Skip to main content

Menghadiri Musrenbang RKPD Kecamatan Peranap Tahun 2022

Musrenbang RKPD Kecamatan Peranap – Jum’at (28/01/2022) berkesempatan menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tingkat kecamatan peranap di aula kantor camat Peranap. Lebih kurang pukul 09.05 WIB saya sampai di lokasi acara, peserta sudah mulai berdatangan. Saya diarahkan oleh panitia untuk menempati barisan kursi sebelah kiri yang dikhususkan untuk peserta perempuan.

Musrenbang RKPD Kecamatan Peranap Tahun 2022
made by canva
Setelah menunggu beberapa waktu, camat Peranap beserta rombongan Wakil Bupati Inhu memasuki ruangan. Sebagaimana yang direncanakan acara Musrenbang RKPD tingkat kecamatan Peranap ini akan dibuka secara resmi oleh Wabub Inhu Drs. H. Junaidi Rachmat, M. Si.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian sambutan dari Camat Peranap. Dalam kesempatan ini Camat Peranap, Yusri Erdi, S.Sos menyampaikan bahwa ada total 116 usulan dari usulan desa se kecamatan peranap tahun ini. Selain itu Camat Peranap juga menyampaikan beberapa usulan prioritas kecamatan Peranap pada kesempatan itu, diantaranya yaitu:

Prioritas pertama adalah pembangunan gedung kantor camat Peranap 2 lantai. Mantan Camat Batang Peranap ini menyampaikan bahwa pembangunan gedung Kantor Camat ini selalu masuk dalam usulan prioritas kecamatan peranap setiap tahunnya, namun sampai saat ini belum terealisasi. Camat Peranap sangat berharap usulan prioritas pertama kecamatan Peranap ini bisa disetujui. Mengingat, kondisi bangunan gedung kantor camat peranap saat ini sudah sangat memprihatinkan. Ditambahkan lagi menurut beliau gedung Kantor Camat Peranap merupakan marwah kecamatan ini dan sangat penting keberadaannya.

Prioritas kedua adalah perbaikan lantai pasar peranap. Ini sangat penting untuk menunjang kenyamanan masyarakat dalam bertransaksi ekonomi di sana. Lantai pasar saat ini sudah tidak memadai dan sangat mendesak untuk direnovasi.

Prioritas ketiga adalah perbaikan jalan lingkar simpang tugu ke arah pasar. Mengingat jalan ini merupakan jalan akses ekonomi masyarakat menuju pasar peranap dan pusat layanan masyarakat seperti puskesmas dan beberapa fasilitas pendidikan di sana. Akses jalan yang bagus dan nyaman tentunya sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Ini adalah tiga usulan prioritas kecamatan Peranap yang sempat saya catat. Tentunya masih banyak usulan-usulan lain yang juga menjadi prioritas. Camat Peranap menutup sambutannya dengan sebuah harapan bahwa usulan-usulan prioritas Kecamatan Peranap ini bisa disetujui dan terealisasi pada tahun 2023.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian arahan dari Wakil Bupati Indragiri Hulu dan pembukaan acara secara resmi. Dalam arahannyaWabup Inhu Bapak Junaidi Rachmat menyampaikan bahwa Musrenbang RKPD tingkat kecamatan merupakan salah satu media yang disediakan agar semua stakeholder bisa berpartisifasi dalam perencanaan pembangunan daerah. Lebih lanjut Bapak Wabup Junaidi Rachmat menyampaikan bahwa tema musrenbang tahun ini adalah ‘Peningkatan Sumber Daya Manusia yang Unggul Guna Mendukung Pemulihan Ekonomi.’

Maka berdasarkan tema tersebut Wabup Inhu menegaskan bahwa ada 4 (empat) prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2023, diantaranya yaitu penguatan SDM yang unggul, pemulihan ekonomi daerah, pengembangan destinasi wisata dan peningkatan pembangunan infrastruktur.

Selesai menyampaikan arahan dari Bupati, Wabub Inhu membuka acara Musrenbang RKPD Kecamatan Peranap secara resmi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan forum diskusi yang dipimpin langsung oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bobby Mauliantino. Ikut hadir dan memberikan pandangan dan usulannya pada kesempatan ini Ketua Komisi II DPRD Inhu Dodi Irawan. Dodi Irawan banyak menyinggung tentang kondisi Jalan Napal dan Jalan Elak Dwi Marta yang membutuhkan perhatian khusus dalam rencana pembangunan fisik ke depannya.

