rakor-penanganan-stunting-lokus-kelurahan-baturijal-hilir
Rakor Penanganan Stunting Lokus Kelurahan Baturijal Hilir 

Sesuai undangan dari Camat Peranap, maka Kamis (30/06/2022) saya ikut menghadiri Rapat Koordinasi dalam Rangka Mewujudkan Aksi Nyata Penanganan Stunting di Lokus Kelurahan Baturijal Hilir di Kantor Lurah Baturijal Hilir. Tampak hadir pada rapat yang dipimpin langsung oleh Camat Peranap tersebut diantaranya Danramil 05 Peranap, Kapolsek Peranap, Kepala UPTD Puskesmas Peranap, Kepala KUA Peranap, Petugas Keluarga Berencana Peranap, Ketua IBI tingkat Ranting Puskesmas Peranap, Koordinator BPP Peranap, Lurah Baturijal Hilir, ketua TP PKK Baturijal Hilir, Tim Pendamping Keluarga, Bidan, Kader Posyandu, Ketua Lingkungan, serta RT dan RW se kelurahan Baturijal Hilir.

Kelurahan Baturijal Hilir Sebagai Salah Satu Lokus Penanganan Stunting


Lurah Baturijal Hilir, Drs. Mulyadi dalam sambutannya menyatakan bahwa kelurahan Baturijal Hilir siap mendukung dan menyukseskan aksi nyata penanganan stunting di wilayah tersebut. Penetapan Baturijal Hilir sebagai Lokasi Fokus (lokus) penanganan stunting tahun ini bagi beliau merupakan bentuk perhatian pemerintah sekaligus juga catatan bagi kelurahan Baturijal Hilir. Sebab, ditetapkannya Baturijal Hilir sebagai lokus stunting menunjukkan bahwa wilayah tersebut terindikasi ada resiko kasus stunting.

Teman-teman tau apa itu stunting? Stunting merupaka kondisi gagal tumbuh pada bayi dan balita. Hal ini disebabkan oleh multifaktor, salah satunya adalah karena kekurangan gizi pada bayi di 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yang berlangsung lama dan menyebabkan terhambatnya perkembangan otak serta tumbuh kembang anak. Postingan tentang stunting bisa teman-teman baca juga di sini dan di sini.

Penanganan stunting memang menjadi salah satu isu strategis pembangunan nasional untuk mewujudkan generasi emas. Presiden Jokowi sendiri menargetkan kasus stunting di Indonesia harus turun menjadi 14% pada tahun 2024. Nah, untuk mencapai target tersebut maka semua pihak harus terlibat aktif dalam upaya penanganan stunting.

Lalu bagai mana dengan angka stunting Kabupaten Indragiri Hulu? Menurut studi status gizi Indonesia tahun 2021 kasus stunting di Kabupaten Indragiri Hulu berada di angka 23,6%. Nah, dari angka tersebut ditargetkan turun menjadi 20,6% pada tahun 2022 dan 14% pada tahun 2024.

lokasi-fokus-percepatan-penanganan-stunting
Lokus Stunting Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2022

Dalam rangka merealisasikan target tersebut, maka pada tahun 2022 ini ditetapkanlah 10 lokus Pelaksanaan Percepatan Pencegahan Stunting di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. Salah satunya berada di Kecamatan Peranap, yakni Kelurahan Baturijal Hilir.

Komitmen Satu Data untuk Mewujudkan Aksi Nyata Penanganan Stunting

tim-percepatan-penangan-stunting-kecamatan-peranap
TPPS Kecamatan Peranap Lokus Kelurahan Baturijal Hilir

Salah satu pesan penting yang disampaikan oleh Camat Peranap yang saya catat pada Rapat Koordinasi Penanganan Stunting di Lokus Kelurahan Baturijal Hilir ini adalah tentang pentingnya satu data dalam aksi nyata penanganan stunting ini. Jadi, tidak ada perbedaan data antara pemerintahan kecamatan, UPTD Puskesmas Peranap, IBI dan pihak lain yang terlibat. “Kita semua harus satu data,” tekan Ketua Pelaksana Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kecamatan Peranap ini.

Selanjutnya rapat dilanjutkan dengan penjelasan teknis pelaksanaan aksi nyata penanganan stunting di lokus Kelurahan Baturijal Hilir oleh Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Peranap yang juga bertindak sebagai wakil ketua Tim Pelaksana PPS ini. Dalam acara rapat koordinasi Percepatan Penanganan Stunting Lokus Kelurahan Baturijal Hilir ini disepakati paling lambat pada hari senin (04/07/2022) sudah didapatkan data yang akurat berapa jumlah ibu hamil dan balita yang ada di Kelurahan Baturijal Hilir.

Saya sendiri tidak bisa mengikuti acara rapat koordinasi ini sampai akhir. Satu jam sebelum agenda rapat selesai saya pamit pada panitia meninggalkan lokasi acara, karena pada saat bersamaan ada agenda pertemuan PKH di desa lain. Bagaimana pun tentunya kita akan mendukung penuh kegiatan ini. Semoga, komitmen satu data untuk mewujudkan aksi nyata Percepatan Penanganan Stunting di Lokus Baturijal Hilir ini tercapai.

