Skip to main content

Menggapai Kebahagiaan dengan Iman Dan Taqwa

Dokpri
Menggapai kebahagiaan dengan iman dan taqwa, demikian tema ceramah Wirid Gabungan Majlis Taklim se Desa Baturijal Barat (02/08) yang dilaksakan di Mushollah Nurul Yaqin Pengalian. Ceramah Agama diisi oleh mubaligh muda Ust. Syahroni dari desa Baturijal Hulu. Wirid Gabungan merupakan kegiatan pengajian rutin sebulan sekali yang dilaksanakan secara bergiliran oleh tiga masjlis taklim yang ada di desa Baturijal Barat yakni Majlis Taklim Melur, Dasa Wisma Wanita Kreatif dan Majlis Taklim Mekar Indah.  Wirid Gabungan Bulan ini dilaksanakan oleh Majlis Taklim Mekar Indah sebagai panitia pelaksana. Kegiatan wirid diawali dengan hafalan surat-surat pendek beserta saritilawahnya oleh ibu-ibu Majlis Taklim Mekar Indah.

Ustad Syahroni menyampaikan bahwa kebahagiaan merupakan ketenangan jiwa yang disebabkan oleh proses penanaman iman dan taqwa. Selanjutnya, beliau menjabarkan langkah-langkah untuk mendapatkan kebahagiaan, yaitu:

Pertama: Memiliki Iman dalam Dada.
Apa itu iman? Iman artinya percaya atau yakin, keyakinan yang kuat terhadap sesuatu yang diimani. Iman yang benar adalah iman yang diucapkan oleh lisan, dibenarkan oleh hati dan dilaksanakan oleh anggota badan. 

Bagaimana keimanan bisa melahirkan kebahagiaan? Hati yang beriman selalu percaya bahwa ada Allah yang Maha Mengatur kehidupan ini. Hati yang beriman tidak akan pernah khawatir akan kekurangan, karena ia yakin Allah Maha Mencukupi. Hati yang beriman tidak akan pernah takut dengan makhluk, karena ia yakin Allah Maha Melindungi. 

Keimanan yang kuat akan kekuasaan dan janji Allah, membuat hati kita tenang. Karenanya klo masih galau juga, yuk perbahurui keimanan kita pada Allah. Yakinlah bersama Allah semua menjadi mudah. Punya masalah sebesar gunung? Percayalah kita punya Allah yang Maha Besar lagi Maha Kuasa. Mudah bagi Allah mengubah hal yang tidak mungkin menjadi mungkin.

Kedua: Ketaqwaan
Taqwa secara bahasa artinya adalah takut, dalam artian takut pada Allah Swt.  Taqwa juga bisa diartikan sebagai suatu sifat dalam diri manusia yang cenderung mengajak pada kebaikan-kebaikan. Taqwa merupakan buah dari keimanan. 

Orang yang bertaqwa cenderung taat dengan aturan-aturan Allah dan gemar berbuat kebaikan. Kebaikan-kebaikan yang ditanamkannya akan menarik banyak kebaikan dari sekelilingnya, sehingga hatinya tenang. 

Kegiatan wirid gabungan ditutup dengan doa dan sholat ashar berjamaah. Kemudian acara dilanjutkan dengan musyawarah untuk kegiatan peringatan 1 Muharam.

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Pertama Belanja Buku di Gramedia.com

[AFF POST] Belanja Buku – Jadi ceritanya saya sudah lama banget pengen punya buku orang-orang biasa karya Pak Cik Andrea Hirata. Sudah searching di google untuk cek harga dan mencari olshop yang menjual, amun belum menemukan yang sreg untuk membeli buku ini.  Beberapa kali mencoba nitip sama teman-teman yang kebetulan lagi di Pekanbaru. Maklum, tinggal di pelosok daerah yang sulit menemukan toko buk yang lengkap. Ada sih beberapa kedai buku, namun buku yang dicari tidak ditemukan. Buku-buku terbitan terbaru memang butuh waktu untuk sampai ke sini. Kalau pun ada terkadang itu adalah buku-buku bajakan. Duh, sedapat mungkin saya berusaha menghindari membeli buku bajakan.

Beginilah Cara Allah Menghibur Kita

Suatu ketika kamu merasa beraaat banget mau datang ke acara taklim, tapi entah kenapa ada saja sesuatu yang akhirnya memaksamu untuk pergi. Ajaibnya di acara yang awalnya tak ingin kamu hadiri itu justru memberikan materi yang sangat menyentuh hati dan memberikan jawaban atas semua masalah-masalahmu. 

Cara Menyisipkan Halaman Landscape Diantara Halaman Portrait pada Dokumen Word

Coba perhatikan layout halaman pada dokumen word! Pada umumnya layuot halaman word itu seragam dari awal sampai akhir kan? Jika di awal kita setting landscape maka layout halaman sampai akhir akan tetap landscape. Dan sebaliknya, jika kita setting portrait maka sampai akhir halaman word itu akan tetap dalam layout portrait.  Lalu, bagaimana jika kita ingin membuat dokumen dengan layout yang berbeda dalam satu file word? Misalnya nih, di halaman awal kita menulis dokumen dengan layout portrait. Namun ketika sampai di halaman berikutnya kita harus membuat dokumen dengan layout landscape, karena berisi tabel yang memanjang ke samping misalnya. Apakah bisa disusun dalam satu file yang sama? Ataukah kita harus membuat file khusus untuk halaman yang berlayout lanscape ini? Tentu saja bisa! Sahabat pembaca, setting default dokumen word memang seragam dari awal sampai akhir. Namun, jika kita ingin membuat dokumen dengan layout portrait dan landscape secara bergantian juga bisa. Baga