Bahan Pengawet untuk Kue
Sumber Gambar: Pixabay

Bagi teman-teman yang tengah belajar dunia baking atau pembuatan kue wajib hukumnya untuk mengenal setiap jenis bahan dan fungsinya. Sehingga jika datang ke toko bahan kue online nantinya juga tidak bingung ingin membeli apa untuk kue buatan teman-teman tersebut. Pemakaian bahan yang salah nantinya bisa membuat hasil kue juga tidak akan maksimal, serta cita rasanya sendiri juga tidak bisa nikmat bukan. Di samping memang teknik pembuatan serta takaran juga termasuk bagian penting yang harus diperhatikan.

 

Jika melihat aneka kue yang dijual di pasaran tak jarang juga diantaranya yang bisa tahan begitu lama. Hal ini juga bukan tanpa alasan, melainkan dalam pembuatannya sendiri tak jarang diantara produsen yang juga menggunakan bahan pengawet. Namun tentunya pengawet yang aman untuk dikonsumsi, berikut ini beberapa jenisnya yang patut diketahui, yaitu:

 

  1. Calsium propionat, bahan yang satu ini dapat digunakan untuk mengawetkan makanan yang mengandung asam didalamnya, diantaranya adalah roti, pastry sampai dengan aneka olahan susu juga dapat diawetkan memakai bahan yang satu ini. Khusus untuk takarannya sendiri juga tergantung dari jenis kue yang akan dibuat tersebut. Bentuknya sendiri adalah bubuk layaknya tepung serta ada yang bentuknya butiran halus.                                                                                  
    Jenis Bahan Pengawet untuk Kue dan Roti
    Sumber Gambar:Pixabay

  2. Potasium sorbat, bahan yang satu ini punya bentuk yang butirannya agak kasar sehingga mirip dengan meses. Bahan yang satu ini digunakan untuk mengawetkan makanan yang tidak mengandung ragi misalnya adalah untuk cake serta cookies mengandalkan bahan pengawet yang satu ini. Khusus untuk takaran atau dosis pemakaiannya sendiri juga tergantung dari jenis makanan tersebut.

 

Meskipun sudah ditambahkan dengan pengawet, namun pada dasarnya tetap ada potensi kue tersebut basi atau rusak jika pada penyimpanan serta pembuatannya kurang tepat. Belanja berbagai macam bahan baku untuk pembuatan kue sekarang ini nyatanya bisa dilakukan secara lebih mudah online yaitu lewat Tokowahab. Aneka topping, coklat, keju, susu FN dan aneka tepung juga bisa ditemukan disini. Belanja jadi lebih mudah hanya dengan sekali klik saja.

0 Comments