Ada banyak sosok perempuan inspiratif di dunia blogging. Salah satu diantaranya adalah Naqiyyah Syam Founder Tapis Blogger. Perempuan kelahiran Jambi,17 Juli 1980 ini selain sebagai blogger juga dikenal sebagai penulis dan trainer.

Naqiyyah Syam Founder Tapis Blogger
Sumber Gambar: naqiyyahsyam.com

Naqiyyah Syam sendiri adalah nama populer yang di sandang beliau dalam kancah kepenulisan dan blogger. Ibu tiga orang anak ini memiliki nama lahir Sri Rahayu dan dipanggil Yayuk

Lulusan S1 Kehutanan Universitas Bengkulu (UNIB) ini hobi menulis sejak SD. Dalam profil blognya beliau bercerita bahwa dia sangat suka menulis puisi dan korespondensi. Pertama kali berhasil mempublikasikan karya saat di bangku kuliah. Saat itu perempuan yang pernah bercita-cita menjadi wartawan ini bergabung menjadi wartawan kampus di media UNIB (Warta UNIB).

Penulis Produktif dengan Banyak Karya

Naqiyyah Syam Founder Tapis Blogger dikenal sebagai penulis produktif. Senang menulis cerpen dan karya-karyanya banyak dimuat di berbagai media nasional seperti Sabili, Permata, Rakyat Bengkulu, Lampung Post dan Majalah Story. Naqiyyah Syam juga menulis cerita anak yang ceritanya sering dimuat di Lampung Post.

Selain menulis cerpen untuk media, Naqiyyah Syam juga aktif menulis buku. Dalam profil blognya Naqiyyah Syam menyebitkan bahwa ia sudah menulis dalam 35 buku antologi, satu duet dan dua buku solo. Wah banyak juga ya....

Founder Tapis Blogger

Tidak hanya itu, istri dari Ahmad Suryanto ini juga langganan memenangkan berbagai lomba kepenulisan. Berikut adalah beberapa prestasi menulis yang pernah diraihnya;

Juara 3 Lomba Cerpen Islami FLP Se-Propinsi Bengkulu (2001)
Juara 2 Lomba Menulis Cerpen HIMIKOM (2001)
Juara 2 Lomba Menulis Cerpen FOSI (2002)
Juara 3 Lomba Menulis Essay Faperta Unib (2002)
Juara 2 Lomba Menulis Cerpen FLP Wilayah Lampung (2009)
Juara 3 Esai Kepemudaan Menpora (2010)
Juara Harapan Menulis Resensi Penerbit Indiva(2013)

Semua prestasi ini membuktikan bahwa eksistensi Naqiyyah Syam dalam dunia literasi tidak diragukan lagi. Beliau juga aktif dalam organisasi kepenulisan besar di Indonesia seperti Forum Lingkar Pena (FLP). Bahkan sempat dipercaya sebagai ketua FLP Wilayah Bengkulu (2003-2005), FLP Cabang Lampung Timur (2008-2010) dan Ketua FLP Wilayah Lampung Timur (2012-2014). Sekarang penulis buku La Taias for Ummahat ini dipercaya sebagai BPP FLP pusat.

Full Time Blogger

Founder Tapis Blogger
Sumber Gambar: naqiyyahsyam.com

Tahun 2013 Mbak Naqi --demikian biasa beliau disapa-- resign dari pekerjaannya sebagai guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) dan memilih untuk produktif dari rumah sebagai full time writer. Dari sana Beliau kemudian semakin aktif menulis dan mulai melirik platform digital yakni blog.

Kemudian tahun 2015 memproklamirkan diri sebagai full time blogger dan sudah merasakan penghasilan dari ngeblog.Totalitas ngeblog ditunjukkan dari deretan prestasi yang berhasil diraihnya sejaih ini. Berikut adalah beberapa prestasi yang telah diraih selama menekuni dunia blog:

Juara I Kontes Blog Berbagi Kisah Sejati (2009)
Juara 3 Lomba Blog Kisah Solostrum (2013)
Juara 6 Lomba Blog Halal Beauty Wardah (2013)
Juara Favorit Pojok Pulsa (2015)
Juara 2 Live Blog Competition "Life With XL" #19tahunBersama (2015)
Juara 5 Lomba Campaign "Book Addict is The New Sexy (Stiletto, 2016)
Juara 1 Lomba Blog Tema Stunting Flash Blogging Lampung
Juara 3 Review Hokben Lampung
Juara 1 Review ASUS Max Pro M2

Tidak mau sukses sendiri di dunia blog, Naqiyyah Syam kemudian mendirikan komunitas Tapis Blogger pada tahun 2016. Melalui komunitas ini Naqiyyah Syam mengajak para blogger-blogger muda di kota lampung untuk bisa produktif ngeblog.

Pertanyaannya, bagaimana sih seorang ibu dengan seabrek kesibukan rumah tangga bisa sukses ngeblog? Sukses di sini adalah dalam artian bisa memiliki penghasilan yang layak dan stabil sebagai blogger. Dalam salah satu postingan blognya Naqiyyah Syam Founder Tapis Blogger ini memberikan tipsnya.

Nah, berikut adalah 5 tips sukses menjadi full time blogger dari founder Tapis Blogger ini;

1. Menulis konten yang baik

2. Konsisten mengisi artikel di blog

3. Aktif di media sosial

4. Ikuti komunitas blogger

5. Perbanyak blogwalking

Tentunya tips ini sangat bermanfaat bagi teman-teman yang ingin menjadi full time blogger juga.

Penutup

Demikian perkenalan singkat kita dengan Naqiyyah Syam Founder Tapis Blogger dari Lampung. Seorang penulis produktif yang kemudian memutuskan untuk menjalani profesi sebagai full time blogger. Semoga menginspirasi yaa...


0 Comments