Tuesday, June 2, 2020

, , , , , ,

Mengenal Tanaman dan Khasiat Binahong yang Jarang Diketahui

Khasiat Binahong – Kaget sekaligus gembira ketika menemukan bibit-bibit binahong bermunculan dalam pot tanaman jeruk di halaman rumah. Awalnya sempat berpikir akan kehilangan tanaman satu ini. Sebab, satu-satunya pokok tanaman binahong yang tumbuh di halaman ditebang habis dan dibuang oleh ibu. Padahal saya belum sempat menyemai benihnya satu pun. Saya tidak tau di mana lagi bisa mendapatkan benih tanaman binahong ini.

Binahong
Gambar 1. Bibit Tanaman Binahong

Alhamdulillah, ternyata biji tanaman yang berguguran di sekitar bekas pokoknya beberapa waktu kemudian berkecambah menjadi bibit binahong yang tumbuh dengan subur. Awalnya berdaun dua, kemudian tumbuh menjadi anakan binahong yang subur.

Baca Juga: Cara Mencegah Ular Masuk Rumah

Tak mau kehilangan lagi saya kemudian langsung memindahkan satu demi satu bibit binahong tersebut ke polibag khusus.

“Tanaman apa itu?”

“Apa khasiatnya?”

Banyak pertanyaan senada yang masuk ke wa ketika Saya posting foto dan video tanaman ini di Wa Story. Ternyata banyak juga yang belum mengenal tanaman herbal penting yang cukup populer di kalangan para tabib dan ahli pengobatan tradisional Cina. Nah, postingan kali ini sengaja dibuat khusus untuk menjawab pertanyaan teman-teman tentang tanaman dan khasiat binahong. Mau tau lebih lanjut, yuk simak!

Mengenal Tanaman Binahong

Tanaman Binahong, Khasiat Binahong
Gambar 2. Tanaman Binahong Dewasa
Di Indonesia tanaman ini memang belum dikenal luas oleh masyarakat. Binahong diketahui berasal dari Amerika Selatan. Populer digunakan sebagai tanaman obat yang penting dalam pengobatan tradisonal Cina. Di kalangan tabib dan ahli pengobatan herbal tanaman ini dikenal dengan sebutan Dheng Shan Chi.

Memiliki nama latin Anredera Cordifolia, tumbuh merambat dan sering dimanfaatkan untuk mempercantik pagar. Warna daunnya yang cerah dan mulus membuat tampilan tanaman ini eksotik.

Baca Juga: Ular Masuk Rumah Bertanda Apa?

Tanaman binahong cukup mudah dikenali dari ciri-ciri morfologinya. Tanaman tersusun atas daun tunggal berbentuk jantung, berwarna hijau dan bertangkai pendek. Daun tersusun berselang seling pada batang yang merambat. Helaian daun relatif tipis dengan ujung meruncing dan pangkal berlekuk.

Tanaman binahong berbatang lunak, saling membelit dengan permukaan batang yang halus. Dari banyak literatur dan foto tanaman di internet diketahui permukaan batang tanaman ini berwarna kemerahan. Namun pada tanaman fase bibit yang ada di halaman, permukaan batang tanaman tampak masih hijau muda. Tanaman menghasilkan bunga majemuk, bertangkai panjang dan mahkota bunga berwarna krem putih yang masing-masing mahkota berjumlah lima helai. Bunga majemuk muncul di ketiak daun dan mengeluarkan aroma yang harum.

Akar binahong berupa rimpang yang lunak. Selain berfungsi untuk menyerap nutrisi dari tanah, akar rimpang ini juga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan. Ya, tanaman binahong bisa diperbanyak secara vegetatif dengan stek akarnya dan secara generatif dengan biji. Binahong termasuk jenis tanaman yang gampang tumbuh di mana saja. Di Indonesia tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman pagar. Batangnya yang menjalar dan saling melilit pada rambatan menambah indah pada pagar yang dirambatnya.

Ragam Khasiat Binahong Bagi Kesehatan

 “Apa khasiatnya?”

“Buat apa?”

Pertanyaan-pertanyaan senada sering saya terima setiap kali memamerkan tanaman ini ke teman-teman. Hmm...sepertinya khasiat binahong masih terlalu asing bagi masyarakat kita. Nah, dari pada capek jawab satu-satu saya coba jelasin melalui postingan ini. Jadi, klo nanti ada yang nanya lagi tinggal kasih link postingan ini hehe...

