Review IDN App - Informasi dan hiburan di era digital semakin dekat dan cepat di dapat. Semua berada dalam genggaman kita Cukup dengan membuka ponsel pintar, maka jendela menuju informasi dan hiburan terbuka dengan lebar. Inilah yang dihadirkan oleh IDN App sebagai salah satu aplikasi baca berita dan hiburan di era digital.
IDN App sendiri usianya masih sangat muda. Pertama kali diluncurkan pada 16 Juni 2022 yang lalu, dan sekarang terus tumbuh menjadi aplikasi baca berita terpopuler di Indonesia. IDN App lahir dari rahim IDN Media sebagai generasi lanjutan dari IDN Times, situs baca berita terpopuler.
Bagi saya IDN App ini sangat menarik. Platform ini menyatukan aplikasi baca berita dan live streaming dalam satu platform yang simpel dan ringan. 
Seperti apa power IDN App sebagai aplikasi baca berita dan hiburan? Berikut saya akan berbagi pengalaman menggunakan IDN App berikut fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Tampilan Home yang Simpel

Begitu membuka aplikasi IDN kita langsung disuguhi dengan home aplikasi yang simpel dan ringan. Biasanya ditampilkan berita-berita terbaru sesuai kategori yang ada. Bagian teratas ditampilkan berita dan informasi yang disematkan dengan porsi layar lebih lebar dan font judul lebih menonjol dari yang lain sebagai headline. 
Berita yang tampil pada halaman ini adalah berita terbaru yang masuk dalam kategori trending, viral, event, dan tag-tag populer. Dengan sekali klik kita langsung bisa menikmati berita terupdate hari ini.
Sayangnya newsfeed home tidak bebas iklan. Ada beberapa tayangan iklan nyelip diantara artikel berita. Ini sedikit mengurangi kenyamanan aplikasi, karena terkadang kita terkecoh saat klik judul ternyata diarahkan ke halaman iklan.

3 Fitur Utama IDN App

Saat ini ada tiga fitur utama yang bisa diakses oleh pengguna IDN App, yaitu fitur berita, IDN Live dan Quiz. 

  • Baca Berita

Fitur pertama adalah fitur baca berita. Newsfeed tersaji begitu kita membuka aplikasi menampilkan gambar sampul, judul berita, tanggal dan kategori. Jika ingin membaca berita lebih lanjut, pengguna bisa klik gambar atau judul. Maka halaman berita utuh akan terbuka.
Halaman home hanya menampilkan berita-berita terbaru dan yang disematkan secara terbatas. Untuk mendapatkan lebih banyak lagi berita dan informasi yang diinginkan kita bisa mengakses menu explore.
Ada banyak pilihan berita pada menu explore. Untuk memudahkan pengguna mendapatkan berita dan informasi yang sedang viral atau populer, IDN App menyediakan tag-tag populer. Selain itu kitajuga bisa memilih berita berdasarkan media partner yang mengisi laman berita IDN. Berita juga dikelompokkan berdasarkan pilihan topik yang ada. Ada banyak pilihan topik yang disediakan di IDN App. Pengguna bisa memilih topik yang diinginkan agar lebih mudah menemukan berita secara spesifik.
Selain itu kita juga bisa mencari artikel berita yang diinginkan dengan cara mengetikkan keyword di kolom pencarian. Otomatis semua artikel yang mengandung keyword tersebut akan dimunculkan.
Bagi saya cukup nyaman membaca berita melalui IDN App dari pada situs berita umumnya. Salah satu keunggulannya adalah bebas dari gangguan banner iklan yang tiba-tiba muncul saat kita membaca. Memang tidak benar-benar bebas iklan, tetap ada iklan dalam artikel. Namun, penempatan iklan cukup proporsional dan tidak terlalu menggangu kenyamanan membaca berita.

  • Live Streaming IDN Live

IDN Live merupa fitur unggulan terbaru di IDN App. Yakni sebuah fitur yang memungkinkan kita pengguna IDN App untuk menonton atau melakukan live streaming serta berinteraksi satu sama lain dengan pengguna aplikasi.
Ketika kita membuka fitur IDN Live, maka pada layar akan tersaji room streaming dari salah satu streamer yang sedang live.
Berikut adalah tampilan pada room streaming:
Terlihat streamer yang sedang live dan beberapa ikon menu diantaranya nama profil streamer, tombol follow, minimize, explore, kolom komentar, bagikan dan ikon hadiah.
Tidak sekedar menonton, kita juga bisa berinteraksi langsung dengan streamer melalui kolom komentar. Selain memberikan komentar positif, kita juga bisa memberikan dukungan pada streamer dengan cara membagikan link streaming ke medsos dan atau memberikan hadiah virtual. Hadiah virtual ini nantinya bisa ditukar dengan uang loh!
Klik menu explore maka akan tampil banyak pilihan room streaming dari streamer IDN App yang lainnya, spt berikut:

