Skip to main content

KULINER: Gulai Asam Ikan Baong


Gulai Asam Ikan Baong

bumbu halus
Bahan:
Ikan Baong, pilih bagian kepala dan ekor.
Air Secukupnya
Asam belimbing atau asam jawa it’s ok.
Sereh, buang kulit luarnya kemudian memarkan!
Daun salam, daun kunyit, daun keruku (maaf ngak tau bahasa indonesianya hehe..:)), atau bisa juga daun rosela yang masih muda. Boleh pilih salah satu, salah dua, atau semuanya pun boleh-boleh saja hehe…J

Bumbu halus:
Cabe merah
Cabe rawit (kalau suka pedas)
Bawang merah
Kunyit
Kemiri
Lengkuas
Serai (klo ngak ada juga ngak apa-apa, pas bikin ini tanpa serai rasanya juga oke)

Cara Membuat:
·         Giling semua bahan bumbu hingga halus, kemudian sisihkan.
·         Panaskan air dalam wajan hingga setengah matang, kemudian masukkan bumbu halus, aduk rata.
·         Masukkan ikan baong, dan asam belimbing. Aduk dengan hati-hati kuahnya saja, jangan terlalu sering karena khawatir dapat menghancurkan ikan.
·         Masukkan juga daun salam, daun keruku dan lain-lain untuk memberi aroma khas pada gulai.
·         Setelah matang, gulai ikan baong siap disajikan bersama nasi putih, kerupuk dan sambal terasi.

Potongan Ikan Baong

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Pertama Belanja Buku di Gramedia.com

[AFF POST] Belanja Buku – Jadi ceritanya saya sudah lama banget pengen punya buku orang-orang biasa karya Pak Cik Andrea Hirata. Sudah searching di google untuk cek harga dan mencari olshop yang menjual, amun belum menemukan yang sreg untuk membeli buku ini.  Beberapa kali mencoba nitip sama teman-teman yang kebetulan lagi di Pekanbaru. Maklum, tinggal di pelosok daerah yang sulit menemukan toko buk yang lengkap. Ada sih beberapa kedai buku, namun buku yang dicari tidak ditemukan. Buku-buku terbitan terbaru memang butuh waktu untuk sampai ke sini. Kalau pun ada terkadang itu adalah buku-buku bajakan. Duh, sedapat mungkin saya berusaha menghindari membeli buku bajakan.

Beginilah Cara Allah Menghibur Kita

Suatu ketika kamu merasa beraaat banget mau datang ke acara taklim, tapi entah kenapa ada saja sesuatu yang akhirnya memaksamu untuk pergi. Ajaibnya di acara yang awalnya tak ingin kamu hadiri itu justru memberikan materi yang sangat menyentuh hati dan memberikan jawaban atas semua masalah-masalahmu. 

Cara Menyisipkan Halaman Landscape Diantara Halaman Portrait pada Dokumen Word

Coba perhatikan layout halaman pada dokumen word! Pada umumnya layuot halaman word itu seragam dari awal sampai akhir kan? Jika di awal kita setting landscape maka layout halaman sampai akhir akan tetap landscape. Dan sebaliknya, jika kita setting portrait maka sampai akhir halaman word itu akan tetap dalam layout portrait.  Lalu, bagaimana jika kita ingin membuat dokumen dengan layout yang berbeda dalam satu file word? Misalnya nih, di halaman awal kita menulis dokumen dengan layout portrait. Namun ketika sampai di halaman berikutnya kita harus membuat dokumen dengan layout landscape, karena berisi tabel yang memanjang ke samping misalnya. Apakah bisa disusun dalam satu file yang sama? Ataukah kita harus membuat file khusus untuk halaman yang berlayout lanscape ini? Tentu saja bisa! Sahabat pembaca, setting default dokumen word memang seragam dari awal sampai akhir. Namun, jika kita ingin membuat dokumen dengan layout portrait dan landscape secara bergantian juga bisa. Baga