Musrenbang RKPD Kecamatan Peranap – Jum’at (28/01/2022) berkesempatan menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tingkat kecamatan peranap di aula kantor camat Peranap. Lebih kurang pukul 09.05 WIB saya sampai di lokasi acara, peserta sudah mulai berdatangan. Saya diarahkan oleh panitia untuk menempati barisan kursi sebelah kiri yang dikhususkan untuk peserta perempuan.

Musrenbang RKPD Kecamatan Peranap Tahun 2022
made by canva
Setelah menunggu beberapa waktu, camat Peranap beserta rombongan Wakil Bupati Inhu memasuki ruangan. Sebagaimana yang direncanakan acara Musrenbang RKPD tingkat kecamatan Peranap ini akan dibuka secara resmi oleh Wabub Inhu Drs. H. Junaidi Rachmat, M. Si.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian sambutan dari Camat Peranap. Dalam kesempatan ini Camat Peranap, Yusri Erdi, S.Sos menyampaikan bahwa ada total 116 usulan dari usulan desa se kecamatan peranap tahun ini. Selain itu Camat Peranap juga menyampaikan beberapa usulan prioritas kecamatan Peranap pada kesempatan itu, diantaranya yaitu:

Prioritas pertama adalah pembangunan gedung kantor camat Peranap 2 lantai. Mantan Camat Batang Peranap ini menyampaikan bahwa pembangunan gedung Kantor Camat ini selalu masuk dalam usulan prioritas kecamatan peranap setiap tahunnya, namun sampai saat ini belum terealisasi. Camat Peranap sangat berharap usulan prioritas pertama kecamatan Peranap ini bisa disetujui. Mengingat, kondisi bangunan gedung kantor camat peranap saat ini sudah sangat memprihatinkan. Ditambahkan lagi menurut beliau gedung Kantor Camat Peranap merupakan marwah kecamatan ini dan sangat penting keberadaannya.

Prioritas kedua adalah perbaikan lantai pasar peranap. Ini sangat penting untuk menunjang kenyamanan masyarakat dalam bertransaksi ekonomi di sana. Lantai pasar saat ini sudah tidak memadai dan sangat mendesak untuk direnovasi.

Prioritas ketiga adalah perbaikan jalan lingkar simpang tugu ke arah pasar. Mengingat jalan ini merupakan jalan akses ekonomi masyarakat menuju pasar peranap dan pusat layanan masyarakat seperti puskesmas dan beberapa fasilitas pendidikan di sana. Akses jalan yang bagus dan nyaman tentunya sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Ini adalah tiga usulan prioritas kecamatan Peranap yang sempat saya catat. Tentunya masih banyak usulan-usulan lain yang juga menjadi prioritas. Camat Peranap menutup sambutannya dengan sebuah harapan bahwa usulan-usulan prioritas Kecamatan Peranap ini bisa disetujui dan terealisasi pada tahun 2023.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian arahan dari Wakil Bupati Indragiri Hulu dan pembukaan acara secara resmi. Dalam arahannyaWabup Inhu Bapak Junaidi Rachmat menyampaikan bahwa Musrenbang RKPD tingkat kecamatan merupakan salah satu media yang disediakan agar semua stakeholder bisa berpartisifasi dalam perencanaan pembangunan daerah. Lebih lanjut Bapak Wabup Junaidi Rachmat menyampaikan bahwa tema musrenbang tahun ini adalah ‘Peningkatan Sumber Daya Manusia yang Unggul Guna Mendukung Pemulihan Ekonomi.’

Maka berdasarkan tema tersebut Wabup Inhu menegaskan bahwa ada 4 (empat) prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2023, diantaranya yaitu penguatan SDM yang unggul, pemulihan ekonomi daerah, pengembangan destinasi wisata dan peningkatan pembangunan infrastruktur.

Selesai menyampaikan arahan dari Bupati, Wabub Inhu membuka acara Musrenbang RKPD Kecamatan Peranap secara resmi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan forum diskusi yang dipimpin langsung oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bobby Mauliantino. Ikut hadir dan memberikan pandangan dan usulannya pada kesempatan ini Ketua Komisi II DPRD Inhu Dodi Irawan. Dodi Irawan banyak menyinggung tentang kondisi Jalan Napal dan Jalan Elak Dwi Marta yang membutuhkan perhatian khusus dalam rencana pembangunan fisik ke depannya.

Forum diskusi berjalan cukup hangat dan interaktif. Peserta antusias menyampaikan pertanyaan dan usulan terkait rencana pembangunan daerah ke depannya. Beberapa peserta yang maju menyampaikan usulan dan pertanyaan diantara Kades Serai Wangi, Ketua Pemuda Kelurahan Peranap, BPD Desa Pauh Ranap, Ketua Forum Anak Kecamatan Peranap dan Ketua TP PKK Desa Gumanti.

Sekitar Pukul 11.30 WIB forum diskusi ditutup sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan. Acara musrenbang RKPD Kecamatan Peranap tahun 2022 untuk perencanaan 2023 melalui usulan desa ini kemudian ditutup secara resmi oleh Camat Peranap. Sebelum menutup acara Camat Peranap kembali menekankan harapannya agar semua pihak mengawal usulan prioritas Kecamatan Peranap agar bisa disetujui menjadi program pembangunan pada tahun 2023.

0 Comments