Tips Saat Hamil - Saya sangat bersyukur kehamilan pertama ini dilewati tanpa drama susah makan. Sebelumnya sering mendengar cerita bumil yang tidak selera makan, ada yang seleranya cuma dengan jenis makanan tertentu dan ada juga yang mau makan tapi nanti keluar lagi karena muntah. Bisa dibayangkan bagaimana asupan nutrisi janin kalau ibunya tidak makan.
Alhamdulillah saya tidak mengalami drama itu. Nafsu makan terus bertambah dan tidak pilih-pilih jenis makanan. Selagi halal dan toyib yang terhidang, disantap dengan lahap.

Pola Makan Sehat Bagi Bumil

tips-saat-hamil
Pola Makan Sehat Bagi Bumil (edit by Canva)

Tips saat hamil yang penting diperhatikan oleh bumil adalah menerapkan pola makan sehat. Ibu hamil wajib menjaga pola makannya. Pola makan akan berpengaruh langsung pada asupan gizi bagi bumil dan calon bayi.
Bumil jelas memerlukan porsi makanan yang lebih banyak dibandingkan ibu yang tidak hamil. Selain porsi makanan, yang tak kalah penting diperhatikan adalah komposisi makanan yang dikonsumsi.
Komposisi 'Isi Piringku' ibu hamil harus memenuhi konsep 3 B yaitu Beragam, Bergizi dan Berimbang. Secara garis besar menu makanan bagi ibu hamil harus mengandung:
  • Makanan pokok
Makanan pokok merupakan sumber karbohidrat bagi bumil. Karbohidrat berperan penting untuk memberikan tenaga bagi tubuh dalam melakukan aktivitas. Ibu hamil bisa mendapatkan karbohidrat dari beras, jagung, umbi-umbian dan sagu.
  • Lauk pauk
'Isi Piringku' bumil juga harus ada lauk pauk sebagai sumber protein. Protein merupakan nutrisi penting yang berperan membangun dan memelihara sel pada jaringan tubuh. Ibu hamil membutuhkan banyak asupan protein untuk pertumbuhan janin tentunya.
Bumil bisa mendapatkan protein hewani dari ikan, daging ayam, daging sapi dan lainnya. Sementara protein nabati bisa bumil dapatkan dari tempe, tahu dan produk olahannya.
  • Sayuran
Sayuran tak kalah pentingnya dalam menunjang asupan gizi bumil. Sayuran mengandung vitamin, mineral dan serat yang berperan dalam mengatur metabolisme tubuh dan menyehatkan pencernaan. Contohnya adalah kangkung, bayam, brokoli, wortel, dan lain-lain.
  • Buah-buahan
Buah-buahan juga mengandung vitamin dan mineral penting dalam metabolisme tubuh. Ada banyak jenis buah yang bisa dikonsumsi oleh bumil. Contohnya pepaya, jeruk, semangka, alpokat, jambu, dan masih banyak lagi.
  • Tablet tambah darah
Bumil juga disarankan untuk minum 1 tablet tambah darah selama kehamilan.
  • Air putih
Bumil juga harus banyak minum air putih untuk menjaga cairan tubuh dan terhindar dari dehidrasi. Paling tidak bumil harus minum 8 gelas air putih per hari.