Forum diskusi berjalan cukup hangat dan interaktif. Peserta antusias menyampaikan pertanyaan dan usulan terkait rencana pembangunan daerah ke depannya. Beberapa peserta yang maju menyampaikan usulan dan pertanyaan diantara Kades Serai Wangi, Ketua Pemuda Kelurahan Peranap, BPD Desa Pauh Ranap, Ketua Forum Anak Kecamatan Peranap dan Ketua TP PKK Desa Gumanti.

Sekitar Pukul 11.30 WIB forum diskusi ditutup sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan. Acara musrenbang RKPD Kecamatan Peranap tahun 2022 untuk perencanaan 2023 melalui usulan desa ini kemudian ditutup secara resmi oleh Camat Peranap. Sebelum menutup acara Camat Peranap kembali menekankan harapannya agar semua pihak mengawal usulan prioritas Kecamatan Peranap agar bisa disetujui menjadi program pembangunan pada tahun 2023.

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Pertama Belanja Buku di Gramedia.com

[AFF POST] Belanja Buku – Jadi ceritanya saya sudah lama banget pengen punya buku orang-orang biasa karya Pak Cik Andrea Hirata. Sudah searching di google untuk cek harga dan mencari olshop yang menjual, amun belum menemukan yang sreg untuk membeli buku ini.  Beberapa kali mencoba nitip sama teman-teman yang kebetulan lagi di Pekanbaru. Maklum, tinggal di pelosok daerah yang sulit menemukan toko buk yang lengkap. Ada sih beberapa kedai buku, namun buku yang dicari tidak ditemukan. Buku-buku terbitan terbaru memang butuh waktu untuk sampai ke sini. Kalau pun ada terkadang itu adalah buku-buku bajakan. Duh, sedapat mungkin saya berusaha menghindari membeli buku bajakan.

Cara Menyisipkan Halaman Landscape Diantara Halaman Portrait pada Dokumen Word

Coba perhatikan layout halaman pada dokumen word! Pada umumnya layuot halaman word itu seragam dari awal sampai akhir kan? Jika di awal kita setting landscape maka layout halaman sampai akhir akan tetap landscape. Dan sebaliknya, jika kita setting portrait maka sampai akhir halaman word itu akan tetap dalam layout portrait.  Lalu, bagaimana jika kita ingin membuat dokumen dengan layout yang berbeda dalam satu file word? Misalnya nih, di halaman awal kita menulis dokumen dengan layout portrait. Namun ketika sampai di halaman berikutnya kita harus membuat dokumen dengan layout landscape, karena berisi tabel yang memanjang ke samping misalnya. Apakah bisa disusun dalam satu file yang sama? Ataukah kita harus membuat file khusus untuk halaman yang berlayout lanscape ini? Tentu saja bisa! Sahabat pembaca, setting default dokumen word memang seragam dari awal sampai akhir. Namun, jika kita ingin membuat dokumen dengan layout portrait dan landscape secara bergantian juga bisa. Baga

Nasehat Kematian

Infografis Kabar kematian datang silih berganti tanpa mengenal hari. Seperti subuh ini kami kembali disentakkan oleh berita kematian. Malaikat izroil bekerja tanpa lelah, menjemput satu demi satu hamba Allah yang sudah menuntaskan rezekinya di bumi. Akhir-akhir ini ada rasa yang berbeda setiap kali mendengar berita kematian. Ada setitik pilu yang tak bisa digambarkan dalam bait apapun. Mengingat sudah demikian banyak waktu dan rezeki hidup dinikmati. Entah butuh waktu berapa lama lagi untuk menuntaskannya. Kabar kematian seakan mengingatkan diri bahwa pada suatu titik nanti saya akan berapa pada posisi yang sama dengan keluarga si mayit. Berduka sebab ditinggal orang yang dicintai. Pada suatu titik yang lain bahkan saya juga akan berada pada posisi yang sama dengan si mayit. Ditangisi, dimandikan, dikafani dan dikuburkan dalam liang lahan yang sempit. Allah, getir sekali membayangkan semua itu. Adakah diri ini siap menghadapi hari di mana semua kenikmatan dunia diputus?