuk terus belajar menjadi orang tua yang lebih baik.

Tips Merekam Momen Tumbuh Kembang Anak dengan Kamera HP

asus zenfone 9
asus

Temukan momen tumbuh kembang anak yang akan direkam

Pada rentang waktu 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan), anak-anak mengalami pertumbuhan yang begitu pesat. Begitu banyak momen-momen penting pertumbuhan anak yang sangat sayang untuk dilewatkan. Seperti momen saat anak belajar membalikkan badan, merangkak, duduk, berdiri, berbicara dan seterusnya. Temukan momen tersebut dan siap sedia untuk merekam.

Merekam secara diam-diam

Ketika menemukan momen tumbuh kembang anak yang baru, segera rekam dengan kamera ponsel secara diam-diam. Agar si kecil bebas dan nyaman mengekspresikan tahapan tumbuh kembangnya.

Perhatikan pencahayaan

Cahaya merupakan faktor penting yang menentukan bagus tidaknya video yang dihasilkan. Memanfaatkan cahaya alami saat mengambil video.

Jangan memaksa si kecil untuk melihat kamera

Rekam momen tumbuh kembang anak secara alami. Tidak perlu arahkan anak untuk melihat kamera. Khawatirnya hal tersebut membuat anak terganggu dan tidak nyaman untuk berekspresi.

Gunakan Kamera Ponsel yang Tepat

Kamera ponsel seringkali menghasilkan rekaman yang blur akibat guncangan atau gerakan objek yang direkam. Apalagi merekam aktivitas anak yang sedang aktif-aktifnya bergerak. Sehingga diperlukan kamera ponsel yang tepat agar hasil rekaman berkualitas baik.

Kamera ponsel yang dilengkapi dengan teknologi 6-Axis hybrid gimbal stabilization sangat tepat digunakan untuk merekam momen tumbuh kembang anak. Teknologi ini memungkinkan kamera merekam video dengan tingkat stabilitas yang tinggi dan mengimbangi guncangan yang terjadi saat merekam video dengan satu tangan. Tidak hanya itu, teknologi ini juga berfungsi menjaga hasil rekaman agar tidak blur karena guncangan dan gerakan saat merekam. Nah, ASUS Zenfone 9 adalah salah satu ponsel pintar yang sudah dilengkapi dengan teknologi tersebut.

ASUS Zenfone 9 Pilihan Tepat untuk Merekam Tumbuh Kembang Anak


Kabar baik bagi orang tua yang ingin mengabadikan momen tumbuh kembang anak dengan kamera ponsel, ASUS baru saja merilis ASUS Zenfone 9 yang dilengkapi kamera gimbal. Zenfone 9 memiliki sistem kamera terbaru pro-grade baik pada dual camera belakang maupun kamera depan.
asus zenfone 9
asus

Pada kamera utama dibenamkan teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization yang sangat ditunggu dari sistem kamera baru ini. Teknologi ini memungkin hasil rekaman berkualitas tinggi layaknya foto dan video profesional.

Kamera utama pada Zenfone 9 beresolusi 50MP menggunakan sensor flagship dari SONY IMX 766 dengan aperture sampai F1.9 dan mampu merekam video 8K dengan kecepatan 24fps.

Tidak hanya teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization yang membuat hasil rekaman bebas ghosting. Algoritma anti-guncangan pada system Electronic Image Stabilization (EIS) juga berfungsi meminimalisir dampak dari gerakan-gerakan yang tidak diinginkan. Hasilnya, video rekaman lebih smooth, bebas blur, layaknya video profesional. Sangat cocok untuk ayah dan bunda yang ingin mendokumentasikan momen tumbuh kembang buah hatinya melalui video.

Selain kamera utama, sistem kamera ponsel ini juga diperkuat dengan kamera kedua di belakang yang berlensa ultra-wide resolusi 12MP dengan sensor SONY IMX363 aperture hingga F2.2. Kamera ini memiliki kemampuan merekam video 4K pada kecepatan 60fps. Seperti kamera utama, kamera kedua ini juga dilengkapi dengan system EIS dan pengoreksi distorsi yang bekerja real time. Kamera juga diklaim mampu merekam gambar makro dengan jarak fokus hingga 4 cm.

