Skip to main content

Berproses Menjadi Blogger Pro di Kelas Blogger Pemula Kartini Indonesia Bersama Bunda Mildaini

Kelas Blog
Sumber: pixabay.com
Kelas Blog Pemula - Aslinya blog ini sudah ada sejak tahun 2012. Blog ini dibuat secara otodidak. Belajar mandiri dari internet. Searching info tentang cara mudah membuat blog dari berbagai sumber. Bergabung dengan group-group blogger di internet dan menyerap ilmu dari diskusi mereka. Keterbatasan ilmu membuat saya lebih banyak menjadi silent reader di sana.

Waktu lebih banyak dihabiskan untuk otak atik template dari pada mengisi blog. Hasilnya, bertahun-tahun blog sepi postingan, sepi kunjungan.

Apakah saya menyerah? Tidak. Saya tidak menyerah untuk terus ngeblog meski belum berani menyebut diri blogger. Belajar otak atik blog secara otodidak terus dilakukan. Semakin lama semakin bisa menemukan template yang nyaman dan mobile friendly, meski masih setia menggunakan template bawaan blogger.
Baca Juga: Kiat Konsisten One Day One Post
Sayangnya, semangat membangun blog itu masih angin-anginan. Kadang berapi-api ketika bertemu challenge yang diminati. Beberapa waktu kemudian lengah lagi. Blog pun kembali dipenuhi spiderweb. Begitu terus!

Mengikuti Kelas Blog Pemula Kartini Indonesia Bersama Bunda Mildaini

Kelas Blog
Sumber: www.instagram.com/mildaini.bkl
Awal tahun 2019 saya menyusun beberapa resolusi. Dua diantaranya berkaitan dengan kegiatan blogging, yaitu:
  1. Menggunakan Top Level Domain (TLD)
  2. Monetisasi blog dengan Google Adsense (GA).
Aslinya saat itu saya sama sekali belum tau akan melakukan apa untuk mewujudkan resolusi itu. Yang saya tau saya punya mimpi yang ingin diraih, saya punya tekad untuk mewujudkannya dan saya punya Allah yang Maha Baik. Berbekal semua itu saya terus memelihara mimpi menjadi BloggerPro.

Satu hal yang saya selalu percaya adalah bahwa ketika kita punya mimpi dan yakin akan mewujudkannya maka semesta akan mendukung. Allah yang Maha Baik akan menuntun langkah dan hati kita hingga bertemu satu demi satu peluang untuk mewujudkannya.

Dan itu yang saya rasakan saat berikhtiar mengeksekusi resolusi ini. Awal tahun 2019 ini saya menemukan begitu banyak peluang belajar ngeblog di sosmed. Ada beberapa kelas blog untuk pemula yang akhirnya saya ikuti. Salah satu dan pertama diantaranya yang saya ikuti adalah Kelas Blog Pemula Kartini Indonesia yang diadakan oleh Mildaini.

Kelas Blog Pemula Kartini Indonesia bersama Mildaini berlangsung selama 10 hari dan ditujukan khusus untuk perempuan Indonesia di seluruh nusantara. Kelas blog ini berlangsung dari 21 April hingga 30 April 2019 via group whatsApp.

