Bibir merupakan bagian wajah yang berkontribusi pada kecantikan wajah. Bibir yang kering dan pecah-pecah selain tidak nyaman tentunya juga berpengaruh pada tampilan wajah. Jadi, wajah yang cantik berawal dari bibir sehat.
Keindahan bibir berasal dari bibir yang sehat. Artinya, kecantikan bibir tidak cukup dipoles dengan lipstik yang mahal saja. Perlu adanya perawatan dan penggunaan produk yang tepat agar keindahan bibir tetap terjaga.

bibir sehat alatte

Seperti apa bibir yang sehat dan bagaimana cara merawatnya? Yuk simak selengkapnya dalam postingan kali ini.

Ciri-Ciri Bibir Sehat

Pernah mengalami bibir kering dan pecah-pecah? Itu adalah salah satu indikasi bahwa bibir kita tidak dalam kondisi baik-baik saja. Bibir tidak terhidrasi dengan baik. Selain tidak nyaman, kondisi bibir seperti ini juga tampak tidak sehat.
Berwarna kemerahan, halus dan lembut adalah tampilan fisik yang terlihat pada bibir yang sehat. Lebih rinci yuk simak penjabaran berikut!

a. Memiliki tekstur yang halus dan lembut.

Coba sentuh bibir teman-teman masing-masing? Apakah terasa halus dan lembut atau sebaliknya? Bibir yang sehat ketika disentuh permukaannya tidak terasa kasar, melainkan terasa halus dan lembut.

b. Warnanya kemerahan

Warna alami bibir pada umumnya adalah kemerahan. Bibir yang sehat terlihat cerah dan memiliki warna yang tidak jauh dari warna alaminya ini.

c. Tidak kering dan tidak pecah-pecah

Bibir yang sehat terhidrasi dengan baik, tidak kering dan tidak pecah-pecah.

e. Bibir terasa nyaman dan tidak nyeri.

Bibir yang sehat akan terasa nyaman. Tidak nyeri, tidak bengkak dan tidak ada peradangan.


Cara tepat merawat kesehatan bibir

Bibir memiliki permukaan yang sangat tipis dan sensitif. Hal ini menyebabkan bibir sangat rentan mengalami kekeringan dan iritasi. So, merawat kesehatan bibir tidak kalah pentingnya dari bagian wajah lainnya.

merawat kesehatan bibir alatte

Sebelumnya, perlu diketahui juga bahwa penggunaan produk kecantikan seperti lipstik yang tidak sesuai sangat berpotensi menimbulkan masalah pada bibir. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memilih kosmetik yang tepat dan mampu menjaga kelembaban bibir dengan baik.
Bagaimana cara tepat merawat kesehatan bibir? Ternyata tidak sulit kok, lima poin berikut bisa teman-teman lakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan bibir, yaitu:

a. Konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari.

Konsumsi air putih sangat penting bagi kesehatan terutama menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan membantu bibir tetap lembab.

b. Gunakan lip balm atau pelembab bibir secara teratur.

Mengingat bibir sama sensitif maka pilih produk lip balm yang mengandung bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, madu, minyak almond atau vitamin E yang mampu memberikan dan mempertahankan kelembaban lebih lama

c. Hindari terlalu sering menjilati atau membasahi bibir.

Membasahi bibir bukan solusi tepat untuk mengatasi masalah bibir kering. Justru sebaliknya, terlalu sering menjilati atau membasahi bibir dapat membuat bibir semakin kering dan pecah-pecah.

d. Gunakan masker bibir alami.

Kita bisa membuat masker bibir sensiri di rumah campurkan madu dan minyak kelapa atau minyak almond. Aplikasikan masker pada bibir selama 15 sampai 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

e. Bersihkan bibir dari lipstik segera.

Penting untuk menjaga kebersihan bibir agar bibir terhidrasi dengan baik. Pastikan untuk membersihkan bibir setelah menggunakan lipstik. Hapus lipstik menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan make up remover. Selain itu jangan tidur saat lipstik masih menempel di bibir.

Bibir memiliki lapisan kulit yang sangat tipis dan sensitif. Sehingga kita perlu sangat selektif dalam memilih lipstik untuk make up. Pilih lipstik yang mengandung bahan alami yang bisa menutrisi dan menjaga kelembaban bibir.



0 Comments