#SuamiIstriMasak merupakan momen yang langka terjadi di masyarakat kita. Mengingat, masing-masing punya peran dan kesibukan yang berbeda sehingga terkadang harus meluangkan waktu khusus untuk melakukan aktivitas bersama. Ditambah pandangan di masyarakat bahwa kolaborasi suami istri masak di dapur sesuatu yang tidak umum. Pekerjaan domestik sudah jamak menjadi ranahnya istri, sementara suami punya peran vital dalam bekerja mencari nafkah di luar rumah.
suami istri masak
Made by Canva

Saya bersyukur karena semenjak menikah, di tengah kesibukan masing-masing kami masih memiliki banyak waktu untuk melakukan aktivitas bersama. Baik aktivitas yang dilakukan bersama di luar rumah maupun di dalam rumah. Salah satu aktivitas bersama yang juga menjadi momen quality time bagi kami adalah kolaborasi memasak di dapur.
Akhir pekan menjadi waktu yang sering kami manfaatkan untuk berkolaborasi di dapur. Biasanya diawali dengan aktivitas belanja bareng di pasar rakyat yang jatuh di hari sabtu. Pulangnya dilanjutkan dengan eksekusi mengolah bahan masakan, tentunya dengan kolaborasi #SuamiIstriMasak. Ini menjadi rutinitas yang menyenangkan sekaligus membangun kebersamaan yang ingin selalu kami hadirkan dalam keluarga kecil kami yang baru menapaki jalan panjang kehidupan berumah tangga.

Kolaborasi Suami Istri di Dapur Merawat Sakinah

Menjelang 2 tahun usia pernikahan kami pada 19 desember 2022 ini, kolaborasi di dapur bukanlah hal yang tabu bagi kami. Ada banyak waktu kebersamaan yang kami habiskan untuk berkolaborasi mengolah menu favorit di dapur.
Kebersamaan di dapur memberi ruang komunikasi yang lebih luas dan terbuka bersama pasangan. Kami bebas membicarakan hal-hal yang remeh hingga serius, termasuk mimpi-mimpi masa depan yang dibangun bersama.
Terbangunnya komunikasi yang baik berdampak positif pada keharmonisan rumah tangga kami yang masih sangat muda. Kami merasa semakin mudah memahami karakter pasangan, semakin bisa memaklumi kekurangan pasangan, semakin dekat dengan pasangan dan bisa meminimalisir konflik dalam keluarga.
Relasi dan komunikasi yang baik, inilah yang dibangun melalui kolaborasi suami istri di dapur. Diawali dengan komunikasi tentang jenis makanan, cara mengolah dan berbagi peran dalam mengolah bahan mentah menjadi makanan yang pas di lidah semua anggota keluarga. Dari hal sesederhana itu berlanjut ke hal-hal yang lebih kompleks dan krusial. Adanya kedekatan hati dan saling memahami dengan pasangan, membuat persoalan rumit pun menjadi lebih mudah terurai.
Dan kami meyakini bahwa komunikasi yang baik merupakan kunci lahirnya ketenangan dan ketentraman dalam rumah tangga. Inilah yang dinamakan dengan sakinah. Bukankah sakinah merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam kehidupan berumah tangga?

Agar Kolaborasi Suami Istri di Dapur Lebih Seru

Bagi saya setiap momen memasak bersama suami di dapur adalah seru. Namun akan lebih seru jika kolaborasi suami istri di dapur tersebut dilakukan sambil berinovasi atau mencoba resep baru.
Tidak perlu secara khusus menyiapkan bahan untuk memasak. Cukup memanfaatkan dan berkreasi dengan bahan yang ada di dapur. Contohnya, ketika stok di dapur cuma ada beberapa butir telor ayam dan bumbu seadanya maka dengan sedikit sentuhan modifikasi resep dan kecap abc jadilah semur telur ala kami. Andaipun di dapur cuma ada nasi putih dan bumbu seadanya, berdua kami selalu punya ide untuk mengolahnya menjadi menu baru yang disantap hingga butir terakhir.
Kolaborasi suami istri di dapur tidak hanya membuat momen memasak terasa lebih menyenangkan. Namun, juga membuat setiap menu yang dihidangkan terasa nikmat. Sebab, semua yang diolah dengan sepenuh hati dan sepenuh cinta selalu memberikan cita rasa yang tiada duanya

Kampanye #SuamiIstriMasak Bersama Kecap ABC



Tulisan kali ini terinspirasi dari video #SuamiIstriMasak kecap ABC. Kecap ABC diketahui konsisten menjalankan kampanye #suamiistrimasak sejaktahun 2018. Melalui kampanye ini kecap ABC ingin menyampaikan pesan bahwa waktu berkualitas untuk menjalin harmonisasi keluarga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, tidak terkecuali saat momen memasak di dapur.
Kampanye ini bermula dari ajakan istri agar mendukung suami terlibat dalam kegiatan memasak di dapur. Kemudian pada tahun 2019, hari kesetaraan perempuan dijadikan sebagai momen yang tepat untuk menginisiasi kampanye ini. Selanjutnya pada tahun 2020 dilakukan kolaborasi dengan platform edukasi untuk melibatkan anak-anak agar melakukan hal serupa dalam kampanye hari kesetaraan perempuan. Kemudian pada tahun 2021 kecap ABC berkolaborasi dengan pasangan selebriti Titi Kamal dan Cristian Sugiono untuk menyampaikan pesan tentang pentingnya kolaborasi pasutri di dapur pada masyarakat Indonesia.
Kolaborasi suami istri di dapur adalah gambaran kerjasama suami istri dalam rumah tangga. Saling bertukar ide, saling berbagi peran dan saling berkomunikasi dengan riang. Inilah gambaran keluarga sakinah yang tidak saling menuntut namun sebaliknya saling menuntun, tidak saling memberatkan tapi justru saling meringankan, hingga terbangun hubungan batin yang kuat dengan pasangan.
Yuk ibu-ibu ciptakan quality time dengan kolaborasi masak di dapur bersama suami. Tidak usah khawatir soal rasa, ada kecap ABC yang kaya rasa untuk menu masakan yang bersahabat di lidah keluarga Indonesia.

0 Comments