Ada tiga alasan utama mengapa saya langsung tertarik mengikuti kelas blog pemula ini, yaitu:
  1. Gratis, ya kelas blog ini free. Bunda Mildaini selaku mentor dan penyelenggara tidak memungut biaya sepeser pun dari peserta.
  2. Khusus perempuan, pastinya lebih nyaman dan aman secara syar,i.
  3. Dilaksanakan secara online. Nah ini alasan yang paling utama, mengingat jarak yang jauh dan waktu yang terbatas kelas online tetap menjadi favorit saya dalam mengupgrade ilmu apapun yang dibutuhkan saat ini.
Kelas blog ini memang gratis. Namun meski gratis materi yang diberikan di kelas ini ngak kalah kerennya lho dengan kelas berbayar. Ada empat materi yang diberikan dalam kelas ini, yaitu:
  1. Membuat blog
  2. Menulis konten blog
  3. Seputar template dan domain
  4. Membuat blog menghasilkan uang
Tidak terbatas pada materi yang sudah digariskan di atas. Mildaini sebagai mentor juga memberi kebebasan pada peserta untuk bertanya apa saja seputar blogging. Pun tak terbatas selama kelas berlangsung, setelah kelas berakhir pun beliau masih dengan sabar menjawab semua pertanyaan peserta. Setelah kelas blog berakhir, group tidak otomatis ditutup. Mildaini masih membuka pintu bagi kami untuk berkonsultasi, berbagi informasi job bahkan membimbing kami menjalankan arisan link ini sebagai salah satu ikhtiar untuk meningkatkan DA dan PA blog.
Baca Juga: Pengamalaman Pertama Belanja Buku Di Gramedia.com
Sebagai mentor Mildaini selalu menekankan pada kami agar segera menggunakan domain TLD jika ingin serius ngeblog. Motivasi dan arahan dari beliau juga yang akhirnya membuat saya mantap membeli domain TLD untuk blog ini. Mildaini juga banyak berbagi informasi job ngeblog di group dan sosmednya. Meski belum ada yang sesuai tapi saya senang dengan semangat berbagi beliau.

Tumbuh Bersama Lebih Utama

Kelas Blog
Mildaini, Mentor Kelas Blog Pemula Kartini Indonesia

Jangan mau sukses sendiri! Ini nilai yang saya dapat selama bergabung di group Kelas Blog Pemula ini. Benar adanya, belajar dan saling support satu sama lain di group ini membuat semangat untuk merawat blog kembali tinggi.

Saya belajar banyak dari teman-teman blogger perempuan yang ada di group ini. Terlebih dari sang mentor Mildaini. Terlebih saat kami sepakat untuk menjalankan challenge arisan link. Mengamati blog, sosmed, dan mengulas hal-hal menarik yang saya temui dari para pemenang arisan menjadi kesempatan belajar tersendiri. Ada banyak inspirasi, ilmu dan semangat yang saya dapatkan selama menjalankan challenge ini.

Saat mengulas Diska Widya, saya terinspirasi dengan keaktifan gadis bengkulu ini. Begitu banyak penghargaan dan karya yang dihasilkannya di usia yang masih muda. Pekan selanjutnya, saya kembali terinspirasi oleh seorang gadis dari Jambi dengan nama Via Rinziani. Semangatnya untuk terus belajar menulis dan menghasilkan karya kembali melecut semangat untuk terus berkarya. Gaya tulisannya yang ringan dan mengalir juga menjadi bahan belajar bagi saya untuk terus memperbaiki gaya tulisan.

Di pekan ketiga arisan link saya dipertemukan dengan seorang ibu muda dari Makasar, Musdalifah Hamzah. Menulis postingan tentang beliau sangat berkesan, karena melalui blog beliau Allah menuntun saya untuk mengeksekusi resolusi kedua di dunia blogging, yakni monetisasi blog dengan GA. Melalui artikel blog dan wawancara langsung dengan beliau saya menemukan tips dan trik mudah diapprove GA. Hasilnya? Satu pekan setelahnya blog ini benar-benar diapprove oleh GA, tentunya setelah mengikuti langkah-langkah yang diceritakan Musdalifah Hamzah di blog dan chat wa-nya saat diwawancara.

Sahabat-sahabat baru saya di group Kelas Blog Pemula ini semua luar biasa. Pekan ke empat saya dipertemukan dengan Yuniar Djafar seorang pengusaha fashion dari Surabaya. Jujur saya belajar banyak dari beliau bahkan sebelum mengulas secara khusus tentang beliau. Dua pekan sebelumnya saat saya yang kebagian sebagai pemenang arisan link, beliaulah satu-satunya peserta yang banyak bertanya hanya untuk sebuah tulisan. Saya melihat beliau begitu sabar mencari informasi yang akurat untuk sebuah tulisan blog. Dari belaiu saya belajar banyak tentang profesionalisme, semangat dan ketelitian.

