Skip to main content

Tips Awet Muda Secara Alami*

Tampil cantik dan awet muda ternyata tidak sulit, juga tidak membutuhkan biaya yang mahal. Apalagi sampai menggunakan cara yang membahayakan kesehatan tubuh. Kita hanya perlu melaksanakan beberapa tips sederhana berikut ini, yaitu:

Pertama: Mengatur pola makan.
Mengatur pola makan ini meliputi kuantitas dan kualitasnya. Dari sisi kuantitas, makanan yang dikonsumsi jumlahnya harus cukup atau sedikit kurang dari kebutuhan tubuh. Menurut beberapa teori kesehatan, konsumsi makanan yang berlebih dapat mempercepat proses penuaan tubuh.
Sementara itu, dari sisi kualitas kita perlu memperhatikan makanan yang masuk dalam tubuh kita. Karena, apa yang kita konsumsi juga akan berpengaruh terhadap kesehatan dan kesegaran tubuh kita. Beberapa jenis makanan yang perlu dikonsumsi lebih banyak diantaranya yaitu:
·         Jenis makanan yang kaya kalsium seperti susu dan ikan.
·         Memperbanyak konsumsi sayur dan buah, terutama yang kaya akan vitamin A, C dan E.
·         Kurangi konsumsi gula
·         Mengurangi konsumsi karbohidrat yang mudah dicerna, seperti nasi putih. Disarankan untuk memilih nasi dari beras merah.
·         Pilih ikan sebagai salah sumber protein hewani
·         Cukupi kebutuhan protein nabati dengan mengkonsumsi kacang-kacangan dan kedelai.
·         Kurangi konsumsi makanan instan dan cepat saji.

Kedua : Berolahraga secara teratur minimal tiga kali seminggu
Tujuan utama dari lahraga teratur adalah untuk menjaga agar metabolisme tubuh tetap tinggi dan menjaga berat badan tetap seimbang. Karena semakin meningkat usia massa otot semakin berkurang sementara lemak tubuh semakin bertambah.

Ketiga: Memperbanyak minum air putih
Konsumsi air penting untuk menjaga tubuh dari hidrasi dan kelembaban kulit tetap terjaga. Menurut beberapa hasil penelitian 70 hingga 80% tubuh manusia terdiri dari air. Sehingga, salah satu tips mencapai awet muda secara alami adalah dengan memperbanyak konsumsi air.
Ketiga: Senantiasa berpikiran positif
Tidak hanya makanan, kondisi psikologi dan kejiwaan yang buruk juga ikut berperan mempercepat proses penuaan. Oleh karena itu, kita perlu menjaga kondisi psikologi dan kejiwaan kita tetap positif. Senantiasa berpikiran positif adalah salah satu cara untuk bisa tetap tampil awet muda.
=======
*Pernah dimuat juga di www.jadicerdas.com

Comments

Popular posts from this blog

Ketika Harus Bertahan dalam Kepungan Kabut Asap

Julyanidar, Semakin Aktif Ngeblog Setelah Bergabung Sebagai Mombassador SGM Explore

Riuhnya bencana kabut asap mulai mereda dan hujan mulai rajin menyapa bumi. Perubahan iklim yang ekstrim ini ternyata berdampak juga pada kesehatan. Demam dan gejala batuk mulai menyerang membuat ngak mood mau ngapa-ngapain.
Baca Juga: Ketika Bertahan dalam Kepungan Kabut AsapBanyak pekerjaan yang akhirnya terabaikan. Salah satunya yang ikut terdampak adalah postingan arisan link yang dimenangkan oleh Juliyanidar, seorang ibu muda dari Tanjung Morawa Kota Medan ini. Hingga berlalu dua minggu tulisan belum selesai. Nah, pagi ini bertekad menyelesaikan tulisan untuk postingan ini hingga tuntas.
Lebih Dekat dengan Julyanidar Julyanidar merupakan seorang blogger perempuan muda dari Tanjung Morawa, owner dari blog www.julyanidar.com. Perempuan kelahiran 21 Juli 1991 ini menyelesaikan pendidikan dasar hingga menengah atas di Lubuk Pakan. Menjalani aktivitas sehari-hari sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT) dan onlineshoper.

Sebagai blogger, perempuan yang hobi travelling ini sudah memulainya seja…

Berproses Menjadi Blogger Pro di Kelas Blogger Pemula Kartini Indonesia Bersama Bunda Mildaini