Sunday, May 31, 2020

, , , ,

Blogwalking, Silaturahmi Virtual yang Blogger Wajib Tau Manfaatnya

Blogwalking – Salah satu Wa Group blogger yang saya ikuti adalah WAG Kumpulan Emak-Emak Blogger. Group ini notifikasinya selalu ramai, terutama setiap hari senin dan kamis. Apa hal? Ternyata senin dan kami merupakan jadwalnya member group untuk setoran link postingan yang akan dikutkan dalam program blogwalking (BW) pekanan.

Program blogwalking ini banyak peminatnya. Satu kelompok blogwalking biasanya diikuti oleh maksimal 25 link blogpost. Jika sudah memenuhi batas maksimal tersebut maka kelompok BW ditutup. Jika masih banyak member yang ingin ikut kelompok BW akan dibuka pendaftaran untuk kelompok blogwalking kedua dan seterusnya. Kegiatan BW antar member WAG Kumpulan Emak-emak Blogger ini cukup efektif meramaikan group setiap pekannya.

Pengertian Blogwalking

Blogwalking
Gambar 1. Blogwalking

Apa sih blogwalking? Bagi nitizen yang aktif ngeblog pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah blogwalking. Blogwalking atau lebih sering disingkat dengan BW adalah kegiatan para blogger dalam mengunjungi kemudian membaca serta meninggalkan jejak komentar di blog lain. Mudahnya, blogwalking itu merupakan gaya silaturahmi virtual ala blogger. Saling mengunjungi rumah virtual antar blogger dengan tidak lupa saling menyapa dengan meninggalkan jejak komen di sana.

Sebagai salah satu member di WAG Kumpulan Emak-Emak Blogger, saya pun beberapa kali ikut kegiatan blogwalking ini. Tidak rutin sih, karena saya juga jarang update postingan blog ini hehe... Paling klo lagi ada update postingan terbaru baru deh ikut setor link di kelompok blogwalking.

Meski tidak rutin, bagi saya mengikuti kegiatan blogwalking ini sangat berkesan dan full manfaat. Salah satu manfaat yang sangat nyata bagi saya dari kegiatan ini adalah blog ini sukses full aproved oleh google adsense setelah beberapa pekan aktif posting dan ikut kegiatan blogwalking di WAG Kumpulan Emak-Emak Blogger.

Saya sudah berkali-kali daftar google adsense sejak 2014 bahkan sebelumnya juga sudah mencoba, namun belum berhasil. Tahun 2014 moneteis blog dengan GA merupakan salah satu proyek monumental dalam resolusi tahunan yang saya buat, dan hasilnya tetap zonk. Tahun 2019 saya kembali menuliskan ‘Blog Full Aproved Google Adsense’ dalam prioritas resolusi tahunan dengan tidak lupa menyusun langkah-langkahnya. Membaca pengalaman beberapa teman blogger yang sudah berhasil diaprove GA saya pun mulai memperbaiki blog sesuai saran mereka. Salah satu saran sederhana dan ngena yang menghantarkan saya diterima tanpa drama oleh GA adalah saran dari blogger keren ini.

Rajin update blog, itu salah satu tip sederhana dari Musdalifah Hamzah agar cepat diaprove GA. Tip itulah yang saya jalankan ketika kembali bertekad mendaftarkan blog ini ke Google Adsense. Selain rajin update blog saya juga menambahkan dengan kegiatan-kegiatan lain yang dapat meningkatkan traffic blog. Salah satu kegiatan yang rutin saya ikuti kala itu adalah kegiatan blogwalking. Alhamdulilah kegiatan ini mampu menggerek DA blog yang awalnya istiqomah di angka 4 dalam beberapa pekan naik menjadi 8 dan sekarang 14.

Tidak butuh waktu lama setelah rutin update postingan dan aktif blogwalking blog ini diaprove GA. Bukan main senangnya, benar-benar ngak nyangka bisa semudah itu menembus Google Adsense yang selama ini terasa begitu sulit dijangkau.

Nah, saya berasumsi bahwa salah satu faktor yang mempermudah blog ini diaprove GA adalah rutin blogwalking. Traffic blog yang meningkat drastis dan ide yang mengalir deras untuk postingan baru adalah efek positif dari kegiatan blogwalking. Tak salah kiranya jika dikatakan bahwa blogwalking adalah hal wajib yang perlu dijalani secara rutin jika Sahabat ingin menjadi blogger profesional.