Dan saya yakin dan berharap akan menemukan mutiara-mutiara lainnya dari para pemenang arisan link selanjutnya. Dari sinilah saya yakin bertumbuh bersama itu lebih utama.

Dan di akhir postingan ini saya ingin mengajak sahabat blogger, yuk kita tumbuh bersama. Jangan pernah lelah, jangan pernah bosan menulis konten bermanfaat. Karena kita tidak tau dari tulisan yang mana orang akan terinspirasi. Tapi yakinlah semua yang dituangkan dari hati yang tulus akan mudah sampai ke hati. Semoga setiap kebaikan yang kita bagi menjadi salah satu amal jariyah yang terus mengalir.

Terakhir, terimakasih pada Bunda Mildaini yang sudah menginisiasi kami melalui Kelas Blog Pemula. Banyak sekali manfaat yang kami reguk di sini bun! Insya Allah berkah dan menjadi amal kebaikan bagi Bunda. Allah saja sebaik-baik pembalas kebaikan. Semoga kami semua juga bisa mengikuti jejak kebaikan bunda. Aamiin.

Comments

  1. Wohooo, ini sih keren banget yaaa
    Bisa memberikan faedah bagi temen2 yg pengin berkecimpug di kancah blogging dan literasi --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Wah senangnya ya bisa mendapat banyak pengetahuan blogging lewat kelas blogger pemula yang dimentori Bunda Mildaini. Selain dapat ilmu, bisa mengenal teman2 blogger yang baru juga. Happy blogging!

    ReplyDelete
  3. Selamat yaa.. sudah bisa ikutan acara keren ini.. Semangat ngeblog.. semoga bisa. mendapatkan hal baru yang bermanfaat dari ngeblog..

    ReplyDelete
  4. Ilmu blog ini ini emang nggak ada habis2nya. Kita kudu belajar terus belajar terus. Semangat ya mbak.

    ReplyDelete
  5. Semangat terus mba ngeblognya. Memang aktivitas blogging ini terasa menyenangkan ketika kita seseruan dengan blogger lainnya dalam memproduksi konten. Saling sharing dan tukar pengalaman, juga berbagi ilmu.

    ReplyDelete
  6. seneng banget bisa belajar ngeblog dari awal dibimbing oleh ahlinya :)
    yuk kita semangat bareng menulis blog

    ReplyDelete
  7. Kelas belajar blogger untuk pemula pasti sangat membantu newbie blogger karena kadang suka ngga ngerti apa2, tapi pengen mengoptimasikan bloggernya. Keren banget mba :)

    ReplyDelete
  8. saya setuju banget itu, untuk mendapat tulisan bernas, memang harus mencari informasi yang akurat dan kadang sedih aja gitu, blogger baruuu juga punya tulisan satu dua udah merasa mangkrak, padahal blogging itu butuh profesionalisme, semangat dan ketelitian.

    ReplyDelete
  9. Asiknyaa...
    Belajar bersama menulis blog yang baik dan memonetize nya agar menghasilkan.
    Karena menulis memang bagian dari hobi yaa...tapi kalau di bayar kan...jadi makin semangat gituu...hehhee...

    ReplyDelete
  10. Pingin juga monetize blog tapi gak ngerti caranya, kapan kapan ajarin ya mba. Selama ini nge blog karena hobby nulis diary, trus keterusan bikin blog buat Nayla anak saya, buat kenang kenangan dia.
    kalau akhirnya ikutan komunitas, tambah teman dan berbayar pula, jadi tambah semangat nulisnya

    ReplyDelete
  11. Sekarang ini sudah banyak kelas untuk Blogger Pemula. Aku dulu waktu mulai ngeblog bener2 belajar sendiri, gak ada yang diajak sharing, kumpul bareng. Alhamdulillah sekarang sudah terlewati walau gak bisa bilang sudah pro juga. Intinya kudu semangat dan konsisten

    ReplyDelete
  12. jadi nambah banyak ilmu yah. ngeblog gak cm iseng2 tapi bs menghasilkan. lumayan yah ada penghasilan walau jg irt

    ReplyDelete
  13. Jadi blogger memang nggak mudah, kudu konsisten dan tahan banting mengelola blog sebelum bisa menghasilkan. Harus cinta nulis dan berbagi..semangat ya..

