Skip to main content

Merancang Design Pembelajaran


Berhubung Gdrive gagal terus ngunduh data, baik saya posting di sini saja.
Belajar bagamana caranya belajar. Demikian materi yang diterima pada minggu ke-5 materikulasi IIP kali ini. Ini materi yang luar biasa bagi saya. Melalui materi dan NHW #5 ini saya diajak untuk merevolusi cara belajar saya selama ini. Saya juga disadarkan bahwa proses belajar selama ini tidak lebih hanya sekedar proses mengumpulkan informasi secara membabi buta. Sehingga yang terjadi kemudian adalah tsunami informasi. Banyak, namun kurang bermanfaat.
NHW #5 ini benar-benar menantang bagi saya. Saya diajak untuk merancang sendiri design pembelajaran yang ‘gue banget’. Yakni, design pembelajaran yang benar-benar bisa membuat saya menikmati proses belajarnya, namun tetap mampu memberikan hasil yang maksimal nantinya. Ini sebuah tantangan besar bagi saya. Sebab, sebelum menerima tugas ini saya sama sekali buta dengan apa itu design pembelajaran. Bagaimana cara menyusunnya? Apa saja yang saya butuhkan untuk menyusun design pembelajaran? Poin-poin apa yang harus saya masukkan dalam design pembelajaran tersebut?
Setelah mencari informasi sana sini? Searching juga diinternet dan membaca kembali pelan-pelan materi pekan ke-5 ini, akhirnya saya mencoba merancang desain pembelajaran  berbekal rumus 5W1H. Berikut adalah coretan mind mapping yang saya gunakan untuk merancang design pembelajaran.
Coretan Mind Mapping

Berbekal rumus 5W1H dan coretan mind mapping di atas, saya kemudian merumuskan bahwa design pembelajaran yang akan saya buat nantinya harus memenuhi beberapa poin di berikut ini, yaitu:
Template Design Pembelajaran
Judul
memuat informasi tentang bidang ilmu atau pun sub bidang ilmu yang akan dipelajari.
Tujuan
memuat informasi tentang untuk apa judul bidang ilmu ini perlu dipelajari
Deskripsi
memuat informasi tentang penggambaran ringkas terkait judul
Materi
Memuat informasi tentang materi-materi apa saja yang akan dipelajari dalam judul ini.
Target
Memuat informasi tentang hal-hal yang diingin dicapai selama dan setelah proses pembelajaran.
Anggaran Biaya
Memuat informasi tentang estimasi biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan proses belajar ini.
Durasi
Estimasi lamanya waktu belajar
Waktu pelaksanaan
Estimasi jam, tanggal, bulan dan tahun pelaksanaan
Metodologi pembelajaran
memuat informasi tentang metode pembelajaran yang akan digunakan nantinya.
Pemateri
memuat informasi tentang guru expert, mentor atau pengajar yang akan ditemui atau didatangkan untuk belajar
Sumber bahan ajar
Memuat informasi tentang sumber materi atau bahan ajar yang akan dipelajari nantinya.
 

Yeay...akhirnya, template untuk design pembelajaran kali ini berhasil ditemukan. Tinggal memasukkan dan membreakdown setiap sub bidang ilmu yang akan dipelajari ke dalam templat tersebut. Dan ini juga bukan hal yang mudah. Bagi saya ini bukan tugas main-main atau sekedar melepas kewajiban sebagai peserta matrikulasi IIP Batch #4. Ini adalah salah satu ikhtiar saya untuk merancang masa depan yang lebih baik. Jadi, saya tidak mau menyusun design pembelajaran yang asal jadi.
Jujur, hingga hari ini saya belum berhasil membuat design pembelajaran yang ‘gue banget’ untuk bidang ilmu yang sudah saya pilih. Sekalipun saya sudah menemukan template-nya. Namun, saya merasa untuk mengisi template tersebut saya masih butuh berbagai pertimbangan dan perenungan mendalam. Sehingga, design pembelajaran yang saya buat nanti benar-benar mampu membuat saya menikmati proses belajar.
So, untuk NHW #5 ini saya ngaku baru bisa mengumpulkan template design pembelajaran ini saja. Semoga bisa dimaklumi

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Pertama Belanja Buku di Gramedia.com

[AFF POST] Belanja Buku – Jadi ceritanya saya sudah lama banget pengen punya buku orang-orang biasa karya Pak Cik Andrea Hirata. Sudah searching di google untuk cek harga dan mencari olshop yang menjual, amun belum menemukan yang sreg untuk membeli buku ini.  Beberapa kali mencoba nitip sama teman-teman yang kebetulan lagi di Pekanbaru. Maklum, tinggal di pelosok daerah yang sulit menemukan toko buk yang lengkap. Ada sih beberapa kedai buku, namun buku yang dicari tidak ditemukan. Buku-buku terbitan terbaru memang butuh waktu untuk sampai ke sini. Kalau pun ada terkadang itu adalah buku-buku bajakan. Duh, sedapat mungkin saya berusaha menghindari membeli buku bajakan.

Beginilah Cara Allah Menghibur Kita

Suatu ketika kamu merasa beraaat banget mau datang ke acara taklim, tapi entah kenapa ada saja sesuatu yang akhirnya memaksamu untuk pergi. Ajaibnya di acara yang awalnya tak ingin kamu hadiri itu justru memberikan materi yang sangat menyentuh hati dan memberikan jawaban atas semua masalah-masalahmu. 

Cara Menyisipkan Halaman Landscape Diantara Halaman Portrait pada Dokumen Word

Coba perhatikan layout halaman pada dokumen word! Pada umumnya layuot halaman word itu seragam dari awal sampai akhir kan? Jika di awal kita setting landscape maka layout halaman sampai akhir akan tetap landscape. Dan sebaliknya, jika kita setting portrait maka sampai akhir halaman word itu akan tetap dalam layout portrait.  Lalu, bagaimana jika kita ingin membuat dokumen dengan layout yang berbeda dalam satu file word? Misalnya nih, di halaman awal kita menulis dokumen dengan layout portrait. Namun ketika sampai di halaman berikutnya kita harus membuat dokumen dengan layout landscape, karena berisi tabel yang memanjang ke samping misalnya. Apakah bisa disusun dalam satu file yang sama? Ataukah kita harus membuat file khusus untuk halaman yang berlayout lanscape ini? Tentu saja bisa! Sahabat pembaca, setting default dokumen word memang seragam dari awal sampai akhir. Namun, jika kita ingin membuat dokumen dengan layout portrait dan landscape secara bergantian juga bisa. Baga