Program Kesejahteraan Sosial Bagi Lansia – Teman-teman tau ngak sih ternyata hari ini, 29 Mei bertepatan dengan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) lho. Peringatan HLUN secara nasional dilaksanakan hari ini di Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Menurut Ibu Menteri Sosial RI, Kabupaten Tasikmalaya di pilih sebagai tuan rumah HLUN karena kabupaten ini tercatat sebagai kabupaten dengan populasi lansia terbanyak.
Program Kesejahteraan Sosial Bagi Lansia
Made By Canva

Siapa sih lansia? Mengapa mereka begitu penting untuk dibicarakan?

Batasan seseorang dikategorikan lansia menurut Undang-Undang nomor 13 tahun 1998 adalah sudah mencapai usia 60 tahun. Artinya, lansia merupakan kelompok usia paling senior dalam fase kehidupan manusia. Lansia menjadi penting dibicarakan kesejahteraannya karena mereka merupakan kelompok usia yang memiliki kerentanan ekonomi dan sosial paling tinggi dibandingkan kelompok usia lainnya. Lebih dari semua itu para lansia adalah para orang tua kita, orang yang lebih dahulu merintis perjuangan kehidupan yang pantas untuk kita hormati muliakan dan perhatikan kesejahteraannya.

Nah, pada postingan kali ini saya ingin mengajak teman-teman untuk mengenal 3 program kesejahteraan sosial bagi lansia yang ada di Indonesia

Pertama: Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) Lanjut Usia

Program Kesejahteraan Sosial Bagi Lansia
Sumber: IG @kemensosri

Program ini disalurkan melalui sentra kemensos sesuai dengan kebutuhan lansia bersangkutan. Bentuk bantuan meliputi dukungan kebutuhan pemenuhan hidup layak, keluarga, aksesibilitas, dan lainnya.

Dilansir dari laman IG @Kemensosri pada tahun 2021 pemerintah melalui Kementerian Sosial sudah menyalurkan bantuan layanan ATENSI pada 56.588 lansia dari target penerima mafaat awal sebanyak 35.000 orang.

Kedua:Program Keluarga Harapan (PKH)

Program Kesejahteraan Sosial Bagi Lansia
Dok. Pribadi

Untuk mendukung kesejahteraan lansia secara luas, pemerintah melalui kementerian sosial telah memasukkan lansia sebagai salah satu komponen yang berhak menerima bantuan dalam PKH. Nominal bantuan yang diterima oleh keluarga yang memiliki komponen lansia ini adalah sebanyak Rp.600.000,- per tahap penyaluran yang diterima sebanyak empat kali (4 tahap) dalam satu tahun. 

Menurut data BPS tahun 2021 sebagaimana dilansir laman IG @kemensosri jumlah rumah tangga lansia yang menerima PKH pada tahun 2021 adalah sebesar 11,86%.

Ketiga: Program Bantuan Sembako (BPNT)


Program Kesejahteraan Sosial bagi Lansia
Sumber: https://nasional.kompas.com/


Program sembako atau Program Bantuan Pangan Non Tunai merupakan bantuan sosial yang disalurkan setiap bulan untuk keluarga miskin. Dilansir dari laman IG @kemensosri pada tahun 2021 tercatat sebanyak 24,20% rumah tangga lansia pernah menerima program sembako.

Nah teman-teman, itulah 3 Program Kesejahteraan Sosial Bagi Lansia yang digulirkan oleh pemerintah RI melalui kementerian sosial saat ini.

24 Comments

  1. Indonesia negara makmur sebetulnya, habis tanahnya subur. Sayangnya tidak semua lansia sejahtera ya Mbak. Alhamdulillah pemerintah mau turun tangan menyantuni para lansia yang kurang beruntung dari segi ekonomi. Insyaallah bantuan tersebut langsung sampai ke tangan yang bersangkutan dan bisa digunakan memenuhi kebutuhan hidup. Amin

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah sekarang lansia juga dapat jatah PKH ya mba. Semoga penyalurannya lancar dan amanah, penggunaan dananya pun semoga sesuai dengan kebutuhan primer, aamiin...

    ReplyDelete
  3. Lahh daku ke mana ajaaa, kok baru tau klo ada hari lansia.
    program2 kemensos memang keren ya mba
    tepat sasaran banget

    ReplyDelete
  4. bapak dan ibuku pun mendapatkan program kesejahteraan sosial bagi lansia, alhamdulillah banget

    ReplyDelete
  5. Dennise SihombingJune 3, 2022 at 5:25 AM

    Selamat untuk Tasikmalaya yang terpilih sebagai tuan rumah HLUN. Lansia memang perlu mendapat dukungan dari pemerintah dan juga suport dari keluarga agar beliau-beliau lebih bersemangat menjalani hidup

    ReplyDelete
  6. Setuju , lansia perlu dihormati, dimuliakan dan diperhatikan kesejahteraannya. Syukur kini ada program kesejahteraan sosial bagi lansia yang ada di Indonesia. Alhamdulillah pasti membantu mereka

    ReplyDelete
  7. Molly jadi inget hari orang tua di korsel. Ternyata di indonesia pun ada ya hari lansia. Baru tahu..