Rutin Cek Kesehatan Bumil di Klinik Kehamilan

Tips saat hamil yang tidak boleh dilewatkan setelah menjaga pola makan sehat adalah rutin cek kesehatan bumil di klinik kehamilan. Perkembangan janin dan kesehatan ibu perlu diperhatikan, agar janin dan ibu sehat serta berpeluang melahirkan secara normal.
Dilansir dari situs hellosehat.com (10/06/2021) pemeriksaan kehamilan (antenatal care) sangat membantu dokter atau bidan untuk mengetahui kesehatan ibu dan janin. Ini sangat penting untuk kelangsungan kesehayan ibu dan calon bayi nantinya.
Kemenkes RI melalui Permenkes No. 25 tahun 2014 pasal 6 ayat 1b tentang pemeriksaan rutin kehamilan merekomendasikan pada bumil agar memeriksakan kehamilan secara berkala minimal 4 (empat) kali selama periode kehamilan.
Sesuai dengab anjuran Permenkes ini, standar kunjungan cek kehamilan rutin ditetapkan dengan standar waktu sebagai berikut:
  • 1 kali kunjungan pada kehamilan trimester pertama (usia kehamilan 0-13 minggu)
  • 1 kali kunjungan pada kehamilan trimester kedua (usia kehamilan 14-27 minggu)
  • 2 kali kunjungan pada kehamilan trimester ketiga (usia kehamilan 28 minggu hingga melahirkan)
Ini adalah standar kunjungan minimal untuk melakukan cek kehamilan. Namun tidak mengapa jika bumil melakukan cek kehamilan rutin lebih dari jadwal standar kunjungan tersebut, disesuaikan dengan keluhan dan masalah pada kehamilan masing-masing bumil.
Saya sendiri memilih untuk cek kehamilan rutin setiap bulan ke bidan. Mengingat saya hamil di usia yang termasuk berisiko (>35 tahun). Jadi, untuk mengantisifasi berbagai risiko, saya memilih untuk cek kehamilan lebih sering.
Bagaimana bumil yang lain? Semoga tips saat hamil ini bermanfaat ya! Salam sehat.

25 Comments

  1. Menjaga kesehatan dan pola makan bagi ibu hamil memang sangat penting. Hal itu berpengaruh terhadap kesehatan bayi juga. Pemeriksaan rutin saru bulan sekali sangat penting menurut saya mbak. Agar tahu perkembangan janin ya. Sehat selalu mbak semoga lancar sampai melahirkan.

    ReplyDelete
  2. pola makan buat bumil memang jadi perhatian utama. karena semua buat pertumbuhan otak janin yang dikandung. Terutama perkembangan otaknya. Kecerdasan bangsa ada disana.

    ReplyDelete
  3. Aku dulu rutin sebulan sekali ke SpOg. Bukan apa-apa sih, tapi seneng aja tiap bulan ketemu adek bayi lewat USG. Rasanya excited sekali. Ditambah waktu itu, rasanya aku terlalu banyak keluhan karena pas hamil, masukkan makanan aja susah

    ReplyDelete
  4. Susah susah gampang sebagai perempuan ya Mba

    ReplyDelete
  5. Asupan harus selalu terjaga ya Mbak karena kita berdua dengan si Janin. Terima kasih sharingnya

    ReplyDelete
  6. Jangan lupa susu yaa bumil
    membantu sekali untuk bayi agar tidak terkena hydrocephalus ya

    soalnya aku dengar dari beberapa kasus begitu

    ReplyDelete
  7. Tablet tambah darah masuk daftar menu karena penting. Semoga setiap ibu hamil memiliki pengetahuan yang cukup terkait kesehatan semasa hamil supaya bisa melahirkan bayinya dalam keadaan sehat.

    ReplyDelete
  8. benar mbak, menjaga kesehatan bumil akan berdampak juga pada kesehatan bayi dalam kandungan hingga dewasanya kelak. Saya hamil yang bungsu usia resiko tinggi juga, 43 tahun. alhamdulillah dengan pola makan sehat dan pola hidup yang sehat, bisa mengatasi kehamilan di usia risiko tinggi, jangan lupa juga banyak berdoa ya mbak. Moga lancar persalinannya mbak Neti. Sehat selalu yaa

    ReplyDelete
  9. memang penting ya menjaga pola makan yang sehat saat persiapan hamil, hamil, hingga melahirkan bahkan menyusui

    ReplyDelete
  10. Betul mbak, mood makan ibu hamil ini naik turun ya. Apalagi pas awal kehamilan. Meskipun sering mual tapi sebisa mungkin tetap menjaga asupan makanan yang bergizi

    ReplyDelete
  11. saat hamil, kita memang perlu menjaga kesehatan dengan seksama karena kita perlu mejaga kesehatan kita dan bayi kita ya

    ReplyDelete
  12. Semoga sehat2 terus yah dan lancar serta sehat semuanya sampai lahiran nanti

    Memang perlu untuk menjaga asupan makanan untuk memenuhi gizi seimbang selama kehamilan yaah

    ReplyDelete
  13. Catet!!