5 Manfaat Blogwalking

Blogwalking
Gambar 2. Blogwalking Emak-emak Blogger

Dulunya saya berpikir bahwa blogwalking hanya menguntungkan blog yang kita kunjungi, karena dapat meningkatkan trafiik blog yang bersangkutan. Ternyata tidak sepenuhnya benar lho. Blogwalking akan memberikan begitu banyak manfaat positif bagi kita yang melakukannya, bukan hanya bagi blog yang dikunjungi.

Nah, biar kita semakin semangat blogwalkingnya, yuk ketahui apa saja manfaat positif dari blogwalking! Setelah beberapa kali rutin mengikuti kegiatan blogwalking, saya merasakan paling tidak ada 5 manfaat blogwalking, yaitu:
Menambah ilmu dan informasi baru

Blogwalking yang berkualitas tentunya tidak sekedar berkunjung dan meninggalkan jejak begitu saja. Selain berkunjung, ada baiknya kita juga membaca postingan yang disajikan di sana untuk menyerap ilmu dan menemukan informasi baru yang di sampaikan oleh penulisnya. Setelahnya sempatkan waktu untuk memberikan tanggapan di kolom komentar. Tanggapan bisa berupa pertanyaan, dukungan, atau bahkan sanggahan dengan bahasa yang sopan. Tanggapan yang berkualitas tidak sekedar basa basi menunjukkan bahwa kegiatan blogwalking kita benar-benar berkualitas tidak sekedar formalitas semata.

Ada begitu banyak ilmu dan informasi yang diperoleh melalui kegiatan blogwalking. Ketika mengunjungi blog kuliner maka kita akan disuguhi berbagai ilmu dan informasi seputar dunia kuliner. Ketika mengunjungi blog travelling, maka berbagai informasi dan tips seputar travelling akan diperoleh dengan mudah. Demikian jika jika kita mengunjungi blog komputer. Maka informasi seputar teknologi komputerpun akan diserap dari sana. So, yuk rajin-rajin blogwalking untuk menambah ilmu dan informasi baru!
  • Melahirkan inspirasi baru
Banyak hal yang bisa membuat kita terinspirasi untuk melakukan ataupun menghasilkan sesuatu, salah satunya adalah blogwalking. Membaca konten-konten blog yang beragam seringkali mendorong kita untuk melakukan, mengikuti atau bahkan menyanggahnya. Nah, dorongan untuk melakukan, mengikuti ataupun menyanggah isi postingan blog tersebut lahir karena lahirnya inspirasi baru dari membaca postingan blog tersebut. Inspirasi baru tidak selalu sama dengan apa yang kita baca, tapi boleh jadi bertentangan. Sebab, inspirasi adalah buah dari kristalisasi berbagai pemahaman lama dan baru yang kemudian memunculkan ide baru yang lebih fresh.
  • Meningkatkan traffic blog
Ini yang saya rasakan sejak sering ikut kegiatan blogwalking di WAG Kumpulan Emak-Emak Blogger. Ketika kita mengunjungi dan meninggalkan jejak komen di postingan blog lain maka secara tidak langsung kita sudah meninggalkan backlink blog di sana. Di lain waktu pemilik blog atau pengunjung lain mungkin saja akan berkunjung balik ke blog kita melalui backlink tersebut. Semakin banyak kita blogwalking dan meninggalkan jejak komen maka semakin banyak jalan menuju blog kita yang terbuka untuk pengunjung baru. So, jangan malas BW dan meninggalkan komen di blog teman ya!
  • Menambah teman
Seperti halnya silaturahmi di dunia nyata, blogwalking merupakan silaturahmi virtual ala blogger. Setiap silaturahmi pastinya akan menciptakan hubungan baik antar dua pihak atau lebih. Demikian juga halnya saat blogwaking kita sedang menjalin hubungan baik dengan blogger yang kita kunjungi blognya. Sebab itu, jangan segan untuk meninggalkan komen agar pemilik blog tau bahwa kita sudah berkunjung dan menikmati sajian konten kita. Di sini akan terjadi komunikasi dua arah antar blogger, meski tidak sedinamis medsos lain namun cukup membuka ruang komunikasi virtual untuk menambah teman-teman di dunia blogger.
  • Ajang promosi
Yes, blogwalking merupakan salah satu ajang promosi bagi blog kita. Backlink yang dihasilkan dari aktivitas blogwalking sangat berpengaruh positif terhadap popularitas blog di mesin pencari (search engine). Popularitas blog di mesin pencari tentu saja akan mempermudah pengunjung menemukan blog kita di mesin pencari.