Referensi Gambar dan Data
1. TPPS Kecamatan Peranap

21 Comments

  1. Bagus sekali programnya mbak. Penanganan stunting memang harus dilakukan, demi terwujudnya SDM generasi mendatang yang sehat dan melewati masa tumbuh kembang yang ceria, bahagia dan cerdas. Sebagai warga negara yang baik, kita patut mendukung program ini.

    ReplyDelete
  2. Semoga komitmen satu data untuk mewujudkan aksi nyata Percepatan Penanganan Stunting di Lokus Baturijal Hilir bisa segera tercapai, ya, Mbak. Jadi gak ada lagi anak-anak yang mengalami stunting

    ReplyDelete
  3. Stunting itu memang PR bersama, ya. Kenyataannya kasus stunting itu enggak hanya dialami oleh desa tertinggal saja, beberapa kota besar juga memiliki angka stunting yang tinggi. Makanya semua lapisan masyarakat harus saling peduli spaya bisa memperbaiki kondisi.

    ReplyDelete
  4. Baru dengar beberapa waktu yang lalu tentang stunting. Ternyata stunting memang kondisi yang harus ditangani secepatnya agar dapat membaik dalam hal gizinya.

    ReplyDelete
  5. Kasus stunting di Kabupaten Indragiri Hulu berada di angka 23,6%, masih tinggi juga yah. Semoga aksi nyata aksi nyata Percepatan Penanganan Stunting bisa segera terwujud dan menurunkan persentase stunting di sana ya mba.

    ReplyDelete
  6. Bener banget 1000 hari pertama kehidupan yang paling rawan bagi anak untuk masa depan pertumbuhan dan perkembangannya.

    ReplyDelete
  7. Baca paragrap awal, saya lgsg mikir, Peranap ini di mana sih? Ooo rupanya di Inhu. Meski belum pernah ke Inhu, tapi saya familiar dengan nama Inhu.

    Semoga target menekan angka stunting di Inhu bisa tercapai. Stunting memang jadi salah satu fokus perhatian kita semua ya kan..

    ReplyDelete
  8. Stunting memang kudu diatasi dgn optimal.

    Keterlibatan semua pihak mutlak diperlukan

    Semangaatt utk semuaaa

    ReplyDelete
  9. Angka stunting di Indonesia masih tinggi ya banyak masyarakat belum aware pentingnya pemenuhan gizi anak agar tdk stunting

    ReplyDelete
  10. masalah stunting di Indonesia memang wajib ditangani oleh pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia karena dampaknya luarbiasa kalo gak ditangani dengan baik

    ReplyDelete
  11. Stunting perlu banget diantisipasi ya agar tidak banyak lagi anak-anak di Indonesia kena stunting. Edukasi terus agar semakin menekan angka stunting di Indonesia.

    ReplyDelete
  12. Sejatinya data itu cuma satu ya Mbak tidak berbeda-beda antara data satu instansi dan instansi lainnya. Sebab kalau ada perbedaan kasus stunting pun akan sulit tertangani. Jadi kelurahan ini bagus banget ya Mbak dengan satu data, masalah stunting pada bayi-bayi dan anak-anak yang terjadi di wilayah kelurahan akan tertangani dengan baik

    ReplyDelete
  13. Kalau datanya beda-beda emang akhirnya bisa membuat bingung mbak, akhirnya penangannya tidak optimal. Semoga target penurunang angka stunting di Lokus Baturijal Hilir bisa tercapai

    ReplyDelete
  14. Aamiin~
    semoga Percepatan Penanganan Stunting di Lokus Baturijal Hilir bisa tercapai sesuai harapan dan semakin banyak anak-anak tumbuh sehat dan cerdas.

    ReplyDelete
  15. Setuju nih mba stunting perlu bnget pedanganan yg serius aplg demi generasai seterusnya

    Penanganan Stunting di Lokus Kelurahan Baturijal Hiliri pentingnya satu data dalam aksi nyata.

    ReplyDelete
  16. Di daerahku, juga gencar penanganan kasus-kasus stunting dan mulai menyusun strategi yang tepat untuk mencegah kasus stunting makin besar. Salut, jika ada daerah yang memperhatikan kualitas penerus bangsa seperti ini.

    ReplyDelete
  17. Amiin 3x semoga kedepannya tidak ada lagi stunting di negeri kita tercinta. Bayi tumbuh sehat tidak kekurangan gizi karena mereka adalah generasi penerus bangsa (gusti yeni)

    ReplyDelete
  18. Stunting ini gak bisa dianggap sepele, perlu penanganan yang tepat, salah satu pemenuhan nutrisi Ibu di 1000 HPK.

    ReplyDelete
  19. Penanganan stunting memang harus diperluas ya agar masyarakat terbantu dalam tumbuh kembang anak. Kasihan anak anak stunting ini. Mereka butuh perhatian lebih.

    ReplyDelete
  20. Semoga dengan kerjasama berbagai pihak stunting ini dapat berkurang bahkan sudah hilang ya anak-anak tumbuh sehat dan cerdas di penjuru Indonesia tanpa kecuali

    ReplyDelete
  21. Semoga program pemerintah untuk menurunkan stunting bisa turun sesuai harapan ya. Semoga anak-anak Indonesia bisa sehat semuanya, aamiin.

    ReplyDelete

Tinggalkan Komen Ya!