    ReplyDelete
  14. Ngeblog memang lebih baik belajar dengan tekun, terutama didampingi blogger yang udah pengalaman kayak mba Milda. Tetap semangat ngeblog, jangan pernah lelah belajar, dan ikut komunitas blogger itu wajib

    ReplyDelete
  15. Belajar ngeblog selalu seru. Aku kangen ikut kelas2 blog deh, skrg agak susah soalnya krn ada bayii. Hihihi

    ReplyDelete
  16. Semoga lancar adsensenya mk. Semangat yaaaaa ngeblognya. Sukses bareng2

    ReplyDelete
  17. Ikut senang liat semangat belajar teman-teman dalam gal blogging. Salut juga buat mba Milda yang mau meluangkan waktu untuk berbagi ilmu.

    ReplyDelete
  18. Iya nih mesti harus bnyak belajar keren deh mba masih memberikan ilmunya mau jugs aku diajarin

    ReplyDelete
  19. Sepakat mba.
    Memelihara passion nge-blog ini juga masih PR untukku.
    Karena masih sering up and down.

    Baidewei, subway,
    Itu acara arisan linknya, boleh juga tuh.
    Ntar aku diskusikan dengan sahabat blogger di Balikpapan, ah...

    Eh hampir lupan!
    Sekedar saran, tolong tambahi Name/URL di kolom komentar dong, mba.
    Jadi kita bisa nitip URL domain blog di sana.

    ReplyDelete
  20. Kereeeennnn... aku juga masih ikutan kelas untuk blog, mulai bagaimana membuat tulisan yang disukai sampai ke SEO, AdSense dan lainnya. Jadi banyak belajar banget deh setelah mulai serius ngeblog gini.

    ReplyDelete
  21. Kalo ngikut kelas gini rasanya semangat nge blognya bertambah ya mba, tapi kalo aku disuruh bikin konten terus2an ya angkat tangan karena aku sambi kerja huhuhu, makanya kalo ikut kelas rasanya kayak di charge lagi semngat menulisnya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Tinggalkan Komen Ya!

Popular posts from this blog

Ketika Harus Bertahan dalam Kepungan Kabut Asap

Julyanidar, Semakin Aktif Ngeblog Setelah Bergabung Sebagai Mombassador SGM Explore

Riuhnya bencana kabut asap mulai mereda dan hujan mulai rajin menyapa bumi. Perubahan iklim yang ekstrim ini ternyata berdampak juga pada kesehatan. Demam dan gejala batuk mulai menyerang membuat ngak mood mau ngapa-ngapain.
Baca Juga: Ketika Bertahan dalam Kepungan Kabut AsapBanyak pekerjaan yang akhirnya terabaikan. Salah satunya yang ikut terdampak adalah postingan arisan link yang dimenangkan oleh Juliyanidar, seorang ibu muda dari Tanjung Morawa Kota Medan ini. Hingga berlalu dua minggu tulisan belum selesai. Nah, pagi ini bertekad menyelesaikan tulisan untuk postingan ini hingga tuntas.
Lebih Dekat dengan Julyanidar Julyanidar merupakan seorang blogger perempuan muda dari Tanjung Morawa, owner dari blog www.julyanidar.com. Perempuan kelahiran 21 Juli 1991 ini menyelesaikan pendidikan dasar hingga menengah atas di Lubuk Pakan. Menjalani aktivitas sehari-hari sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT) dan onlineshoper.

Sebagai blogger, perempuan yang hobi travelling ini sudah memulainya seja…