Wah ternyata tidak hanya mengasyikkan, blogwalking juga memberikan segudang manfaat bukan? Nah bagaimana dengan pengalaman blogwalking sahabat sendiri? Apa saja manfaat yang Sahabat rasakan selama aktif mengikuti kegiatan blogwalking? Yuk share di komen!

Keterangan Sumber Gambar:
  1. Koleksi Pribadi
  2. Koleksi Pribadi

36 comments:

  1. Hahaha aku juga suka blogwalking juga mba salah satunya di kumpulan emak-emak blogger. Soalnya ngeliat di komunitas KEB itu suka banyak. Jadi kalau aku ada job dan lagi butuh view baru deh aku ngeliast blog walking. Wkwkkw 😂. Tapi sebenernya aku lebih suka blog walking alami soalnya. Cuma kurang cocok ada job BW alami gitu. Karena blog yg kita bw in itu blum tentu BW juga ke kita. Sdangkan konten job itu kan butuh komen hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, BW di KEB sangat membantu banget kerja blogger utk meningkatkan performa postingannya. Terlebih utk postingan job 😊

      Delete
  2. Betul banget! Selain bisa menambah teman, lewat blogwalking, aku sering menemukan ilmu atau informasi-informasi baru yang bisa menambah pengetahuan. Wah selamat juga ya buat GA nya yg sudah diapproved, bikin tambah semangat update postingan ya mak :)

    ReplyDelete
  3. Hehe sama aku juga ikutan BW kalo ada postingan baru atau ada job. Tapi skrg pun udah mulai jarang ngelist BW organik, soalnya mikir balik baca blognya itu PR bgt, hehe

    ReplyDelete
  4. Trims Mbak.. Manfaat banget buat saya

    ReplyDelete
  5. Iya betul, ikut blogwalking tuh bisa menjadi hiburan, menambah pengetahuan/wawasan baru, juga belajar dari pengalaman teman-teman...

    ReplyDelete
  6. Iya nih, sejak rajin BW trafikku meningkat tajam, sehari pokoknya ribuan kunjungan, dari yang tadinya sunyi sepi sendiri, dan nieche blog juga pengaruh besar.

    Aku udah mantapin untuk tutorial dan drawing, jadi sesuai passion aja sih, dan sebisa mungkin banyak organik content

    ReplyDelete
  7. Wah, menarik, ya...BW. Tmks infonya jd semangat.. Semangat ngikutin mbak Neti. 😃

    ReplyDelete
  8. Wah, saya belum bergabung nih ke WAG emak-emak blogger. Semoga suatu saat bisa ikutan juga. Semangat kakak. Saya juga setuju kalau BW pasti juga memberikan manfaat positif buat kita

    ReplyDelete
  9. Manfaatnya banyak, itu lah makanya aku rajin ikut BW di Emak Blogger tiap Senin dan Kamis. Udah kayak puasa aja ya, hahahaa. Aku juga sering dapat inspirasi dari artikel teman-teman BW, seru juga, dan nambah teman dari seluruh nusantara. Dan pernah, eh beberapa kali aku dapat job dari komentar saat BW. Brand kayaknya mencari calon penerima job dari sini loh

    ReplyDelete
  10. Hai mba..salam kenal..

    Saya baru di dunia blog, dulu pernahnpunya, lalu menghilang ebtah kemana...

    Makasih ilmunya yaaaa

    ReplyDelete
  11. Menambah teman dan menaikkan traffic blog. Itu alasan aku ikut BW Mbak, kerasa bgt kalau enggak ikut BW, traffic menurun tajam, sedih...

    ReplyDelete
  12. hari senin kamis paling ditunggu yaa... soalnya mau isi list buat bw bareng di grup wa keb :)
    seneng banget ada fasilitas itu. mau bw dan di bw-in balik jadi gampang banget. ga perlu capek2 tebar link di grup2 fb n twitter lagi. alhamdulillah :)

    ReplyDelete
  13. Aku suka BW Mbak, suka baca cerita pengalaman mamak-mamak yang menghibur, dapat inspirasi dan pelajaran berharga juga..

    ReplyDelete
  14. Puasa kemarin aku jarang ikut BW. Lagi ribet banget. Sekarang sudah mulai ikut lagi. Lumayan buat say hai sama teman-teman di dunia maya

    ReplyDelete
  15. Bener Mbak...daku suka BW karena banyak hal baru yang kudapat dari postingan para Emak yang luar biasa. Luar biasa idenya dan luar biasa dalam menuliskan setiap rangkaian kata. Keren banget dah.

