Skip to main content

Pemeriksaan USG Kehamilan Pertama

Pemeriksaan USG – Setelah menemukan tanda-tanda awal kehamilan dan melakukan tes kehamilan mandiri, saya dan suami memutuskan untuk USG (Ultrasonografi). Sempat maju mundur untuk USG, mengingat kondisi keuangan lagi kritis. Harus berpikir panjang untuk pengeluaran yang sedikit banyak untuk hal-hal yang tidak terlalu mendesak. Namun, keinginan untuk memastikan kondisi kehamilan dan tidak ingin melewatkan momen perkembangan calon bayi, kami pun pejam mata dengan kondisi keuangan yang kritis.
Pemeriksaan USG Kehamilan
made by canva

Awalnya kami memiliki beberapa pilihan tempat praktik bidan untuk melakukan USG. Setelah mempertimbangkan beberapa hal akhirnya kami mendatangi tempat Praktik Mandiri Bidan Mismuliati, SST. Ada beberapa pertimbangan mengapa kami memilih tempat ini. Pertama, jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi kontrakan, ini memudahkan kami untuk kontrol selanjutnya. Kedua, Bidan Mismuliati termasuk bidan senior yang pastinya memiliki pengalaman praktik yang lebih mumpuni. Ketiga, tersedia fasilitas USG.

Selasa (25/01/2022) tercatat sebagai tanggal pertama kami melakukan pemeriksaan USG kehamilan pertama. Sebelum dilakukan pemeriksaan, perawat jaga yang menyambut di ruang pendaftaran terlebih dahulu memeriksa kondisi kesehatan saya secara umum. Seperti pemeriksaan tensi, berat badan, dan juga ditanya tentang riwayat kehamilan sebelumnya.

Hasil Pemeriksaan USG, Kantung Kehamilan Belum Menempel di Dinding Rahim

Saya dipersilahkan memasuki ruang pemeriksaan di damping oleh suami. Di ruangan Bulik Mul –demikian Bidan Mismuliati biasa dipanggil oleh pasiennya—sudah menunggu dengan wajah ramah.

“Silahkan Neti,” beliau langsung mengenali identitas Saya dari data yang diserahkan oleh perawat jaga tadi.

“Masnya juga boleh dekat sini, tarik aja kursinya.” Lanjut beliau dengan ramah.

Dibantu seorang tenaga perawat, Bulik Mul mulai melakukan pemeriksaan.

“Kantung kehamilannya belum menempel di dinding rahim. Sekitar tiga minggu lagi normalnya kantung kehamilan ini akan menempel sempurna di dinding rahim. Saat ini baru berlangsung proses penebalan dinding rahim sebagai tempat menempelnya kantung kehamilan.” Bulik Mul menjelaskan hasil pemeriksaan yang terlihat di layar monitor.

“Selamat ya atas kehamilannya, jaga baik-baik kandungannya. Sekitar tiga atau empat minggu lagi ke sini, kita lihat perkembangannya.”

Konsultasi Kehamilan Awal Bersama Bidan Mismuliati

Selesai pemeriksaan Bulik Mul memberi waktu yang cukup leluasa bagi kami untuk konsultasi dan memberikan edukasi awal kehamilan. Beliau menjelaskan fase-fase kehamilan dari mulai fase pembuahan hingga fase akhir melalui gambar-gambar hasil USG setiap bulannya.

“Saat ini kehamilan Neti masih di fase penebalan dinding rahim ini,” Bulik Mul menunjuk gambar USG bulan pertama. “ini usia kehamilannya sekitar tiga atau empat minggu.”

“Sejauh ini ada keluhan?” tanya beliau.

“Sejauh ini belum ada keluhan Bulik,” jawab saya.

“Ya, itu karena memang masih di fase-fase awal kehamilan. Biasanya memasuki minggu kedelapan nanti mulai ada gejala yang lebih berat. Seperti mual, muntah, hilang selera makan, pusing dan lainnya. Gejala bisa berbeda-beda untuk masing-masing perempuan. Gejala itu tidak bisa dihilangkan dengan obat apapun, Cuma ada obat pengurang rasa mualnya saja. Tapi itu tidak apa-apa, itulah kodratnya perempuan,” jelas Bulik Mul menguatkan.

Bulik Mul menjawab pertanyaan-pertanyaan kami dengan baik dan memberikan wejangan panjang lebar tentang kehamilan ini. Beliau mengingatkan agar menghindari perjalanan jauh yang tidak penting, mengingat fase kehamilan trismester pertama ini masih sangat rentan. Kantung kehamilan belum menempel dengan kokoh ke dinding rahim, sehingga harus benar-benar di jaga.

