Kehamilan Sehat – Sudah satu bulan ini saya rutin mengikuti webinar ‘Sarapan IIDB’ via zoom setiap pagi ja 06.30 WIB. Pagi ini tepatnya hari Kamis, 02 Juni 2022 Sarapan IIDB menghadirkan topik yang sangat pas dengan kondisi saya saat ini, yaitu ‘Hamil Harus Sehat’. Hadir sebagai pembicara tamu kali ini adalah Bapak Agus Jatmika Soegiarto dari PT Kehamilan Sehat Sejahtera. Yes, langsung semangat dong pagi-pagi beresin semua kerjaan rumah agar bisa duduk nyaman menyimak sambil sarapan pagi.

Tanda Kehamilan Sehat
Dok. Indscript - IIDB

Pengalaman Kehamilan Pertama di Usia Rentan

Sebelum ke webinar Sarapan IIDB saya ingin sedikit sharing tentang pengalaman kehamilan saya saat ini. Ini kehamilan pertama bagi saya di usia yang tidak direkomendasikan lagi untuk hamil. Ya, 38 tahun termasuk usia beresiko tinggi untuk hamil. Selama kehamilan disarankan untuk kontrol rutin ke tenaga kesehatan untuk memastikan kondisi kehamilan tetap sehat. Ada rasa khawatir akan banyak keluhan dan permasalahan selama kehamilan ini.

Sebagai Bumil baru, tentunya harus banyak belajar tentang hal-hal yang berkaitan dengan kehamilan. Selain dari bidan saya mendapatkan banyak informasi dan edukasi kehamilan secara online salah satunya dari situs kehamilansehat.com.

Dari informasi tersebut saya sedikit tenang karena ternyata tidak semua keluhan saat hamil itu menandakan bahwa kehamilan kita bermasalah lho! Beberapa keluhan yang sering dialami oleh Bumil justru merupakan tanda-tanda kehamilan sehat. Sebab, pada saat hamil tubuh ibu mengalami penyesuaian untuk kehidupan baru yang hadir dalam rahim ibu.

Beberapa keluhan yang sempat saya rasakan selama kehamilan ini antara lain:

Morning Sickness

Morning sickness gejalanya adalah mual dan muntah di pagi hari. Alhamdulillah di kehamilan pertama ini saya tidak terlalu merasakan keluhan ini. Ada rasa mual di awal-awal kehamilan tapi tidak sampai muntah apalagi sampai kehilangan nafsu makan.

Mual dan muntah merupakan indikasi meningkatnya hormon beta hCG (human chorionic gonadotrophin) atau hormon kehamilan dalam tubuh. Keberadaan hormon ini sangat diperlukan tubuh untuk menunjang kehamilan sehat. Dilansir dari situs kehamilansehat.com hormon beta hCG bersama hormon kehamilan lainnya (estrogen dan progesteron) bertugas memelihara janin yang tumbuh dan berkembang di dalam rahim.

So, kita tidak perlu terlalu khawatir ketika mengalami morning sickness. Nikmati saja itu bagian dari proses kehamilan yang normal. Hanya saja, klo mual dan muntah berlebihan apalagi sampai tidak mau makan, bumil perlu segera konsultasi ke bidan atau dokter kandungan terdekat untuk mendapatkan treatment yang tepat.

● Sering Buang Air Kecil

Secara anatomi organ tubuh, posisi kandung kemih berada di bawah rahim. Seiring usia kehamilan maka ukuran rahim ikut membesar dan otomatis menekan kandung kemih. Hal ini menyebabkan kemampuan kandung kemih menampung air seni semakin terbatas sehingga bumil lebih sering buang air kecil.

● Nyeri Pada Payudara

Payudara awalnya terasa lebih sensitif, membengkak dan terkadang nyeri. Keluhan ini juga dirasakan di trimester awal kehamilan. Ini merupakan efek dari adanya lonjakan hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Ini sangat normal dan akan hilang seiring kemampuan tubuh beradaptasi dengan hormon kehamilan. Alhamdulillah di trimester kedua ini saya sudah tidak merasakan lagi keluhan ini.

● Berat Badan Bertambah dan Tubuh Membengkak

So pastilah ya! Semakin hari berat badan terus bertambah dan perut semakin membuncit seiring dengan pertambahan usia kehamilan. Saya sendiri selama kehamilan ini rata-rata pertambahan berat badannya 1 - 2 Kg per bulan.

