Siapa di sini yang setelah punya anak jadi doyan posting seputar parenting? Saya...eh, ternyata bukan hanya saya yang jadi doyan ngulik hal-hal berbau parenting, menulis dan membagikannya di sosial media. Banyak penulis dan blogger perempuan lain yang punya pengalaman yang sama. Seperti sosok inspirasi kita kali ini, Hamimeha Mombloger yang mengaku semenjak menjadi ibu jadi semakin sering posting hal-hal seputar parenting.

Hamimeha Momblogger
Sumber Gambar: hamimeha.com

Saya mengenal Mbak Hamim --demikian biasa disapa-- sebagai Momblogger yang produktif. Pemilik nama asli Hamimah Turrohmah ini mengaku mulai menekuni dunia blogging ini pada bulan mei 2020. Semua berawal ketika dia diamanahi sebagai penanggung jawab program 20 hari menulis di blog tanpa henti.

Tidak untuk menulis hal-hal yang muluk. Hamimeha menjadikan blog sebagai ruang untuk menyimpan catatan sehari-hari, tips, tutorial dan artikel populer ringan yang enak dibaca. Inilah yang membuatnya merasa nyaman untuk terus menulis di blog.

Hamimeha, sebuah nama yang unik yang kemudian digunakan untuk membranding diri sebagai blogger. Atas restu dan suntikan dana dari sang suami akhirnya domain hamimeha.com launching pada 5 Oktober 2020. Ini menjadi pemantik semangat beliau untuk terus produktif menulis di blog.

Anak Sumber Inspirasi Utama

Hamimeha Momblogger
Sumber Gambar: hamimeha.com

Blogger penyuka warna biru ini menceritakan di blog pribadinya bahwa sejak menyandang predikat sebagai seorang ibu, beliau jadi semakin hobi posting seputar dunia parenting. Seperti aktivitas bersama anak dan tips-tips parenting yang diperolehnya dari buku mapun webinar.

Awalnya sharing seputar parenting dilakukan di laman medsos pribadinya. Pada umumnya tentang kegiatan sehari-hari bersama anak. Anak dan segala dinamika pengasuhan adalah mata air ide yang tak pernah kering bagi seorang ibu.

Ternyata postingan-postingannya mendapat respon yang cukup baik dari pengikutnya. Ada yang mengadopsi kegiatan bermainnya, ada yang reshare, dan tak jarang juga yg japri untuk konsultasi seputar parenting.

Dari sanalah kemudian dia mulai teringat kembali dengan blognya yang lama tidak terurus. Bertepatan pada tahun 2020 ia menjadi penanggung jawab challenge nulis di blog selama 20 hari berturut-turut. Jadilah ia kembali semangat menghidupkan blog pribadinya. Terlebih setelah mendapat restu dan support dari suami tercinta.

Sekarang sharing seputar parentingnya dan hobi menulisnya semakin terwadahi dengan adanya blog. Dari sanalah Hamimeha Momblogger memulai debutnya sebagai seorang blogger dan membranding diri sebagai Momblogger.

Tips Konsisten Ngeblog bagi Mombloger

Hamimeha Momblogger
Sumber Gambar: hamimeha.com

Bukan hal yang mudah untuk konsisten menulis di blog. Terlebih bagi seorang ibu dengan dua anak seperti pemilik blog hamimeha.com ini. Mengurus rumah, dua anak dan suami saja sudah sangat menyita waktu. Lalu, bagaimana ia bisa menjaga konsistensi untuk tetap rutin mengisi blog?
 
Nah, untuk menjaga konsistensi ngeblog perempuan yang hobi menulis sejak kecil ini memberikan beberapa tips berikut ini:

Pertama, luruskan niat. "Niat itu ibarat ruh bagi jasad. Ia menjadi alasan kuat kita dalam memutuskan buat ngeblog," ungkapnya dalam salah satu postingan blognya. Beliau menyebutkan bahwa alasan terkuatnya untuk kembali aktif ngeblog adalah sebagai writing for healing. Selebihnya karena semangat berbagi dan mengikat ilmu.

Kedua, temukan trigger. Artinya miliki sesuatu yang membuat kita tergerak dan bersemangat untuk ngeblog. Hamimeha sendiri memilih untuk mencari challenge atau membuat challenge sendiri untuk men-trigger dirinya dalam ngeblog.

Ketiga, bergabung dengan circle positif di sekitar kita. Hamim sendiri sangat merasakan manfaat positif saat bergabung dalam komunitas blogger.

Keempat, terus belajar dan berkembang. Ya, menjadi blogger tidak boleh malas belajar. Ada banyak ilmu baru yang perlu dipelajari agar ngeblognya semakin profesional. Ada banyak ruang belajar untuk terus berkembang baik off line maupun online.

Terakhir yang kelima adalah membuat rumusan blog planning. Menurut Momblogger ini blog planning sangat membantunya merapikan content planning, sehingga ia tidak perlu khawatir kehabisan ide selama ngeblog. Hamimeha biasa membuat rumusan content planning untuk jangka waktu dua pekan.

Hmm...boleh juga nih tips konsisten ngeblog ala Mbak Hamim. Teman-teman tertarik untuk mengadopsi?

Penutup

So, menjadi seorang ibu bukan alasan bagi perempuan untuk tidak produktif. Belajar dari Hamimeha, keseruan mengasuh anak bisa menjadi sumber inspirasi untuk produktif menulis dan ngeblog. Dari Hamimeha kita juga belajar bahwa perempuan tidak boleh berhenti belajar dan berkarya. Jadikan rumah sebagai ruang produktif kita untuk terus menghasilkan tulisan sederhana yang menginspirasi.

Teman-teman yang sudah diamanahi buah hati siap untuk terus produktif berkarya? Yuk adopsi tips dan semangat dari Hamimeha!

3 Comments

  1. Aku kasih garis bawah tentang temukan trigger atau miliki sesuatu yang membuat kita tergerak dan bersemangat. Masing² kita harus punya sesuatu yang jadi penyemangat melakukan pekerjaan. Semangat ya kita

    ReplyDelete
  2. Waaah terima kasih banyak suntikan semangatnya dari mbak Neti SurianašŸ™aku nih semangatnya ups and downs banget kalau nulis di blogšŸ™ˆ padahal banyak kisah parenting yang bisa disharing.

    ReplyDelete
  3. Salut sama ibu-ibu hebat seperti mba Hammi ini ya Bun. Wanita memang ditakdirkan memiliki kekuatan super yang memampukannya melakukan banyak hal. Semoga dengan lebih banyak perempuan yang aktif dan produktif seperti ini bisa memberikan inspirasi dan semangat untuk perempuan lainnya.

    ReplyDelete

Tinggalkan Komen Ya!