Skip to main content

Mendongeng Sebelum Tidur, Masih Perlukah?


Mendongeng sebelum tidur? Istilah ini terkesan kurang kekinian ya? Hehe.. By the way, sebenarnya tidak begitu penting masih kekinian atau tidak tradisi ini. Adapun yang penting diketahui adalah apa sih manfaat mendongeng sebelum tidur?
sumber gambar: www.health.detik.com
Jadi, sebelum menjawab pertanyaan di judul artikel ini mari kita ketahui dulu manfaat penting mendongeng sebelum tidur. Jika diperhatikan paling tidak ada empat manfaat mendongeng sebelum tidur, yaitu:
  1.  Mendongeng Membangun Komunikasi Akrab Orang Tua dan Anak
Dalam kegiatan mendongeng terjadi dialog efektif antara orang tua dan anak. Sebagaimana kita pahami, anak-anak memiliki rasa ingin tau yang tinggi. Mereka selalu penasaran dengan setiap informasi yang mereka tangkap. Ketika mendengar dongeng, anak akan banyak bertanya tentang cerita yang didengarnya. Orang tua pun harus menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami anak. Interaksi inilah yang akan membangun komunikasi akrab antara orang tua dan anak.
  1. Mendongeng Membangun Kedekatan Emosi Orang Tua dan Anak
Komunikasi verbal dan nonverbal terjadi dengan baik saat mendongeng. Saat mendongeng sebelum tidur, ibu dan anak berada dalam posisi yang sangat dekat. Anak berada dalam posisi berbaring, sementara orang tua duduk atau ikut berbaring di sisi anak. Terkadang orang tua mendongeng sambil mengusap kepala atau memeluk anak dengan penuh kasih sayang. Di sisi lain anak pun dengan leluasa memeluk orang tua yang sedang mendongeng. Ini adalah bentuk komunikasi non verbal yang akan mendekatkan emosi orang tua dan anak.
Komunikasi verbal sudah pasti terjadi sangat akrab antara orang tua dan anak saat mendongeng. Sebagaimana sudah kita bahas panjang lebar pada bagian pertama. Ketika mendongeng, orang tua dan anak akan terlibat tanya jawab yang akrab. Anak bertanya orang tua menjawab dan sebaliknya. Jadi, mendongeng adalah golden time yang sangat baik untuk membangun kedekatan orang tua dan anak.
  1. Mendongeng Akan Membuat Anak Tumbuh Bahagia
Mendengar dongeng sebelum tidur membuat anak tidur dengan nyaman dan aman di dekat orang tuanya. Karena sebelum tidur mereka ngobrol santai dengan orang tua. Suara terakhir yang mereka dengar sebelum tidur adalah suara orang tua. Sentuhan terakhir yang dirasakannya adalah sentuhan orang tua. Semua itu seakan memperkuat pesan bahwa orang tua sayang mereka. Hal itu akan tertanam dengan kuat di alam bawah sadar anak. Inilah yang membuat mereka merasa bahagia.
  1. Menumbuhkan Karakter Positif pada Anak
Dongeng yang didengar oleh anak sebelum tidur akan mempengaruhi pembentukan karakternya ke depan. Anak-anak yang selalu dibacakan dongeng yang mengangkat karakter positif akan tumbuh menjadi pribadi berkarakter positif. Demikian juga sebaliknya. Sebab itu, pastikan dongeng yang Anda bacakan untuk si kecil adalah dongeng-dongeng yang membangun karakter positif.

Jadi, mendongeng sebelum tidur masih perlukah?
Dengan membaca manfaat mendongeng sebelum tidur di atas, sangat jelas jawabannya. Mendongeng sebelum tidur masih sangat perlu, bahkan bisa dibilang penting. Terutama untuk perkembangan psikologis anak, kedekatan orang tua dan anak, membangun rasa nyaman,  dan menumbuhkan karakter positif pada anak sejak dini. Selain itu, mendongeng sebelum tidur adalah kebiasaan baik yang akan dikenang oleh anak hingga mereka dewasa.
Nah, ayah bunda ternyata mendongeng sangat luar biasa kan? Yuk jangan malas mendongeng tuk buah hati!

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Pertama Belanja Buku di Gramedia.com

[AFF POST] Belanja Buku – Jadi ceritanya saya sudah lama banget pengen punya buku orang-orang biasa karya Pak Cik Andrea Hirata. Sudah searching di google untuk cek harga dan mencari olshop yang menjual, amun belum menemukan yang sreg untuk membeli buku ini.  Beberapa kali mencoba nitip sama teman-teman yang kebetulan lagi di Pekanbaru. Maklum, tinggal di pelosok daerah yang sulit menemukan toko buk yang lengkap. Ada sih beberapa kedai buku, namun buku yang dicari tidak ditemukan. Buku-buku terbitan terbaru memang butuh waktu untuk sampai ke sini. Kalau pun ada terkadang itu adalah buku-buku bajakan. Duh, sedapat mungkin saya berusaha menghindari membeli buku bajakan.

Beginilah Cara Allah Menghibur Kita

Suatu ketika kamu merasa beraaat banget mau datang ke acara taklim, tapi entah kenapa ada saja sesuatu yang akhirnya memaksamu untuk pergi. Ajaibnya di acara yang awalnya tak ingin kamu hadiri itu justru memberikan materi yang sangat menyentuh hati dan memberikan jawaban atas semua masalah-masalahmu. 

Cara Menyisipkan Halaman Landscape Diantara Halaman Portrait pada Dokumen Word

Coba perhatikan layout halaman pada dokumen word! Pada umumnya layuot halaman word itu seragam dari awal sampai akhir kan? Jika di awal kita setting landscape maka layout halaman sampai akhir akan tetap landscape. Dan sebaliknya, jika kita setting portrait maka sampai akhir halaman word itu akan tetap dalam layout portrait.  Lalu, bagaimana jika kita ingin membuat dokumen dengan layout yang berbeda dalam satu file word? Misalnya nih, di halaman awal kita menulis dokumen dengan layout portrait. Namun ketika sampai di halaman berikutnya kita harus membuat dokumen dengan layout landscape, karena berisi tabel yang memanjang ke samping misalnya. Apakah bisa disusun dalam satu file yang sama? Ataukah kita harus membuat file khusus untuk halaman yang berlayout lanscape ini? Tentu saja bisa! Sahabat pembaca, setting default dokumen word memang seragam dari awal sampai akhir. Namun, jika kita ingin membuat dokumen dengan layout portrait dan landscape secara bergantian juga bisa. Baga