Jadi, tinggal pilih kita pengen nonton live streaming yang mana? Sudah dilengkapi dengan tag dan kategori untuk memudahkan kita memilih live streaming sesuai dengan minat masing-masing.
Tidak sekedar menonton, sekarang semua pengguna IDN App juga bisa melakukan live streaming. Caranya sangat gampang, cukup dengan klik ikon + (plus) di tengah bawah kemudian pilih live streaming. Selanjutnya akan muncul laman seperti berikut:
Lengkapi data yang dibutuhkan seperti unggah foto sampul, kemudian isi judul live streaming, pilih topik dan pilih apakah streaming ini dijadwalkan di waktu lain atau tidak. Setelah semua terisi kemudian klik tombol Buat Live Streaming, maka room streaming siap digunakan.
Sekarang tidak harus mendaftar untuk menjadi streamer. #Semua bisa live di IDN Live dengan topik yang diinginkan. IDN Live Siap menjadi wadah untuk berjumpa dengan orang-orang baru dan menciptakan keseruan di era digital.

  • Quiz

Quiz adalah fitur hiburan untuk pengguna yang suka dengan tebak-tebakan. Ada banyak tebak-tebakan lucu dan unik di sini. Pengguna bisa ikut bermain dan menikmati keseruan bermain tebak-tebakan di sini.

Menu Kreator untuk Tampil Eksis dan Panen Cuan

Tidak sekedar media untuk menikmati berita dan hiburan, IDN App juga memberikan ruang bagi penggunanya untuk ikut berkontribusi menulis artikel berita dan melakukan live streaming. Menu kreator adalah ruang bagi konten kreator IDN App untuk berkarya. Di sini kita bisa mengakses panduan untuk memulai menulis dan live streaming di IDN App. Menariknya, setiap konten yang tayang di IDN App berpotensi menghasilkan poin yang bisa diuangkan lho...
Untuk memulai menulis atau live streaming, cukup klik ikon + (plus) kemudian pilih Berita untuk menulis artikel atau Live untuk memulai live streaming. Setiap tulisan yang lolos kurasi dari editor IDN akan mendapatkan IDN Points dari page views yang diperolehnya. Selain dari page views, IDN Points juga bisa didapatkan dari bonus poin ekstra untuk artikel yang diikutkan dalam event-event bonus.
Melalui fitur live streaming kita juga berkesempatan mendapatkan IDN Point dari virtual gifts yang dikirimkan oleh viewers. Total virtual gifts yang diterima bisa dikonversikan menjadi poin IDN. Semakin mahal virtual gifts yang dikirimkan viewers, semakin banyak IDN points yang didapat.
Nah, IDN points yang sudah dikumpulkan nantinya bisa dicairkan menjadi menjadi uang tunai yang di IDN kemudian dikenal dengan istilah redeem points. Di IDN App juga tersedia fitur redeem points dengan sistem terbaru yang dikenal lebih cepat, mudah dan nyaman untuk semua pengguna.
Nah tertarik untuk eksis dan berburu cuan melalui IDN App? Yuk segera download aplikasinya di play store dan appstore!

Website Live Streaming IDN Live

Live streaming IDN Live sekarang juga bisa diakses melalui website Live Streaming IDN. Kehadiran website ini membuat pengalaman live dan menonton live streaming semakin mengasyikkan.
Sekarang, #SemuaBisa Live, semua bisa eksis di IDN sesuai dengan topik yang diinginkan.
IDN juga menghadirkan virtual gift yang beragam agar siapapun bisa mendukung streamer favoritnya. Untuk mendukung streamer favorit kita bisa memberikan martabak, tumpeng bahkan jet pribadi virtual agar mereka semakin bersemangat menghadirkan streaming-streaming keren di IDN.

Terbaru, Program Referal IDN App

Terakhir ada program terbaru dari IDN App yang bisa nambah pundi-pundi cuan nih, yakni Referral Program IDN App.
Melalui Referral Program IDN App ini IDN memberikan peluang pada setiap pengguna untuk mendapatkan reward dengan cara mengajak pengguna baru untuk bergabung menjadi user IDN App. Program ini berlangsung selama periode 08 Mei 2023 hingga 10 Juli 2023.
So, tunggu apa lagi? Segera bergabung di IDN App sekarang juga, gunakan kode referral net-jskrb1fp, jalankan misi-misinya dan raih hadiahnya!

Penutup

IDN App menawarkan pengalaman mengakses berita, informasi dan hiburan dalam satu platform yang simpel dan mudah diakses. Secara tampilan IDN App cukup nyaman untuk diakses karena ramah di mata dan kuota. Sebagai aplikasi baca berita dan hiburan, IDN App tidak hanya menempatkan penggunanya sebagai penikmat konten, tapi juga memberikan peluang untuk berkontribusi menghasilkan konten-konten berkualitas yang kemudian diapresiasi dalam bentuk IDN Points sesuai dengan performa konten itu sendiri.


0 Comments