    ReplyDelete
  16. Iya sih ya, apapun tujuan kita ngeblog itu aan tercapai kalau kita istiqomah. Keren sekali mbak peningkatan DA nya, cepet

    ReplyDelete
  17. Sayangnya saya belum keangkut di WAG KEB padahal pengen juga sih join di sana. yess blogwalking emang punya banyak manfaatnya salah 5 nya seperti yang Mbak udah jelaskan di atas. Gara-gara sering ikut blogwalking juga alhamdulillaah blog saya jadi rame hehe

    ReplyDelete
  18. Yeay, alhamdulillah ya mak, akhirnya approved GA-nya. Iya, di dunia blogger tuh ada istilah "The power of networking, dan the power of blogwalking." Selain memberi dampak yang baik pada blog kita, silaturahmi pun tetap terjaga dengan baik antar sesama blogger

    ReplyDelete
  19. Kalau menurut saya diapprovenya ads krn banyaknya pengunjung sih mbak, bukan sekadar dari BW :D
    Tapi saya kangen BW zaman dulu. Kalau BW dulu kita main ke postingan A dengan sukarela, nanti A akan main balik. Kalau skrng kyknya BW krn salah satunya ada kepentingan nyari PV postingan berbayar hahha. Ya gak salah sih saya jg melakukannya. Tapi kangen BW zaman dulu yang dilakukan dengan sukarela tanpa ngarep balasan #hallah hahaha malah mengenang masa lalu

    ReplyDelete
  20. Aku masih maju mundur pengin daftarin blog ke adsense Mba. . Tapi setelah baca2 ini kayaknya boleh juga dicoba ya, supaya bisa dimonetisasi juga blognya. Aku juga seneng blogblogwalking krn sering nambah ilmu baru

    ReplyDelete
  21. Banyak banget manfaat dan berkah blogwalking, selain nambah teman, silaturahmi tetap terjaga, juga kadang-kadang dapet rezeki.. Kalau sekarang banyak banget group khusus BW, kalau dulu saling kunjung mengunjungi

    ReplyDelete
  22. Jadi ingay awal-awal ngeblog dulu, blogwalking itu seperti berkunjung rumpi-rumpi di rumah teman. Ngga ada tanggungan apa2. Ujung-ujungnya, kopdar sesama blogger makin rame

    ReplyDelete
  23. Terkadang via blogwalking kita jadi dapat ide tertentu untuk membuat artikel selanjutnya mba. Jadi makin luas wawasan kita dengan membaca postingan teman-teman blogger lainnya.

    ReplyDelete
  24. Blog Walking pengganti kunjungan ke rumah teman ya, jadi nggak bisa silaturahmi langsung ya kunjungan virtual kadi tau aktivitas teman-teman juga..

    ReplyDelete
  25. Alhamdulilah mba turut senang approve GAnya aku ga tau mau ajuin kok lamannya ga ada wkwk..

    Ttp semangat nulis aja kalau gitu buatku sih

    ReplyDelete
  26. Iya banget, BW ini bikin aku ngerasa kenal dan deket dengan teman-teman yang hobinya sama, yaitu nulis di blog. Padahal banyaknya belom pernah ketemu secara langsung. Mana tulisan-tulisannya nambah pengetahuan pula. Plus, jadi belajar juga cara nulis yang lebih baik.

    ReplyDelete
  27. Tambahan lagi Mbak dengan rajin Blog Walking maka beberapa paramater blog seperti Alexa akan naik signifikan. Untuk yang rajin BW Alexanya semakin ramping. Biasanya kalau yang nggak BW angka alexanya bisa sejutaan ke atas namun yang rajin BW biasanya sejuta ke bawah. Lebih kecil lebih bagus lagi.

    ReplyDelete
  28. dulu blog saya terpasang AdSense. lalu karena traffic mungkin kurang baik, akhirnya gak berjalan lg. kudu diaktifkan lg kali ya, bukan otomatis. iyaaa bw ini jd makin sering baca tulisan teman2 juga nih

    ReplyDelete
  29. Blogwalking aku jadi media inspirasi untuk tulisan blog selanjutnya
    Meskipun yaa terkadang ada artikel yang sama semua temanya 😅

    ReplyDelete
  30. Dari dulu istilah bewe faniliar sejak 2009 malah ibratnya beber2 kaya kedatangan tanu tamu tang menyenangkan

    ReplyDelete
  31. Kereen Mak luar biasa manfaat BW yaa :)

    ReplyDelete
  32. Bener bnget klu kita ikut blog walking bnyk manfaatnya seperti yg sdh diuraikn. Thx ya infonya.

    ReplyDelete

Tinggalkan Komen Ya!