    ReplyDelete
  8. Dulu waktu Mbahku masih ada, dapat juga PKH sama bantuan sembako. Sekarang udah gak karena beliau udah meninggal. Senang dengan program ini apalagi kalau lansianya tinggal sendiri, gak ada yang nyariin duit. Bisa terbantu dan makan layak

    ReplyDelete
  9. Jujur melihat di lapangan terutama di tempat tinggal ortu dan mertua saya di Solo bantuannya banyak apalagi pas pandemi covid.

    Tepat tidaknya sasaran kembali ke rt rw nya adaa yg rt ga peduli jadinya yg harudnya dapat tapi ga dapat, yg kaya malah dapat.

    Wallahualam yaa semoga kedepannya pemerintah bisa cek ricek yg berhak mendapatkan va tuan.

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah dengan adanya ketiga program ini, semoga nggak akan ada lagi dengar kabar ada lansia yang terlantar ya mbak. Karena mereka dijamin oleh pemerintah kesejahteraannya

    ReplyDelete
  11. Aku tahunya cuma PKH. Padahal sebenernya banyak program semacam ini ya. Semoga bisa segera tersebar merata, dinikmati oleh yang membutuhkan.

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah, meski sudah lansia tapi tetap mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Kalau di Surabaya, Ibuku kerap mendapatkan bantuan pemeriksaan kesehatan gratis, dana bantuan hingga pekan makanan sehat.
    Pokoknya persis kaya Posyandu anak-anak itu.

    Jadi seneng dan hiburan bagi Ibu kalau sedang sendiri di rumah, bisa ikutan kumpul di Balai RW untuk menerima bantuan.

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah, meski sudah lansia tapi tetap mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Kalau di Surabaya, Ibuku kerap mendapatkan bantuan pemeriksaan kesehatan gratis, dana bantuan hingga pekan makanan sehat.
    Pokoknya persis kaya Posyandu anak-anak itu.

    Jadi seneng dan hiburan bagi Ibu kalau sedang sendiri di rumah, bisa ikutan kumpul di Balai RW untuk menerima bantuan.

    ReplyDelete
  14. Bagus jga program yg diadakan oleh Kemensos ini untuk membantu memenuhi kebutuhan lansia. Ternyata banyak ya program kesejahteraan yg dibuat semoga bisa membantu mereka yg membutuhkan terutama lansia

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah ada 3 program yang pastinya sangat bermanfaat buat lansia. Aku berharap banget bisa diberikan pada lansia yang benar-benar membutuhkan. Karena banyak dr mereka yg hidup sebatang kara atau ga punya tabungan lagi

    ReplyDelete
  16. Semoga bantuan kepada lansia dari pemerintah dapat membantu para lansia untuk hidup tenang dan sehat ya. Aaamiin

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah ada atensi untuk lansia dengan beberapa program dari pemerintah ini ya. Ada kualifikasi tertentukan sebagai persyaratan penerima atau hanya lansia saja?

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah ada atensi untuk lansia dengan beberapa program dari pemerintah ini ya. Ada kualifikasi tertentukan sebagai persyaratan penerima atau hanya lansia saja?

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah ada kepedulian terhadap para lansia ya dari pemerintah. Semoga dengan tiga program kepedulian tadi, kesejahteraan lansia bisa makin meningkat.

    ReplyDelete
  20. Caranya bagaimana ya bisa terima bantuan untuk lansia? Daftar lewat RT? Kalau lansia yang kesulitan untuk mobilitas apa bisa diwakilkan untuk urus administrasi?

    ReplyDelete
  21. Program yang bagus dan bermanfaat banget loh ini. Tetangga aku banyak yang dapat PKH dan BPNT, itu membantu banget.

    ReplyDelete
  22. Penanganan lansia ini sekarang jadi perhatian pemerintah ya mbak. Bagus nih programnya. Di kampungku ada posyandu lansia juga. Dan pesertanya lumayan banyak lo

    ReplyDelete
  23. wah saya baru tahu nih, mbak program untuk lansia ini. untuk bisa mendapatkannya persyaratan apa ya, mbak yang harus dipenuhi para lansia ini?

    ReplyDelete
  24. Saya sering lihat para lansia yang mengantri di kelurahan untuk mengambil bantuan ini mbak, baik yang PKH maupun yang sembako

    ReplyDelete

Tinggalkan Komen Ya!