Tips Menulis – Bagi teman-teman pembaca setia aplikasi KBM tentunya tidak asing lagi dengan nama Majarani. Majarani adalah salah satu penulis produktif di platform KBM App. Tidak hanya produktif, cerita-ceritanya juga cukup diminati oleh pembaca. Beberapa Novelnya bahkan sudah diterbitkan dalam versi cetak.

Tip Menulis dari Majarani
Gambar dari Pixabay.com

Majarani termasuk top ten penulis dengan penghasilan tertinggi di aplikasi KBM App. Sebagaimana kita tau, penghasilan penulis di KBM App dihitung berdasarkan jumlah unlock dari bab-bab novel atau cerita yang kita tayangkan di aplikasi KBM tersebut. Semakin banyak yang meng unlock cerita kita, maka penghasilan yang kita dapatkan juga akan semakin tinggi. Ini membuktikan bahwa tulisan-tulisan Kak Majarani di KBM App sangat diminati dan selalu ditunggu-tunggu oleh pembaca.

Bertemu dengan penulis produktif tentunya sayang sekali jika tidak menyerap energi menulis dari mereka bukan? Minimal mendapatkan tip menulis ala mereka lah. Nah, kali ini Kak Majarani dalam kesempatan Bedah Buku ‘Gadis Tak Bernasab’ bersama KBM App berkesempatan membocorkan tip menulis produktif ala beliau.

Seperti apa tip menulis produktif ala Kak Majarani? Ada tiga Tip Menulis yang disampaikan ole Kak Majarani di ujung sesi diskusi bedah buku tersebut, yaitu:

1. Cintai Pekerjaan Menulis

Cinta itu adalah energi yang akan menggerakkan pemiliknya untuk terus konsisten. Ketika kita sudah mencintai dunia menulis, maka aktivitas menulis bukan lagi kewajiban melainkan kebutuhan. Kita akan selalu rindu dan membutuhkan aktivitas menulis. Merasa ada yang kurang ketika belum menulis dalam satu hari.

2. Mulai Latihan Menulis Minimal 500 Kata, Tingkatkan dan Konsisten

Ingin menjadi penulis, ya mulailah latihan menulis setiap hari. Mulai dari yang paling ringan dan mudah. Mulailah dengan menulis hal-hal yang dekat dengan diri kita, keseharian dan pengalaman hidup misalnya. Tulislah dari apa yang kita alami, rasakan dan ingin ungkapan. Itulah basic bahan tulisan yang paling mudah.

Mulai juga dari target yang paling ringan, misalnya 300 kata atau 500 kata per hari. Mulai dari yang paling ringan agar kita tidak gampang bosan dan menyerah. Berawal dari sana kemudian mulai tingkatkan sedikit demi sedikit setiap hari. Terus lakukan dengan konsisten, jangan berhenti!

3. Ikut Kelas Menulis

Selanjutnya, untuk menjaga semangat dan meningkatkan skill menulis tentunya tidak cukup hanya dengan latihan saja. Kita perlu belajar dari mereka yang lebih berilmu dan lebih berpengalaman. Jika ada kesempatan, waktu luang dan dana akan lebih baik jika kita up grade skill menulis dengan mengikuti kelas menulis.

Di kelas menulis tentunya kita akan mendapatkan insight lebih dari para mentor. Di kelas menulis kita tidak hanya mendapatkan motivasi, juga teori dan praktek menulis yang lebih terarah. Karya kita juga berkesempatan dibedah dan diberi masukan oleh mereka yang lebih ahli. Dengan demikian kita akan memiliki amunisi lebih untuk memperbaiki kualitas tulisan ke depannya.

Tidak banyak tip menulis yang diberikan oleh Kak Majarani pada kesempatan bedah buku ini. Cuma tiga poin ini saja yang disampaikan oleh beliau. Namun, jika tiga poin ini benar-benar kita terapkan dengan konsisten, saya yakin ini sudah lebih dari cukup. Tidak ada yang lebih menggerakkan selain energy cinta, tidak ada yang bisa membuat kita bertahan menjalani sebuah proses selain konsisten dan tidak ada yang bisa membantu kita untuk lebih baik selain belajar dari ahlinya.

So, sekarang lupakan semua tip menulis dan mulailah menulis! Percayalah hanya aktivitas menulis yang akan menjadikan teman-teman penulis. Bukan yang lain!

0 Comments