    Masa kehamilan tuh penting banget buat janin. Jadi harus dijaga dengan baik. Tablet tambah darahnya jangan sampai lupa

    ReplyDelete
  14. Menjaga pola makan memang penting buat ibu hamil. Harus memastikan bahwa ibu dan calon bayi dapat asupan gizi yang tercukupi.

    ReplyDelete
  15. Saat hamil emang penting banget menjaga nutrisi ya, enggak boleh kecapekan dan malas makan. Ibu hamil juga harus rajin cek kehamilan ya agar tetap sehat sampai persalinan tiba.

    ReplyDelete
  16. Trimester pertama kehamilan itu memang berat dan butuh perjuangan banget yaa.. Tapi harus dipaksain sehingga janin dan Ibu tumbuh sehat dan melahirkan lancar.
    Semangaatt~

    ReplyDelete
  17. Ibu hamil memang harus menjaga kesehatan ya mbak
    Dimulai dengan menjaga pola makan
    Harus makan makanan sehat

    ReplyDelete
  18. Waktu saya hamil 8 tahun yang lalu, hobi saya adalah periksa USG ke dokter. Meskipun nggak wajib juga periksa USG sering-sering, tapi saya periksa USG sampai sebulan sekali. Soalnya seneng aja gitu lihat anak saya di layar monitor.

    ReplyDelete
  19. Jadii inget waktu hamil dulu tiap hari konsumsi telur, susu uht, makanan 4 sehat 5 sempurna gak boleh makan fastfood. Kalau dalam sehari dirasa kurang asupan makanan bergizi baru diminum suplemen dari dokter.

    ReplyDelete
  20. Ibu hamil wajib bngt terapkan tips utk jaga kehamilan.secara paripurna.

    Mantab bgt inii.mba.

    Thanks ya

    ReplyDelete
  21. Ibu hamil wajib memenuhi nutrisi dirinya dan calon baby. Nggak boleh sembarang makan, dan Isi Piringku itu udah lengkap banget, rekomendasi Kemenkes itu udah yang paling bener.

    ReplyDelete
  22. Setuju penting banget bumil buat cek, syukur2 dilakukan sebelum kehamilan ya mbak. Supaya kelahirannya lancar dan sehat dan bisa melahirkan bayi yang sehat juga.
    Apalagi soal makan makanann bernutrisi itu. Ngaruh sekali ke kehamilan ya.
    Kadang walau gak ke dokter kandungan, ke puskesmas pun sekarang sangat bagus layanannya untuk ibu hamil yaa.

    ReplyDelete
  23. Sepakat, bumil tuh emang harus dijaga asupan makanannya, dengan menerapkan prinsip isi piringku sebagaimana yang dianjurkan kemenkes. Selain itu juga rutin memeriksakan kondisi kehamilan. Saya hamil 3 kali juga memilih periksa ke bidan saja, lebih dekat dari rumah dan lebih nyaman konsultasi soal kehamilan pada bidan

    ReplyDelete
  24. Masya Allah.. Terima kasih banyak ilmu dan sharingnya ya,mbak. Barakallah.. Sangat bermanfaat.😊

    ReplyDelete
  25. Bener banget, Mba, karena apa yang kita makan itu sangat mempengaruhi pertumbuhan bayi dalam kandungan. Aku pun setiap hamil sangat hati-hati dengan asupan

    ReplyDelete

Tinggalkan Komen Ya!