Skip to main content

"Wonderful Asia"

Yeayy....memasuki hari ke-3 #10daysforASEAN. Sebuah stimulus yang bagus untuk tetap menulis. Sekalipun tiga hari ini selalu keteteran dan mepet deadline hehe....... :)
Daan, saya sangat suka dengan tema kedua ini yaitu tentang 'branding nation'. Yaitu bagaimana mempromosikan negara ke dunia internasional. Bagaimana menciptakan sebuah tagline khusus untuk memperkenalkan keunikan Indonesia di dunia luar.

Indonesia adalah negara yang besar, kaya dengan berbagai keindahan dan keunikan wisata. Keindahan alam, keunikan objek wisata dan kekayaan budaya Indonesia sebenarnya sudah cukup dikenal di dunia Internasional. Sebut saja keindahan dan popularitas Pulau Bali yang sudah mendunia. Keindahan pantai, alam dan budayanya sudah terkenal ke mancanegara. Danau Toba sebagai salah satu danau terbesar di Asia. Borobudur yang masuk sebagai salah satu keajaiban dunia. Keindahan terumbu karang, peninggalan sejarah hingga kegagahan gunung semua ada di Indonesia.
Ketika berbicara tentang budaya, Indonesia pun bisa dengan bangga menunjukkan kebesaran budayanya. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki beragam kekayaan budaya. Ada budaya melayu, batak, minang, jawa, bugis, bali, papua, dan lain sebagainya tidak bisa disebutkan satu persatu. Setiap budaya suku tersebut memiliki keunikan ciri khasnya sendiri-sendiri. Semua berkumpun menjadi satu sebagai kekayaan budaya Indonesia.
Berbicara tentang makanan, hmmm..... siapa sih yang berani mengingkari bahwa Indonesia itu gudangnya kuliner. Mulai dari rendang padang yang sudah mendunia hingga nasi kucing yang menjadi sahabat mahasiswa semua hanya ada di Indonesia. Lepat bugis hingga combro hanya bisa ditemukan di Indonesia. Dengan semua ini, masih pantaskah memandang bangsa ini kecil.

Bangsa ini besar sangaaaaat besar. Bangsa ini kaya, sekali lagi saya bilang sangaaaat kaya. Bangsa ini indah, sangaaat indah. Hanya saja, kita kalah dengan Malaysia dalam kegigihan untuk mem-branding diri ke dunia luar.
Okey... kelemahan itu kita akui. Tapi, bukan berarti kita harus berlarut-larut untuk marah, benci dan memaki ke sana-sini. Yang perlu dilakukan adalah segera berbenah diri. Mengakui kelemahan kemudian segera bangkit memperkuat diri. Tunjukkan pada dunia bahwa inilah Indonesia dengan semua keunggulannya. 
Dengan semua kekayaan, keindahan dan keunikan yang dimiliki oleh bangsa ini, tidak salah kiranya jika kita menggunakan "Wonderful Asia" sebagai tagline untuk mem-branding bangsa ini ke luar. 
Ya, Indonesia adalah wonderful Asia. Harapannya, ketika orang berbicara tentang keindahan Asia mereka langsung merujuk pada keindahan alam Indonesia. Ketika orang berbicara tentang tarian tradisional Asia, mereka langsung merujuk pada tarian tradisional Indonesia. Ketika orang berbicara tentang kemegahan candi Asia maka mereka juga akan merujuk pada Candi Borobudur yang ada di Indonesia. Yes! Indonesia Wonderful Asia!

Comments

Popular posts from this blog

Puasa Syawal Atau Puasa Qadha Dulu?

Ini menjadi pertanyaan para muslimah di bulan syawal. Sekalipun sudah belasan bahkan puluhan kali melewati bulan Syawal, hal ini tetap saja menjadi pertanyaan di kalangan muslimah. Mana satu yang harus di dahulukan? Apakah puasa sunnah enam hari di bulan syawal ataukah membayar hutang puasa Ramadhan (Qadha)? Apakah sahabat blogger juga mempertanyakan hal yang sama?

Senyum di Wajah Mereka adalah Berkah Terindah yang Selalu Ingin Kumiliki

Apa yang kita cari dalam hidup kalau bukan kebahagiaan. Harta, pangkat, jabatan, pasangan, anak, dan semua yang kita perjuangkan hanyalah media untuk meraih kebahagiaan tersebut. Namun, kebahagiaan justru tidak lahir dari apa yang kita dapatkan. Akan tetapi, kebahagiaan  justru hadir dari apa yang kita bagikan. Ketika kita bisa melukis senyum di wajah orang lain, justru di sanalah senyum juga akan terukir di wajah kita. Ketika kita bisa memberi kebahagiaan pada orang lain, justru di sanalah kita akan merasakan bahagia. Dari sini aku menyadari bahwa berkah terindah dalam hidupku bukanlah ketika aku berhasil mendapatkan sesuatu. Akan tetapi berkah terindah yang selalu ingin aku miliki adalah senyum terindah di wajah mereka. Senyum terindah yang terukir karena setitik kebaikan yang bisa aku berikan untuk mereka.
Senyum Di Wajah Kedua Orang Tuaku
Berkah terbesar dalam hidupku adalah ketika bisa melukis senyum di wajah kedua orang tuaku. Setiap jengkal perjuanganku tidak lain adalah untuk m…

Inilah 3 Alasan Mengapa Kita Harus Menyegerakan Kebaikan

Seringkali kita menunda-nunda amal baik dengan berbagai pertimbangan. Padahal peluang amal itu sudah terbentang di depan mata. Peluang pahala sudah menanti-nanti tangan kita untuk meraihnya. Namun, lagi-lagi karena berbagai alasan remeh peluang besar itu kita abaikan. Manusia memang mahluk yang lemah, sangat lemah. Hatinya mudah sekali dibolak-balikkan oleh sifat ragu-ragu. Langkahnya dengan gampang sekali dicekal oleh rasa malas, rasa takut dan tidak percaya diri. Sehingga, peluang besar, dan keuntungan menggunung raib begitu saja dengan sekejab. "niat baik itu jangan ditunda-tunda" petuah orang tua tua yang sering kita dengarkan.