Ada suatu ungkapan yang cukup menarik yang saya kutip dari sebuah buku (maaf lupa judulnya) "Garbage In Garbage Out" (GIGO), yang maknanya jika pikiran kita mengkonsumsi sampah maka yang keluar adalah sampah. Senada dengan guyonan teman saya ketika bersepeda di kompleks UNRI beberapa waktu yang lalu " Klo teko itu isinya teh, ya yang keluar tetap teh ngak mungkin sirrup"
Dua statemen ini mengingatkanku pada aktivitasku akhir-akhir ini. Bagaimana tidak? akhir-akhir ini banyak sekali informasi-informasi sampah yang mampir ke kepalaku. mmm... aku mengingat-ingat, kemaren sama teman-teman kos nonton sinetron Intan memang sinetronnya lucu sih tapi yah tau sendirilah jalan ceritanya. Tidak lebih dari permasalahan pacaran, hamil diluar nikah, kebencian dsb. mm... kemarennya mendengarin teman-teman ngrumpi, miskipun nggak ikut nimbrung tapi kan apa yang mereka bicarain tetap aja masuk ke kepala ini.
belum lagi berbagai informasi negatif lain yang diperoleh sepanjang hari baik sengaja maupun tak sengaja. Info-info postif mmmm.. hampir minim aku peroleh akhir-akhir ini. Ikut kajian pun sering telat.
Aku jadi berpikir mungkin ini yang menyebabkan daya analisaku menurun, cepat marah, mudah tersinggung dan sering uring-uringan sendiri. Kurang produktif dan waktu lebih banyak terbuang sia-sia untuk kegiatan yang tidak bermanfaat.
Aku kembali teringat pada sebuah ungkapan bijak yang sungguh indah namun mengandung makna yang sangat dalam."Pikiran picik membicarakan orang, pikiran biasa membicarakan kejadian, namun pikiran yang besar akan membicarakan gagasan".
ya... mungkin pikiranku masih tergolong pikiran picik atau hanya biasa, sehingga untuk menciptakan gagasan-gagasan dan ide-ide brilian terasa sangat sulit sekali. Hmmm Astagfirullahal adhim ampunilah ya Allah kedholiman hamba terhadap diri hamba sendiri.
Alangkah sayangnya... waktu-waktuku hanya habis untuk memikirkan hal-hal yang tidak bermanfaat. Alangkah sayangnya pikiranku dipenuhi oleh sampah-sampah yang tak berguna.

Ya Allah terangilah hati dengan cahaya, pikiranku dengan cahaya dan jadikanlah aku cahaya.
===
Repost tulisan lama dari multiply
Dalam rangka boyongan dari www.barlanti.multiply.com

0 Comments