Keunggulan Lain dari Zenfone 9

Selain pada sistem kamera, Zenfone 9 juga diklaim sudah mendapatkan upgrade besar dari pendahulunya Zenfone 8. Ada banyak teknologi baru yang dibenamkan dalam tubuhnya yang mungil. Untuk tampilan fisiknya, Zenfone 9 hadir dalam 4 pilihan warna elegan yaitu: Moonlight White, Sunset Red, Starry Blue dan Midnight.
asus zenfone 9
ASUS

Keunggulan lain dari Zenfone 9 yang layak diperhitungkan diantaranya:

Bentuk Ringkas

Zenfone 9 hadir lebih ringkas dengan ukuran panjang kurang dari 14,8 cm dan lebar kurang dari 7 cm. Sehingga sangat nyaman untuk penggunaan satu tangan dan mudah menyimpan di saku.

Selain tampil dalam ukuran yang lebih mungil, Zenfone 9 juga dilengkapi dengan tekstur permukaan yang tampak indah dan kukuh dalam genggaman.

Performa tinggi

Di balik tampilannya yang ringkas Zenfone 9 tetap memiliki performa tinggi. Hal ini didukung oleh kehadiran prosesor flagship terbaru Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform yang powerful.

Zenfone 9 juga dilengkapi LPDDR5 RAM sampai 16GB dan UFS3.1 storage untuk mengurangi potensi bottleneck.

Sementara untuk konektivitas jaringan, gawai pintar ini didukung oleh Wi-Fi 6E yang menghasilkan konektivitas yang lebih cepat dan stabil.

Untuk mendukung penggunaan performa yang lebih lama Zenfone 9 dilengkapi baterai dengan kapasitas 4300mAH yang diklaim tahan untuk penggunaan hingga seharian lebih. Pengisian baterai lebih adem dan cepat berkat teknologi STO (Spesific Tab Process) dari ROG Phone 6.

Visual jernih

Sebagai smartphone generasi baru, Zenfone 9 sudah menggunakan layar OMOLED yang mendukung refresh rate sampai 120Hz. Layar Zenfone 9 juga sudah dikalibrasi untuk menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Audio jernih

Selain visual, ponsel ini juga dirancang dengan sangat apik untuk menghasilkan kualitas audio jernih. Kualitas audio yang impresif dihasilkan dari dua speaker linier yang disupport oleh smart amps dari Qualcomm Aqstic ™ dan Jack audio 3.5mm yang menggunakan Qualcomm Aqstic DAC terbaru.

Sistem keamanan terkini

Zenfone 9 mengantongi sertifikat IP68. Artinya, ada jaminan kenyamanan penggunaan saat digunakan di lingkungan apapun.

Kesimpulan


Adalah perlu bagi orang tua untuk tidak luput merekam momen tumbuh kembang anak. Selain sebagai dokumentasi, juga sebagai media untuk memantau tumbuh kembang anak. Kehadiran kamera ponsel sangat memungkinkan orang tua untuk mendokumentasikan momen tumbuh kembang anak dengan mudah.

ASUS Zenfone 9 adalah pilihan tepat untuk merekam momen tumbuh kembang anak. Kamera gimbal dengan teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization dan EIS yang ditanamkan pada ASUS Zenfone 9 membuat hasil rekaman lebih smooth dan bebas ghosting.

Terakhir, buat kalian yang mau beli Zenfone 9, udah bisa kalian dapatkan melalui partner dan channel pembelian resmi produk ASUS antara lain Erafone, Tokopedia, ASUS Exclusive Store, ASUS Online Store.

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenfone 9 Blog Writing Competition di Blog Widyanti Yuliandari


Referensi:

www.asus.com

www.ibudanbalita.com

0 Comments