Friday, September 3, 2021

, ,

Harapanku di Bulan September


Aii...sudah ganti bulan saja. Baru kemaren rasanya kita merayakan 17an dengan berbagai seremonial masa pandemi. Sekarang harus berganti ke bulan yang baru.

Bulan baru artinya harus siap dengan rencana-rencana baru dan target-target yang baru. Yang lalu, cukup lihat sekilas untuk evaluasi diri.

Okey, sekarang kaki sudah menapaki tangga pertama bulan september. Bulan yang sering disandingkan dengan kata ‘ceria’. Sebuah harapan yang pastinya kita selipkan untuk bulan ini. September harus ceria, september harus bahagia.

Bicara tentang harapan, tentunya setiap kita menyelipkan harapan pada setiap hari yang akan di lewati. Di bulan september ini saya juga menyelipkan banyak harapan akan hari-hari yang lebih baik dari sebelumnya.

Rutin Bangun Lebih Awal

Bangun lebih awal dan bekerja lebih dulu. Ini sebuah tekad yang sedang saya jalani saat ini. Saya menargetkan waktu jam 02.00 dini hari sudah bangun, mandi, sholat tahajud dan dilanjutkan dengan menulis. Saya ingin menjadikan waktu dini hari hingga subuh sebagai waktu khusus untuk menulis.

Setelah subuh adalah waktu untuk masak, mencuci, beres-beres rumah dan urusan rumah tangga lainnya hinga jam 08.00 pagi.

Jam 08.00 pagi hingga sore adalah waktu untuk kerjaan di PKH dan ngajar ngaji. Sementara malam waktu khusus untuk keluarga, terkecuali jika ada jadwal webinar atau acara lainnya.


Menulis Setiap Hari

Harapan terbesar pada diri sendiri mulai september ini adalah kembali rutin menulis. Saya sangat mencintai pekerjaan ini. Saya berharap menulis bisa menjadi salah satu jalan rezeki halal bagi saya ke depannya.

Baca Juga: 14 Tahun Indscript Creative Bertumbuh Memberdayakan Perempuan Indonesia

Saya pun bertekad menjadikan dini hari sebagai waktu wajib untuk menyelesaikan tulisan. Di samping waktu luang lain yang bisa saya manfaatkan untuk menulis. Terlebih sekarang ada aplikasi word di smartphone yang semakin memudahkan saya untuk menulis kapan saja dan dimana saja.

Memiliki List Journal Setiap Hari

Terkadang suka kupa apa yang harus dilakukan sesudah ini. Padahal masih banyak hal-hal yang belum dikerjakan. Disebabkan tidak ada to do list yang tertulis, hal-hal penting tersebut tidak dikerjakan. Malah mengerjakan hal lain yang tidak penting. Lebib parah lagi malah waktu habis untuk buka sosmed.

Nah September ini saya berharap memiliki list journal setiap hari. Yakni journal yang berisi to do list pekerjaan setiap harinya

Harapannya, dengan list journal ini hari-hari saya lebih tertata, pekerjaan tertunaikan dengan baik dan waktu tidak yerbuang sia-sia. Semoga, mohon doanya yaa....

Menuntaskan Rencana Membuat Box Garden

Nah ini dia, saya dan suami punya rencana menghijaukan halaman samping rumah. Caranya dengan membuat beberapa box garden.

Box-box garden tersebut rencananya akan ditanami dengan berbagai jenis tanaman sayur, bumbu dapur dan tanaman obat.

Baca Juga: Menerapkan Gaya Hidup Bebas Sampah Makanan

Saat ini 3 box garden sudah selesai dibuat. Tinggal tahap pengisian media tanam dan penanaman benih.

Kendalanya, sekeliling rumah banyak ternak ayam yang suka oker-oker media tanam. Jadi rencananya, mau dipagari dengan jaring dulu sebelum diisi media tanam.

Tugas-tugas di PKH Tuntas dengan Baik dan Tepat Waktu

Ini sudah pasti harapan setiap waktu. Tugas-tugas di PKH harus bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Untuk tujuan ini maka saya perlu membuat rencana kerja, merapikan semua file, membuat to do list tiap hari dan melakukan evaluasi setiap bulan.

Inilah lima harapan di bulan September. Bukan harapan yang terlalu muluk. Harapan kecil menuju terwujudnya mimpi-mimpi besar yang terus dipupuk.

 

7 comments:

  1. Mba makasih ya udah ngingetin saya punya list jurnal. Biasanya apa apa suka saya catet di hape. Tapi tetep aja lupa. Jadi kayaknya saya butuh nulis di list jurnal. Kalau bisa ditempel di kamar mau ngapain aja. Biar inget gitu. Oh ya, semangat ya mba buat nulisnya. InsyAllah bisa kok berpenghasilan dari nulis. Banyakin pertemanan dan grup grup blogger atau kepenulisan. Soalnya suka info job dari mereka

    ReplyDelete
  2. Saya tuh juga punya cita-cita bisa nulis di waktu dini hari, saat sebelum subuh. Tapi ternyata gak bisa, soalnya selama pandemi, orang-orang di rumah jadi biasa tidur larut. Akhirnya saya ikutan tidur larut, alhasil gak bisa nulis sebelum tahajud, deh!

    Saya juga ingin instal aplikasi word di smartphone, supaya bisa nulis setiap saat tanpa harus buka laptop, ya...

    Semoga semua harapan di Bulan September bisa terwujud ya, Mbak. Kita bisa lebih baik lagi dari bulan-bulan sebelumnya.

    ReplyDelete
  3. Semoga semua rencananya dapat tercapai dengan baik jangan lupa untuk mengevaluasi tiap rencana yang udah dicapai.

    Saya juga selalu ada rencana jangka pendek dan jangka panjang meski tidak semua tercapai sesuai yang saya harapkan. Tapi setidaknya kita sudah berusaha mewujudkannya sebaik mungkin.

    ReplyDelete
  4. semoga harapan-harapan mbak Neti bisa terwujud. 5 to do list nya bisa diselesaikan dan istiqomah dijalankan. Aamiin...

    ReplyDelete
  5. Saya penasaran dengan box gardennya Mbak..lain kali tuliskan cara membuatnya Mbak
    Ohya semoga harapan di Bulan September tercapai ya. Aamiin

    ReplyDelete
  6. Bentar lagi udah akhir tahun ya mba. Emang waktu serasa berlari cepet sekali. Akupun ngerasa gitu. Bulan ini mendadak pengen punya diary lagi. Mau nulis-nulis dan corat coret biar ada kegiatan ehehehe

    ReplyDelete
  7. Inspiratif banget dengan kelima harapan mbak Neti. Dewi paling penasaran dengan 3 box garden, mau dong nanti lihat updatenya dan disertai fotonya ya mbaak...

    ReplyDelete

Tinggalkan Komen Ya!