Skip to main content

Tips Awet Muda Secara Alami*

Tampil cantik dan awet muda ternyata tidak sulit, juga tidak membutuhkan biaya yang mahal. Apalagi sampai menggunakan cara yang membahayakan kesehatan tubuh. Kita hanya perlu melaksanakan beberapa tips sederhana berikut ini, yaitu:

Pertama: Mengatur pola makan.
Mengatur pola makan ini meliputi kuantitas dan kualitasnya. Dari sisi kuantitas, makanan yang dikonsumsi jumlahnya harus cukup atau sedikit kurang dari kebutuhan tubuh. Menurut beberapa teori kesehatan, konsumsi makanan yang berlebih dapat mempercepat proses penuaan tubuh.
Sementara itu, dari sisi kualitas kita perlu memperhatikan makanan yang masuk dalam tubuh kita. Karena, apa yang kita konsumsi juga akan berpengaruh terhadap kesehatan dan kesegaran tubuh kita. Beberapa jenis makanan yang perlu dikonsumsi lebih banyak diantaranya yaitu:
·         Jenis makanan yang kaya kalsium seperti susu dan ikan.
·         Memperbanyak konsumsi sayur dan buah, terutama yang kaya akan vitamin A, C dan E.
·         Kurangi konsumsi gula
·         Mengurangi konsumsi karbohidrat yang mudah dicerna, seperti nasi putih. Disarankan untuk memilih nasi dari beras merah.
·         Pilih ikan sebagai salah sumber protein hewani
·         Cukupi kebutuhan protein nabati dengan mengkonsumsi kacang-kacangan dan kedelai.
·         Kurangi konsumsi makanan instan dan cepat saji.

Kedua : Berolahraga secara teratur minimal tiga kali seminggu
Tujuan utama dari lahraga teratur adalah untuk menjaga agar metabolisme tubuh tetap tinggi dan menjaga berat badan tetap seimbang. Karena semakin meningkat usia massa otot semakin berkurang sementara lemak tubuh semakin bertambah.

Ketiga: Memperbanyak minum air putih
Konsumsi air penting untuk menjaga tubuh dari hidrasi dan kelembaban kulit tetap terjaga. Menurut beberapa hasil penelitian 70 hingga 80% tubuh manusia terdiri dari air. Sehingga, salah satu tips mencapai awet muda secara alami adalah dengan memperbanyak konsumsi air.
Ketiga: Senantiasa berpikiran positif
Tidak hanya makanan, kondisi psikologi dan kejiwaan yang buruk juga ikut berperan mempercepat proses penuaan. Oleh karena itu, kita perlu menjaga kondisi psikologi dan kejiwaan kita tetap positif. Senantiasa berpikiran positif adalah salah satu cara untuk bisa tetap tampil awet muda.
=======
*Pernah dimuat juga di www.jadicerdas.com

Comments

Popular posts from this blog

Puasa Syawal Atau Puasa Qadha Dulu?

Ini menjadi pertanyaan para muslimah di bulan syawal. Sekalipun sudah belasan bahkan puluhan kali melewati bulan Syawal, hal ini tetap saja menjadi pertanyaan di kalangan muslimah. Mana satu yang harus di dahulukan? Apakah puasa sunnah enam hari di bulan syawal ataukah membayar hutang puasa Ramadhan (Qadha)? Apakah sahabat blogger juga mempertanyakan hal yang sama?

Senyum di Wajah Mereka adalah Berkah Terindah yang Selalu Ingin Kumiliki

Apa yang kita cari dalam hidup kalau bukan kebahagiaan. Harta, pangkat, jabatan, pasangan, anak, dan semua yang kita perjuangkan hanyalah media untuk meraih kebahagiaan tersebut. Namun, kebahagiaan justru tidak lahir dari apa yang kita dapatkan. Akan tetapi, kebahagiaan  justru hadir dari apa yang kita bagikan. Ketika kita bisa melukis senyum di wajah orang lain, justru di sanalah senyum juga akan terukir di wajah kita. Ketika kita bisa memberi kebahagiaan pada orang lain, justru di sanalah kita akan merasakan bahagia. Dari sini aku menyadari bahwa berkah terindah dalam hidupku bukanlah ketika aku berhasil mendapatkan sesuatu. Akan tetapi berkah terindah yang selalu ingin aku miliki adalah senyum terindah di wajah mereka. Senyum terindah yang terukir karena setitik kebaikan yang bisa aku berikan untuk mereka.
Senyum Di Wajah Kedua Orang Tuaku
Berkah terbesar dalam hidupku adalah ketika bisa melukis senyum di wajah kedua orang tuaku. Setiap jengkal perjuanganku tidak lain adalah untuk m…

Inilah 3 Alasan Mengapa Kita Harus Menyegerakan Kebaikan

Seringkali kita menunda-nunda amal baik dengan berbagai pertimbangan. Padahal peluang amal itu sudah terbentang di depan mata. Peluang pahala sudah menanti-nanti tangan kita untuk meraihnya. Namun, lagi-lagi karena berbagai alasan remeh peluang besar itu kita abaikan. Manusia memang mahluk yang lemah, sangat lemah. Hatinya mudah sekali dibolak-balikkan oleh sifat ragu-ragu. Langkahnya dengan gampang sekali dicekal oleh rasa malas, rasa takut dan tidak percaya diri. Sehingga, peluang besar, dan keuntungan menggunung raib begitu saja dengan sekejab. "niat baik itu jangan ditunda-tunda" petuah orang tua tua yang sering kita dengarkan.