Bertambahnya BB bumil merupakan indikasi kehamilan sehat dan janin berkembang dengan baik. Sepertiga dari pertambahan berat badan ibu selama hamil berfungsi untuk menunjang perkembangan janin. Di sana juga tumbuh plasenta dan air ketuban yang penting untuk perkembangan janin.

● Kulit Perut Menghitam

Sempat kaget ketika di kulit perut muncul garis-garis dan flek hitam yang terus bertambah. Ini kenapa? Apa efek samping dari obat? Membaca artikel di kehamilansehat.com saya jadi tau, ternyata ini hal yang normal terjadi pada bumil. Flek ini muncul karena tingginya kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh bumil. Pada sebagian bumil flek hitam juga muncul di kulit wajah, alhamdulilah pada kasus saya cuma terjadi di kulit perut.

● Rasa penuh dan sesak

Memasuki trimester kedua ini muncul keluhan baru, yakni rasa penuh dan sesak. Hal ini terjadi karena rahim terus membesar seiring dengan perkembangan janin. Rahim yang membesar mendesak diafragma ke atas. Akibatnya kapasitas paru-paru lebih terbatas disebabkan adanya tekanan diafragma tadi. Inilah yang menyebabkan rasa penuh dan sesak pada bumil.

● Kontraksi perut akibat tendangan janin

Duh klo gejala ini sih ngak pernah dikeluhkan hehe... Memang kadang agak terkaget-kaget ada tendangan halus di perut, tapi setiap bumil pasti bahagia dan menanti-nantikan sensasi tendangan ini.

Pertama kali merasakan tendangan janin ini ketika kehamilan memasuki usia 20 minggu (5 bulan). Sekarang, hampir setiap kesempatan memastikan ada tendangan halus di perut. Ini menjadi tanda bahwa janin yang ada di dalam kandungan tumbuh sehat dan berkembang normal.

Pentingnya Pemeriksaan dan Edukasi Kehamilan Sehat

klinik kehamilan sehat
kehamilansehat.com

Namun tidak semua keluhan selama kehamilan itu sesuatu yang normal dan bisa diabaikan. Mencari solusi keluhan kehamilan melalui artikel atau konsultasi online saja ternyata belum cukup. Melalui webinar ‘Sarapan IIDB, Bapak Agus Jatmika Soegiarto mengingatkan tentang pentingnya edukasi kehamilan sehat yang benar dan tepat bagi Bumil. Beliau mengingatkan bahwa informasi seputar kehamilan dari Google belum tentu sesuai dengan kondisi Bumil bersangkutan.

“Setiap ibu hamil itu unik, keluhan dan permasalahan yang dialaminya juga unik. Sehingga, tidak semua permasalahan mereka tersebut bisa didapatkan solusinya dengan pas dari artikel Google,” ungkap beliau. Mengingat artikel kesehatan di internet membahas permasalahan kehamilan secara umum, sementara masing-masing Bumil punya keluhan dan kondisi fisik yang khas.

“Tetap diperlukan pemeriksaaan lebih lanjut tentang kondisi ibunya, kondisi janinnya melalui diagnosa USG, baru kemudian bisa diberikan solusi yang tepat. Jadi tidak bisa selesai hanya dengan konsultasi online saja.” Pesan Bapak Agus Jatmika Soegiarto.

Untuk itulah Klinik Kehamilan Sehat hadir melayani dan memberikan edukasi kehamilan bagi para Bumil. Oh ya di sini Saya ingin berbagi tentang informasi seputar Klinik Kehamilan Sehat yang dikelola oleh Bapak Agus Jatmika Soegiarto. Kehamilan Sehat (KS) adalah klinik kehamilan berkualitas rumah sakit dan mengutamakan proses persalinan normal sejak tahun 2016. Selama kurun waktu 5 tahun, KS sudah melayani lebih dari 200.000 pasien.
visi klinik kehamilan sehat
Sumber: kehamilansehat.com
 

KS tercatat sebagai klinik kehamilan dengan pelayanan terlengkap, meliputi layanan pemeriksaan kehamilan, persalinan, program hamil, layanan KB IUD, cek laboratorium hingga layanan farmasi. Klinik kehamilan hadir dengan tagline Pro-Normal | Hospital Grade Serivice | Your Safety is Our Goal, yang bermakna:

Pro-Normal : mengutamakan persalinan normal

Hospital Grade Service : pelayanan setara rumah sakit

Your Safety is Our Goal : keselamatan Anda adalah prioritas kami
Misi Klinik Kehamilan Sehat
Sumber: kehamilansehat.com

Keselamatan dan kenyamanan pasien menjadi prioritas utama KS dalam memberikan pelayanan. KS memiliki 3 keunggulan yang perlu untuk dipertimbangkan oleh Bumil untuk mempercayakan pemeriksaan kehamilan dan proses persalinan nantinya, yaitu:
  1. Harga kompetitif, kualitas pelayanan rumah sakit.
  2. Mengikuti standar perawatan setara rumah sakit
  3. Jujur dan transparan dalam memberikan informasi kepada pasien.
Sekarang, KS semakin mendekatkan layanannya ke Bumil di Indonesia khususnya pulau Jawa. Informasi dari Bapak Agus Jatmika, saat ini klinik Kehamilan Sehat sudah memiliki 15 cabang yang tersebar di kota-kota berikut, yaitu Jakarta Timur, Tangerang, Bekasi, Palembang, Bandung, dan Surabaya.

Nah, bagi Bumil yang berada di kota-kota tersebut silahkan langsung kunjungi kliniknya untuk konsultasi dan pemeriksaan kehamilan lebih lanjut. Untuk informasi alamat dan kontak lengkap bisa kunjungi website resmi mereka di kehamilansehat.com, IG: @kehamilansehat dan telpon: 0811-172-5959.

14 Comments

  1. Asyik ya ada Klinik Kehamilan sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sayang di sini belum ada

      Delete
    2. Kebetulan saya di Bandung. Ada satu cabang. Lumayan bisa dapat info nih buat yang mau hamil bisa datang di cabang Bandung.

      Delete
  2. Wah, pas banget dong, menulis artikel kehamilan sehat malah berdasarkan pengalaman sendiri. Penting banget ya perempuan mendapatkan edukasi tentang kehamilan sehat...

    ReplyDelete
  3. Akhirnya apa yang menjadi pertanyaan saya saat hamil sekarang terjawab sudah. Jadi ga selamanya apa yg dirasakan bumil itu jadi masalah Yaa. Makasih tulisannya mencerahkan lho kak

    ReplyDelete
  4. Wah, morning sickness ternyata salah satu tanda kehamilan sehat ya. Alhamdulillah 4x hamil semuanya morning sickness hehe ...

    Trims mbak untuk artikelnya. sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Klinik kehamilan sehat ini keren banget Ya Bunda, klinik tapi gak kalah sama RS. Rekomended bgt buat Bunda-bunda yang ingin dan sedang menjalani proses kehamilan.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih untuk infonya. Ternyata tidak selamanya yang kejadian yang tidak mengenakkan selama hamil itu merupakan masalah. Pemeriksaan ke dokter kandungan menjadi solusi jitu, agar dapat membuat ketidaknyamanan itu dapat dipantau dan dikonsultasikan untuk mencari solusi.

    ReplyDelete
  7. Pas hamil dulu, leher dan ketiak hitaaaam banget, sampai ke muka juga. Berat badan naik 20 kg, haduhhh penampilan jadi enggak banget. Tapi gakpapa demi anak wkwk

    ReplyDelete
  8. Dikira morning sickness itu karena enggak sehat. Berarti dinikmati saja yaaa, kalau hormonnya sudah stabil pasti bakalan sembuh. Makasih loh Mbak, buat informasinya ^-^

    ReplyDelete
  9. Setiap ibu hamil pernah mengalami keluhan-keluhan. Lebih baik konsultasi ke klinik. Alhamdulillah sekarang ada klinik kehamilan sehat. Ibu-ibu jadi teredukasi.

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah jadi tahu, ternyata 7 keluhan saat hamil itu, pertanda kehamilan sehat. Saya mengalami di semua kehamilan saya.
    Wah, tetap semangat ya, hamil di usia tak muda lagi, Bun.
    Saya juga hamil anak bungsu di usia 40 tahun lohh. Bisa normal, tapi perlu energi banget hee.

    ReplyDelete

Tinggalkan Komen Ya!