Untuk makanan tidak ada pantangan apapun namun jangan berlebihan. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam folat seperti sayuran hijau, buah alpokat, susu dan telur. Selain itu, beliau juga mengingatkan agar istirahat yang cukup, hindari stress dan selalu happy. Karena ibu yang bahagia adalah kunci lahirnya anak yang sehat dan cerdas.

Senang sekali konsultasi dengan Bidan cantik ini. Pembawaannya yang supel, ramah dan menyenangkan. Disamping memberikan ilmu-ilmu seputar kehamilan, tak lupa beliau juga memberikan petuah dan nasehat layaknya orang tua pada anaknya.

"Tugas Bulik itu bikin kamu pinter, biar klo suatu saat hamil lagi, tidak ketemu bulik lagi kamu sudah punya bekal," pungkas beliau dengan dialek jawa yang kental. 

Selesai konsultasi, kami melakukan pembayaran di bagian kasir. Pemeriksaan USG kehamilan pertama kali ini kami merogoh kocek sebesar seratus lima puluh ribu, dengan rincian biaya USG seratus ribu, print hasil USG dua puluh ribu dan dua puluh butir tablet suplemen asam folat tiga puluh ribu. Menurut saya biaya ini cukup terjangkau bagi keluarga dengan ekonomi menengah ke bawah.

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Pertama Belanja Buku di Gramedia.com

[AFF POST] Belanja Buku – Jadi ceritanya saya sudah lama banget pengen punya buku orang-orang biasa karya Pak Cik Andrea Hirata. Sudah searching di google untuk cek harga dan mencari olshop yang menjual, amun belum menemukan yang sreg untuk membeli buku ini.  Beberapa kali mencoba nitip sama teman-teman yang kebetulan lagi di Pekanbaru. Maklum, tinggal di pelosok daerah yang sulit menemukan toko buk yang lengkap. Ada sih beberapa kedai buku, namun buku yang dicari tidak ditemukan. Buku-buku terbitan terbaru memang butuh waktu untuk sampai ke sini. Kalau pun ada terkadang itu adalah buku-buku bajakan. Duh, sedapat mungkin saya berusaha menghindari membeli buku bajakan.

Cara Menyisipkan Halaman Landscape Diantara Halaman Portrait pada Dokumen Word

Coba perhatikan layout halaman pada dokumen word! Pada umumnya layuot halaman word itu seragam dari awal sampai akhir kan? Jika di awal kita setting landscape maka layout halaman sampai akhir akan tetap landscape. Dan sebaliknya, jika kita setting portrait maka sampai akhir halaman word itu akan tetap dalam layout portrait.  Lalu, bagaimana jika kita ingin membuat dokumen dengan layout yang berbeda dalam satu file word? Misalnya nih, di halaman awal kita menulis dokumen dengan layout portrait. Namun ketika sampai di halaman berikutnya kita harus membuat dokumen dengan layout landscape, karena berisi tabel yang memanjang ke samping misalnya. Apakah bisa disusun dalam satu file yang sama? Ataukah kita harus membuat file khusus untuk halaman yang berlayout lanscape ini? Tentu saja bisa! Sahabat pembaca, setting default dokumen word memang seragam dari awal sampai akhir. Namun, jika kita ingin membuat dokumen dengan layout portrait dan landscape secara bergantian juga bisa. Baga

Nasehat Kematian

Infografis Kabar kematian datang silih berganti tanpa mengenal hari. Seperti subuh ini kami kembali disentakkan oleh berita kematian. Malaikat izroil bekerja tanpa lelah, menjemput satu demi satu hamba Allah yang sudah menuntaskan rezekinya di bumi. Akhir-akhir ini ada rasa yang berbeda setiap kali mendengar berita kematian. Ada setitik pilu yang tak bisa digambarkan dalam bait apapun. Mengingat sudah demikian banyak waktu dan rezeki hidup dinikmati. Entah butuh waktu berapa lama lagi untuk menuntaskannya. Kabar kematian seakan mengingatkan diri bahwa pada suatu titik nanti saya akan berapa pada posisi yang sama dengan keluarga si mayit. Berduka sebab ditinggal orang yang dicintai. Pada suatu titik yang lain bahkan saya juga akan berada pada posisi yang sama dengan si mayit. Ditangisi, dimandikan, dikafani dan dikuburkan dalam liang lahan yang sempit. Allah, getir sekali membayangkan semua itu. Adakah diri ini siap menghadapi hari di mana semua kenikmatan dunia diputus?