Pada dasarnya hampir semua bagian tanaman (akar, batang, daun, bunga dan biji) ini bisa digunakan. Namun, dari semua bagian tanaman tersebut, bagian daun lebih sering dan mujarab digunakan sebagai obat. Baik sebagai obat luar maupun dalam.

Sebagai obat luar, binahong sering digunakan untuk mengatasi luka luar seperti luka memar, luka tertusuk, menyembuhkan luka bakar hingga jerawat. Cara menggunakannya sangat mudah dan sederhana sekali; beberapa lembar daun binahong segar yang sudah dibersihkan ditumbuk hingga halus. Tumbukan daun binahong yang sudah halus kemudian dioleskan pada bagian kulit yang memar atau luka. Lakukan berulang hingga kondisi luka mengering dan sembuh.

Tidak hanya obat luar, daun binahong juga berkhasiat sebagai obat dalam. Sebagai obat dalam daun binahong berkhasiat mengobati berbagai penyakit dari ringan hingga berat. Kandungan antioksidan dan berbagai senyawa penting lainnya membuat daun tanaman ini berkhasiat mengatasi berbagai penyakit degeneratif seperti maag, radang usus, ambeien, rematik, pembekuan darah, asam urat, stroke hingga diabetes militus.

Prof. Dr. Elin Yulinah Sukandar, Apt., dari Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung menyimpulkan bahwa binahong berpotensi mengatasi penyakit diabetes militus dan menurunkan kolesterol darah. Sementara Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo, Msi. Apt., dari Pusat Studi Obat Alam Universitas Indonesia menduga bahwa kandungan triterpenoid saponin dalam binahong berperan dalam menurunkan kadar gula darah dan kolesterol (Utami, P dan Puspaningtyas, D.E, 2013).

Dan masih banyak lagi khasiat binahong, baik yang sudah dibuktikan melalui penelitian maupun yang diyakini oleh masyarakat secara turun temurun. Seperti meningkatkan stamina, mengatasi batuk atau muntah darah, mengatasi sesak nafas, radang ginjal dan lain sebagainya.

“Bagaimana cara memanfaatkannya?”

“Bagaimana cara membuat ramuannya?”

“Bagaimana cara menggunakannya?”

Nah, pertanyaan-pertanyaan senada lah yang selanjutnya muncul setelah orang-orang mengetahui khasiat binahong. Jangan khawatir, cara membuat ramuan dari daun binahong untuk obat dalam sangat mudah kok. Yakni dengan merebus lembaran daun binahong yang sudah bersih dengan air dan kemudian air rebusannya diminum sebagai obat.

Untuk jelasnya, berikut adalah contoh membuat ramuan untuk mengatasi maag:

10 lembar daun binahong yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong, kemudian direbus dalam 1 gelas air hingga mendidih. Kemudian angkat, dinginkan dan saring ramuannya. Minum air ramuan tersebut secara rutin tiga kali sehari. Cara yang hampir sama juga bisa dilakukan untuk membuat ramuan untuk mengobati penyakit lainnya. Yang dibedakan hanya jumlah lembran daun yang digunakan untuk membuat ramuan obat. Nah berikut adalah panduan jumlah lembaran daun yang digunakan untuk membuat ramuan obat, yaitu:

  • Obat batuk atau muntah darah; 10 lembar daun dan diminum setiap hari.
  • Menjaga stamina tubuh; 9 lembar daun dan diminum dua kali sehari.
  • Kencing manis; 11 lembar daun dan diminum setiap hari
  • Sesak nafas; 7 lembar daun dan diminum setiap hari.
  • Ambeien berdarah, 16 lembar daun dan diminum setiap hari
  • Jerawat; 8 lembar daun dan diminum setiap hari
  • Menyembuhkan luka operasi; 20 lembar daun dan diminum setiap hari.

Yap, demikian beberapa khasiat dan cara membuat ramuan dari daun binahong. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran teman-teman tentang tanaman binahong. Bagi Sahabat Pembaca yang punya informasi lain tentang tanaman binahong feel free berbagi di komen!

Keterangan Sumber Gambar:

1. Koleksi Pribadi

2. https://commons.wikimedia.org/

21 comments:

  1. Wah, aku baru ngeh ternyata binahong ini berasal dari Amerika Selatan ya mbak? Khasiatnya banyak juga. Bisa nyembuhin jerawat nih yeyeye solusi banget :D Diabetes dan batuk aja bisa sembuh mengonsumsi daun ini. Kudu nanem ah di pekarangan rumah.

