Makanan tradisional satu ini sudah sangat populer. Kaum ibu biasa mengolahnya menjadi aneka masakan yang lezat dan mengundang selera. Tahu biasanya tidak hanya diolah sebagai lauk, akan tetapi juga sebagai aneka snack dan jajanan pasar. Inilah istimewanya tahu. Diolah menjadi bentuk apa pun jenis makanan satu ini tetap saja enak dan menggugah selera.
Kali ini saya ingin berbagi resep sederhana mengolah tahu menjadi snack gurih yang murah namun tidak murahan. Resep ini sebenarnya hasil coba-coba iseng di dapur. Ketika di rumah kehabisan snack, kebetulan di kulkas ada beberapa bungkus tahu dan sedikit persediaan tepung beras. Jadi, saya pikir mengapa tidak dimanfaatkan untuk membuat snack ringan sebagai teman minum the.
 Resepnya sangat sederhana dan tidak perlu ribet. Cocok bagi Anda yang sibuk dan tidak punya waktu banyak untuk membuatkan sajian hand made untuk keluarga.

Bahan:
Tahu Ukuran sedang
Tepung beras
Minyak untuk menggoreng

Bumbu-bumbu:
Bawang merah, bawang putih, merica, garam secukupnya.

Pelengkap:
Daun bawang, potong-potong
 
Cara membuat:
·         Giling bumbu hingga halus kemudian sisihkan. Jika ingin cepat dan instan Anda bisa menggunakan tepung bumbu instan yang banyak dijual di pasaran.
·         Campur tempung beras, bumbu dan daun bawang, kemudian tambahkan sedikit air. Aduk semua bahan hingga tercampur rata. Kemudian sisihkan.
·         Iris tahu tipis-tipis hingga membentuk lembaran-lembaran kecil.
·         Panaskah minyak dengan api sedang.
·         Masukkan irisan tahu dalam larutan tepung bumbu, lumuri permukaan irisan tahu dengan larutan tepung bumbu. Diamkan beberapa saat.
·         Goreng tahu hingga matang dan berwana agak kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
·         Tahu goreng kriuk siap disajikan berasama saos cabe atau cabe rawit gigit.

##sayang tak sempet difoto hehe....

2 Comments

  1. Tahu kriuk kalau baru di goreng tapi setelah beberapa menit pasti gak kriuk lagi kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo disimpan dalam wadah tertutup tetap kriuk kok bu...:)
      potongan tahunya harus tipis-tipis seperti kripik :)

      Delete

Tinggalkan Komen Ya!