    ReplyDelete
  2. Konon tanaman binahong ini bisa digunakan utk yg kena stroke dan sakit jantungbdengan jln metebus dan airnya diminum. Pertumbuhannya sangat mudah banget wlp dibasmi madih bisa bersemi di sisa tanah di.mana binahong tumbuh. Driver kenalan bunda sakit maag, dia mengunyah secara teratur daun binahong dlm jumlah ganjil paling sedikit 3lbr dan paling banyak 5 lbr 2x sehari. Alhamdulillah setelah 6 bulan penyakit maagnya tdk pernah kambuh, sekalipun makan yg pedas2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bunda, sudah dipotong sampe akar pun masih bisa tumbuh selagi masih ada bagian tanaman itu di tanah or media tanam.

      Delete
  3. Wah khasiatnya banyak ya Mbak, aku lagi pengen manfaatin lahanku di rumah nih dengan tananan sayuran dan obat..insya Allah mau beli bibitnya ah biar coba tanam ini juga..di rumah ibu pohon daun salam ditebang huhu sedihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuk mbak nanem, gampang kok tumbuhnya dan ngak perlu perawatan khusus.

      Delete
  4. Untuk aku yang lagi mulai main tanaman ini jadi pengetahuan juga nih, aku aja masih gak hapal nama dan jenis tanaman. Tapi ini ada dijual di tukang tanaman gitukan ya? Jadi pengen nyoba beli untuk di rumah.

    ReplyDelete
  5. banyak banget ya ternyata manfaatnya, adekkku sampai nyari2 banget tanaman binahong buat di tanem di rumahnya. kmrn sempet main trus dia tunjukin klo udah dapet dan udah tumbuh bagus...pantesan manfaatnya banyak bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak byk banget manfaatnya, tumbuhnya pun gampang

      Delete
  6. Ibu sy punya nih tanaman ini katanya memang banyak khasiatnya ..jadi pengen nanam

    ReplyDelete
  7. Fiks, aku juga baru tau ada tanaman dengan nama 'Binahong,' dan memiliki khasiat sebagai pengobatan. Oengen deh, bisa punya tanaman2 yang memiliki khasiat, tapi aku enggak jago memeliharanya, yang udah2, pada mati karena kurang telatel

    ReplyDelete
  8. Bapak sama ibuku pernah minum binahong buat obat juga. Ku kira ini herbalasli Indonesia, ternyata asalnya dari Amerika ya?

    ReplyDelete
  9. Dulu punya tanaman ini. Rimbuuuun bgt. Tapi karena tidak termanfaatkan akhirnya dicuekin saja dan bosan.

    ReplyDelete
  10. Jujur aku baru dengar soal tanaman binahong ini
    Dari deskripsi yang dijabarkan khasiatnya banyak juga ya..
    Bagi yg suka nanam herbal atau bikin apotek hidup Tanaman ini mesti ada diantara nya

    ReplyDelete
  11. Aku paling suka numis binahong ini bareng jamur tiram, dibikin pedes ppake cabe merah iris baput bamer terasi dikit mantaap buat makan siang. . Atau kubikin masker bareng kelor

    ReplyDelete
  12. Sepertinya di taman rumah Ibu ada tanaman binahong ini.
    Aku juga pengen punya tanaman toga di rumah. Jadi bisa langsung metik kalau butuh untuk obat.

    ReplyDelete
  13. Di rumah ibuku juga ada nih. Jadi andalan banget kalo pas kena luka gores tuh, dikasih ini jd lebih cepat kering lukanya. Tp kalo aku kadang kupake buat sayur campuran mie instan. hehehe

    ReplyDelete
  14. Sering dengar namanya, tapi bari tahu bentuk daunnya setelah baca postingan ini. Membuat ramuan dari daun binahong mudah dan maafaatnya banyak banget, bisa mengobati berbagai jenis penyakit

    ReplyDelete
  15. Mama sampai nanam binahung ini di rumah, soalnya buat saya paska lahiran biar kering jahitan sama mama paska operasi kista kemarin. Cuma kalo habis lahiran harus sambil observasi ASI nya gimana, soalnya denger-denger efek sampingnya bikin ASI kering

    ReplyDelete

Tinggalkan Komen Ya!